Peraturan Dasar Dalam Belajar Grammar Bahasa Inggris

Banyak yang menganggap jika belajar grammar adalah hal tersulit. Padahal, grammar memiliki peranan yang sangat penting jika kita berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Melalui susunan kalimat yang baik, setiap orang bisa memahami apa yang diucapkan dan ditulis. Walaupun sulit, tentu saja Kalian tetap bisa menguasai grammar sedikit demi sedikit. Karena itu, Kalian harus tahu apa saja peraturan dasar mempelajari grammar dalam bahasa Inggris

Peraturan Dasar Belajar Grammar Dalam Bahasa Inggris

1.Pola Kalimat Subject+Verb+Object

S + Verb + O bisa disebut sebagai kalimat aktif. Pada pelajaran bahasa Indonesia, kalian mengenal ciri dari kalimat aktif lewat kata kerja yang berawalan me-. Selain itu, kebanyakan bahasa yang ada di dunia dapat dipelajari dengan memakai kalimat-kalimat aktif terlebih dulu. Sama seperti bahasa Inggris, rumus Subject + verb + object merupakan peraturan paling mendasar dalam belajar grammar. Kalimat independen atau kalimat sempurna minimal terdiri atas subjek yang diikuti dengan kata kerja (verb). Adapun contoh dari kalimat aktif dalam bahasa Inggris, seperti “Naura play a game” (Naura bermain game).

2. Menghubungkan Kedua Kalimat Dengan Kata Penghubung

Tak selamanya kita membuat sebuah kalimat menggunakan 1 ide pokok. Terkadang, ada pula kalimat kompleks yang  didalamnya terdapat 2 ide pokok atau lebih. Sehingga kita pun harus menuangkannya lewat dua kalimat yang dijadikan satu. Untuk menyatukan 2 ide tersebut ialah dengan menggunakan conjunction. Jenis-jenis conjunction di dalam grammar sendiri ada banyak, contohnya but, nor, and, for, or, yet, dan so. Misalnya, “i went to Rina’s House, but she was’t at home.”

3. Gunakan Koma sebagai Penghubung Dua Kalimat

Tak hanya menggunakan conjuction atau kata hubung saja, Kalian juga harus memakai koma yang diletakkan sebelum kata hubung. Misalnya :  “i’m looking for my cat, but i haven’t found it until now”.

4. Titik Koma

Titik koma biasanya digunakan untuk menggantikan conjunction. Kadangkala, Kalian ingin menghubungkan 2 kalimat yang sulit untuk dihubungkan menggunakan conjunction. Karena itulah, kita bisa memakai semicolon/titik koma untuk memisahkan antara 2 kalimat tapi keduanya mempunyai hubungan antarasa satu dengan yang lainnya. “My Father always reading newspaper every day; that’s the bas way to find out the updated news”.

(Baca juga: Mengapa Belajar Grammar itu Penting?)

5. Simple Present Untuk Aktivitas yang Terjadi Berulang-Ulang

Dalam belajar grammar, penting sekali untuk mempelajari simple present, melalui formula Subject + Verb 1 + Object, dipakai untuk kebiasaan atau kegiatan yang selalu dilakukan berulang. Di samping kebiasaan, biasanya present tense digunakan sebagai fakta umum. Misalnya : “Naura usually goes to school early morning” artinya “Naura biasanya pergi ke sekolah pagi-pagi sekali”.

6. Present Progressive Digunakan Untuk Aktivitas yang Sedang Berlangsung

Present continuous atau present progressive, dengan formula S +to be+ Verb ing + O. Dipakai untuk aktivitas yang tengah berlangsung sekarang. Tense ini biasanya sangat mudah diingat sebab mempunyai ciri khas Verb-ing (Seperti : writing, cooking, buying, cleaning) dengan to be (am, is, are). Misalnya : “Iam Studying Biology with Fenny right now” Artinya “saya sedang belajar biologi bersama Fenny sekarang”.

7. Past Tense Untuk Waktu Lampau

Penggunaan past tense biasanya untuk aktivitas yang terjadi pada masa lampau, biasanya waktu spesifiknya ialah two hours ago, yesterday, dan last night. Ciri khas past tense ialah adanya verb memakai bentuk lampau, lewat tambahan –ed pada regular verb. Tapi, hati-hati sebab tak semua kata kerja hanya ditambah oleh –ed. Seperti, stop tidak bisa menjadi stoped saja tetapi stopped. Contoh kalimat past tense ini ialah “i had a birthday party with my family last week” (Aku merayakan ulang tahun bersama keluargaku minggu lalu). Atau “i finished my homework last night.” (Saya sudah selesaikan PR malam tadi)

8. Present Perfect Tense

Formula present perfect tense ialah S + Has/Have+V3+O, dan biasanya dipakai untuk kegiatan yang kejadiannya belum selesai pada suatu waktu. Selain itu, tenses ini juga dapat menjelaskan aktivitas yang dilakukan pada masa lampau tapi waktunya tidak dijelaskan secara spesifik. Misalnya: I have wrote my book story hari ini (aku sudah selesai menulis kisah cerita hari ini).

Nah itulah beberapa peraturan dasar belajar grammar bahasa Inggris dengan baik. Langsung saja praktikan ya LC’ers biar bisa jago grammar. Atau jika kamu masih terus mengalami kesulitan langsung saja bergabung dengan Kampung Inggris LC, karena di Kampung Inggris LC belajar GRAMMAR jadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!!!