apa itu silent ketters?

Hai LC’ers …

Hmm, selama kamu belajar bahasa inggris sudah pernah dengan istilah Silent Letters belum sih? Silent Letters ini bisa kamu temukan ketika belajar tentang pronunciation bahasa inggris. Untuk kamu yang belum pernah belajar pronunciation bahasa inggris secara khusus mungkin istilah Silent Letter masih sangat asing. Tapi jangan sedih, karena kita akan memberikan penjelasan lengkapnya untuk kamu semua.

Apa itu Silent Letters?

Pernah membaca kata dalam bahasa inggris yang dilafalkan dengan tidak membaca salah satu susunan huruf yang ada? Seperti kata HANDSOME misalnya, kamu tidak melafalkan huruf “D” nya kan? Nah, inilah yang dinamakan dengan Silent Letters.

Jadi jika diartikan Silent Letters ini adalah huruf-huruf tertentu yang berada dalam sebuah kata bahasa inggris yang tidak dilafalkan. Silent Letters ini menjadi penting untuk kamu pelajari karena bisa membuat pelafalan bahasa inggris yang kamu ucapkan menjadi seperti seorang native speaker.

Lalu kata mana saja sih yang mengandung unsur Silent Letters dan masuk kedalam kategori Silent Words? Untuk kata bahasa inggris yang masuk ke dalam kategori Silent Words ini banyak banget sih LC’ers. Bahkan menurut beberapa sumber jumlah nya mencapai sekitar 60% dari keseluruhan kata bahasa inggris yang ada.

Dari sekian banyak itu kita setidak nya harus paham banget sama kata-kata yang mengandung si Silent Letters yang sering digunakan dalam keseharian ya. Dan berikut beberapa contoh kata yang bisa kita pelajari bersama ..

a. Silent A 

Contoh: logically, musically, romantically, artistically

Nah huruf “A” yang dicetak tebal dalam kata bahasa inggris diatas tidak perlu dilafalkan untuk menghasilkan pelafalan bahasa inggris yang tepat. Jadi cara membaca kata ROMANTICALLY misalnya kamu hanya perlu membaca nya dengan seperti ini “ROMANTICLLY”

b. Silent B

Contoh: doubt, debt, subtle, dumb, bomb, numb, thumb

Kamu tidak perlu membaca atau melafalkan huruf “B” yang bercetak tebal pada kata bahasa inggris di atas ya …

c. Silent C

Contoh: muscle, scissors, victual, fascinal

Hilangkan hurus “C” yang dicetak tebal ketika membaca kata bahasa inggris di atas ya LC’ers

d. Silent D

Contoh: handsome, wednesday

Kata “Wednesday” ini sering kali salah pengucapan loh. Seringnya kata ini dibaca dengan Wednes-day padahal yang benar adalah Wens-day

Untuk pengucapan lebih jelasnya kamu bisa langsung menyimak video TEATU Sillent Letter Miss Ainun dibawah ini ya LC’ers:

Masih banyak lagi kata bahasa inggris lainnya yang juga mengandung si Silent Letters ini LC’ers, contohnya; bridge, light, choir, knife, raspberry, island. Kamu bisa coba buka kamus untuk mencari kata dengan silent letters LC’ers karena pada setiap kamus disertai juga cara membacanya. Jangan hanya dilihat artinya saja ya tapi juga dipelajari bagaimana cara membacanya.

Atau jika kamu menginginkan teman plus pendamping untuk belajar tentang pronunciation khususnya materi Silent Letters ini bisa loh bergabung bersama Kampung Inggris LC. Proses belajar akan jauh lebih mudah dan menyenangkan bersama Kampung Inggris LC. Mau informasi lebih lanjut? Langsung saja chat nomor CS kami yuk di nomor 0852 3111 1117 atau 0858 8888 1117. Semoga bermanfaat, terus semangat belajar ya LC’ers !!!!

Rekomendasi materi lainnya: 5 Cara Agar English Pronunciation Makin Oke.