object complement

Memahami bahasa baru terutama yang bukan di dalam bahasa Ibu memang terbilang sulit, seperti misalnya object complement. Mendengar istilahnya pasti Kamu sudah tahu bahwasanya ini merupakan salah satu bentuk grammar dalam Bahasa Inggris. Mempelajari Bahasa Inggris memang menjadi kewajiban setiap orang yang ingin go Internasional.

Pasalnya, jika Kamu tidak bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik, pastinya akan sulit untuk Kamu beradaptasi. Bahkan, di beberapa negara termasuk di Indonesia sudah memasukkan bahasa Inggris ke dalam kurikulum pelajaran. Untuk itu, Kamu yang sedang dalam proses belajar ada baiknya memahami penjelasan ini dengan baik.

Sebagai pemahaman dasar untuk Kamu yang baru pemula, complement merupakan salah satu teori yang terbilang penting untuk dipahami. Untuk yang ingin membuat sebuah kalimat dengan utuh dan memiliki makna maka harus memahami materi ini. Meski dalam percakapan sehari-hari Kamu nanti merasa materi ini tidak terlalu penting, tapi dalam penulisan, maka akan berbeda.

Dengan memiliki kesempatan untuk memahami materi ini akan lebih baik jika mempelajari secara seksama. Meski tidak membutuhkan waktu sebentar dalam memahaminya, namun tidak ada salahnya Kamu mempraktikkan materi ini ke dalam percakapan sehari-hari. Akan lebih baik lagi jika Kamu mencoba membuat kalimat sederhana dari penjelasan object complement.

Pengertian dan Penjelasan Object Complement

Setelah kebanyakan bahasan di atas membahas seberapa penting kedudukan complement untuk dipelajari dan dipahami, berikutnya akan dibahas mengenai pengertian dari materi itu sendiri. Sebagai pemahaman dasar, bentuk ini memiliki makna sebagai sebuah kata atau bahkan lebih dengan fungsinya sebagai pelengkap.

Pelengkap yang dimaksud ialah sebagai pemberi keterangan terhadap object saja. Karena complement memiliki banyak pembagian, maka pada bagian ini akan dibahas untuk bagian object-nya saja. Ada beberapa klasifikasi yang termasuk ke dalam object ini yaitu adjective yang merupakan kata sifat, atau noun yang merupakan kata benda.

Kedua bentuk dari adjective dan noun ini akan muncul setelah direct object dalam sebuah kalimat dengan maksud memberikan keterangan. Sedangkan hal penting yang tidak pernah lepas dari sebuah bentuk complement ini ialah kata kerja yang mungkin juga muncul. Verb yang disebutkan itu hanya untuk beberapa saja seperti ‘call’, ‘choose’, ‘name’, dan ‘make’.

Jika sudah memahami dengan baik pengertian dari object complement ini, maka akan mudah untuk Kamu dalam membandingkan dengan jenis complement lainnya. Ini sangat penting untuk Kamu yang masih pemula dalam proses belajar Bahasa Inggris. Namun, lama-kelamaan saat sudah sangat paham dengan materi ini hingga bisa menulis Kamu akan merasa ini sangat mudah sekali.

Rekomendasi :  Penggunaan Wether, Whether, dan Weather dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Direct Object 

Sesuai dengan istilahnya, yaitu memiliki kata direct yang berarti langsung maka direct object ini memiliki arti objek langsung yang dikenai tindakan. Yaitu merupakan tindakan yang dilakukan oleh subject di dalam kalimat yang menjelaskan dirinya secara langsung. Penggunaan direct object ini akan mampu menjawab pertanyaan what yang berarti apa.

Tidak hanya itu, untuk pertanyaan seperti siapa yang berupa object yaitu whom juga bisa dijelaskan pada direct object dalam object complement. Untuk lebih memudahkan pemahaman, akan lebih baik jika dalam proses belajar selalu memberikan contoh hingga Kamu bisa memahami dengan tepat. Jika memang masih merasa bingung, tidak masalah coba saja untuk mengulang-ulang bahasan ini hingga terbiasa.

Contoh pertama ialah “my mother cooked vegetables for her own lunch”, “I asked Mira to come to the party with my friends”, dan “she doesnt have a good phone”. Pada contoh pertama yang bermakna ‘ibu saya memasak untuk makan siangnya’, yang menjadi object adalah ‘vegetables’. Hal ini diketahui karena mampu menjawab pertanyaan “apa yang ibu masak”.

Untuk contoh kedua, yang memiliki makna ‘saya meminta Mira untuk datang ke pesta dengan teman-teman lainnya’. Mira menjadi object langsung karena menjawab pertanyaan ‘siapa yang saya undang untuk bergabung ke pesta’. Untuk kalimat selanjutnya memiliki makna ‘dia tidak punya sebuah handphone yang bagus’. ‘Handphone’ menjadi object pada kalimat.

Penjelasan Indirect Object 

Selain direct object, bahasan grammar lainnya untuk complement juga ada indirect object yaitu object yang menjelaskan kalimat secara tidak langsung. Istilah lain yang dipahami untuk ini ialah object yang diwakili oleh orang lain atau benda dan menjadi sasaran dari tindakan verb pada kalimat.

Indirect object biasanya menjelaskan pertanyaan ‘kepada siapa’ atau ‘for whom’ dan ‘untuk siapa’ atau ‘to whom’. Demi memudahkan pemahaman Kamu lagi, ternyata ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memahami materi ini. Pertama, pada keadaan apabila indirect object itu mengikuti direct object secara langsung.

Jika begitu, indirect object akan langsung diawali dengan salah satu preposisi seperti for, of, dan to. Kedua, apabila indirect object ada di antara objek langsung dan kata kerja, maka indirect object tidak perlu diikuti preposisi dalam kalimat. Berikut ini akan diberikan contoh untuk memudahkan pemahaman pelajar.

Rekomendasi :  Penggunaan Between Dan Among Yang Perlu Kamu Ketahui

Contoh object complement. untuk indirect object ialah “My mother give enough money to me”, dan “to explaining about my graduation, I must lie to my sister”. Penjelasannya, ‘money’ merupakan objek langsung sedangkan ‘me’ merupakan objek tidak langsung alias indirect object. Karena itu, maka harus adanya preposition “to” sebagai pelengkap.

Apakah Bahasan Object Complement Sering Diperlukan Pada Penulisan?

Bahasan yang tidak kalah penting selanjutnya yaitu apakah memang bentuk complement yang satu ini sering keluar di bentuk penulisan essay? Jawabannya yaitu pastinya akan keluar di bentuk penulisan dengan beberapa ketentuan. Ada beberapa bentuk tulisan yang memang tidak terdapat indirect object di mana ini biasanya lebih sering digunakan pada percakapan informal.

Namun, untuk Kamu yang sedang belajar teori dasar akan lebih baik jika mempelajari kedua teori complement ini. Hal ini dengan alasan karena akan melatih Kamu dalam memahami konteks kalimat dan juga makna dari kalimat yang dibuat. Sebagai langkah awal, Kamu bisa membaca beberapa contoh dan mengartikan menurut bahasa sendiri.

Jika sudah terbiasa, nanti coba Kamu buatkan kalimat versi sendiri dari pengetahuan yang sudah didalami tentang complement ini. Pastikan juga bahwa Kamu sudah mempelajari beberapa materi complement lainnya agar tidak kebingungan dan bisa membandingkan. Ini juga penting untuk Kamu pahami karena bisa sebagai ilmu untuk diajarkan kepada pihak lain.

Memang tidak dalam waktu cepat dan instan untuk Kamu bisa memahami semua bahasan complement secara menyeluruh, namun tidak ada salahnya selalu dipraktikkan. Ini juga akan menjadi langkah untuk Kamu dalam mengenal lebih baik dan juga membedakan mana verb, preposition, adjective, atau bentuk noun yang ada pada object complement. Jadi, selamat belajar ya ….

Baca juga Pengertian Subject Complement dan Verb Complement

vote
Article Rating