perbedaan leader dan boss

Belajar bahasa Inggris selalu terlihat menarik dan menantang. Ada beberapa kata dan vocabulary yang memiliki arti hampir sama dan ejaan yang sama. Tetapi juga ada beberapa kata yang ejaan berbeda tetapi artinya hampir sama seperti leader dan boss. Kedua kata tersebut seringkali digunakan sebagai sinonim karena artinya sama yaitu pemimpin. Perbedaan leader dan boss bisa dilihat saat digunakan dalam suatu kalimat.

Penggunaan Leader dan Boss

a. Penerapan Leader

Leader adalah kata benda atau noun yang memiliki arti pemimpin. Karena artinya sebagai pemimpin, sebagai seorang pemimpin Anda harus bisa memimpin suatu tim ataupun perusahaan dengan baik. Leader adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk memberikan motivasi kepada anggota dan bawahannya. Seorang pemimpin sejati biasanya memiliki sifat terbuka mengenai perubahan yang terjadi dalam suatu organisasi. Pemimpin juga siap untuk menerima kritik, ide, saran, dan tantangan dari anggota dan bawahannya untuk memajukan suatu organisasi.

Seorang leader bukanlah seorang boss sehingga seorang leader tak bisa membully ataupun melakukan hal semena – mena terhadap bawahannya. Seorang leader akan mendorong anggota dan bawahannya untuk melakukan pekerjaan dan bekerja dengan lebih baik lagi. Di dalam istilah bahasa Inggris, kata leader jauh lebih disukai dibandingkan kata boss karena seorang leader berperan sebagai seorang pemimpin yang mampu membawahi anggotanya dengan baik.

Contoh Kalimat Leader

Ada beberapa kalimat bahasa Inggris yang bisa dibuat dengan memakai kata leader. Inilah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang memakai kata leader.

  • A leader of the company looks so humble, smart, and authoritative. He can lead his subordinates.

Kalimat ini memiliki arti bahwa Seorang pemimpin perusahaan tersebut terlihat sangat rendah hati, cerdas, dan berwibawa. Dia bisa memimpin bawahannya dengan baik.

  • The leader of the factory is very handsome and kind. He is also able to direct and manage his workers.

Kalimat ini memiliki arti Pemimpin pabrik itu sangat ganteng dan baik. Dia juga bisa mengarahkan dan mengatur pekerjanya.

b. Penerapan Kata Boss

Sangat tak lengkap rasanya membahas kata leader tanpa membahas kata boss. Kata boss ini memiliki arti sama dengan leader yang berarti pemimpin. Boss adalah istilah yang seringkali dipakai untuk menyatakan tingkat dan level senioritas dan jabatan yang tinggi dalam suatu perusahaan atau pun organisasi. Boss merupakan kata benda atau noun. Sangat berbeda dengan seorang leader, seorang boss ini hanya dihormati dan diakui karena tingkatan jabatannya tetapi bukan kualitasnya dalam memimpin suatu organisasi.

Perbedaan leader dan boss secara umum adalah kesan yang didapatkan. Boss cenderung negatif dibandingkan leader yang memiliki arti lebih positif. Tak heran, di dalam bahasa Inggris, ada suatu istilah bossy sebagai kata sifat dengan arti menyuruh –  nyuruh. Kata ini seringkali digunakan untuk mendeskripsikan suatu subjek yang sering menyuruh walaupun dia tak memiliki hak untuk menyuruh. Karena boss milliki level jabatan tinggi, sehingga dia menggunakan otoritasnya untuk menekan bawahannya agar bekerja lebih baik. Baik boss dan leader memiliki arti sama dimana mereka sebenarnya punya kekuasaan untuk mengatur anggota organisasinya. Tetapi, dalam pelaksanaannya, mereka berbeda. Kalau leader bekerja untuk mendorong anggotanya sedangkan boss biasanya lebih sering memarahi anak buahnya. Jadi, kata boss memiliki arti negatif dibandingkan leader.

Contoh Kalimat dengan Kata Boss

  • My boss scolds me due to my mistakes that I made in finishing my work.

Kalimat ini memiliki arti “ Bosku memarahiku karena kesalahan yang saya buat dalam menyelesaikan pekerjaanku”.

  • The boss of that company is very cruel and evil like a devil.

Kalimat ini memiliki arti “Bos dari perusahaan itu sangat jahat dan buruk seperti seorang setan”.

Setelah tau perbedaan kata Leader dan Boss kamu lebih prefer ke yang mana nih? Menjadi Leader yang baik atau asal pengen jadi Boss biar punya wewenang buat nyuruh ini itu? hehe

Satu yang pasti jika nantinya kamu jadi seorang Boss harus bisa jadi Leader yang baik buat semua anggota team ya LC’ers. Semangat semuanya !!!

Baca juga: Perbedaan Rules dan Regulations.