materi utama penting nya belajar bahasa inggris

Apa pentingnya belajar bahasa Inggris? Seperti yang kalian tahu, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Dari sini, kalian bisa menilai sepenting apa mempelajari bahasa Inggris, yakni memudahkan komunikasi saat bertandang ke negara-negara lain.

Belajar bahasa Inggris pun tak melulu harus di tempat kursus. Dengan kemajuan teknologi, kalian dapat melakukannya secara autodidak melalui aplikasi atau video tutorial. Jika kamu pemula, perhatikan lima poin-poin dasar dalam bahasa Inggris berikut untuk memudahkan pemahamannya, ya!

Materi Utama Dalam Belajar Bahasa Inggris

1. Grammar

Faktanya, bukan hanya penutur asing, beberapa penutur asli bahasa Inggris ternyata merasa kesulitan memahami grammar bahasa ibunya. Hal tersebut dikarenakan banyaknya aturan yang harus digunakan. Dalam speaking, grammar sebenarnya tidak terlalu diprioritaskan, karena pembicara maupun pembicara akan berusaha mengklarifikasi kesalahpahaman. Namun dalam teks atau tulisan, tata bahasa menjadi hal mutlak yang wajib dikuasai. Tanpa memahami grammar bahasa Inggris yang tepat, maka pembaca bakal kesulitan buat memahami maksud dan pesan yang ingin kamu sampaikan.

2. Part of Speech

Part of Speech merupakan bagian-bagian mendasar yang menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Ada delapan jenis Part of Speech yang wajib kalian ketahui: noun (kata benda); ; verb (kata kerja); adjective (kata sifat); pronoun (kata ganti); adverb (kata keterangan); conjuction (kata sambung); preposition (kata depan);  serta interjection (kata seru). Sekilas, beberapa bagian dari Part of Speech tidak berbeda jauh dari bahasa Indonesia. Akan tetapi, bahasa Inggris punya struktur kalimat berbeda, sehingga penerapan Part of Speech pun tidak bisa kalian sama dengan bahasa Indonesia.

3. Struktur kalimat

Berkaitan dengan poin sebelumnya, struktur kalimat menjadi bagian pentingnya belajar bahasa Inggris. Laiknya bangunan, kalimat dalam bahasa Inggris dibuat berdasarkan struktur tertentu yang mendukung dan mengutuhkan kalimat. Seperti halnya Part of Speech, struktur kalimat dalam bahasa Inggris terbagi juga dalam lima ragam struktur. Salah satu struktur yang familier dengan bahasa Indonesia ialah subject + verb + object (SVO) yang dalam bahasa Indonesia adalah subjek + predikat + objek. Sementara jenis struktur lainnya berbeda dan harus kalian pahami dengan baik.

4. Kata kerja bantu “to be”

Dalam bahasa Inggris, predikat dalam kalimat tidak selamanya menggunakan kata kerja (verb). Dalam beberapa kasus, dibutuhkan kata kerja bantu to be untuk menyambungkan subjek dengan objek. Selain itu, to be juga fleksibel karena dapat berubah sesuai subjek maupun jenis tense yang kalian gunakan dalam kalimat tersebut. Misalnya, I am a doctor (saya adalah dokter), yang mana dalam kalimat ini to be yang digunakan adalah am; berfungsi sebagai penghubung antara I (saya) sebagai subjek dengan a doctor (dokter) selaku objek.

5. Tenses

Sama nasibnya seperti grammar, tenses menjadi elemen bahasa Inggris yang paling dihindari pemula. Pada dasarnya, tenses dalam bahasa Inggris terdiri dari tiga jenis: present (masa sekarang), past (masa lalu), dan future (masa depan). Setiap tenses lantas dibagi lagi menjadi beberapa rumus yang sering kali memusingkan orang-orang yang mempelajari nya. Kalian pasti pernah menemukan masalah ini, bukan? Menguasai tenses beserta jenis-jenisnya memang membutuhkan waktu lama, tetapi dengan praktik yang teratur, kamu bakal lebih mudah mengaplikasikan nya.

Itulah 5 poin penting dalam pentingnya belajar bahasa Inggris yang harus diketahui. Semoga informasi ini membantu kalian buat memahami bahasa Inggris, ya!

Artikel lain yang bisa juga kamu baca: Cara Belajar Speaking Dengan Mudah.