Penggunaan Center dan Centre

Untuk kalian yang sedang belajar bahasa inggris, tentunya kalian pasti pernah bertanya-tanya tentang penggunaaan center dan centre. Meski terlihat mudah, namun kedua kata ini memiliki dua arti yang berbeda, dan itu semua tergantung dalam bahasa inggris apa kita menggunakan kedua kata tersebut. Jika kalian mau tahu lebih lanjut mengenai penggunaan kedua kata ini, ada baiknya kalian membaca artikel ini. Pastinya, artikel ini bisa membantu kalian memahami inggris lebih jauh akan bisa menggunakan kedua kata ini dengan baik.

Perbedaan dasar center dan centre

Di dalam bahasa inggris, terdapat banyak jenis bahasa inggris yang dipakai negara yang berbeda-beda. Di Singapura, orang-orang menggunakan bahasa inggris dengan aksen Singapura yang khas serta tata aturan grammar mereka sendiri. Di Australia, inggris yang digunakan pun berbeda dengan inggris yang biasa digunakan.

Meski banyak terdapat jenis bahasa inggris dengan aksen dan tata aturan grammar yang berbeda-beda di setiap negara (bahkan Indonesia pun memiliki orang-orang yang berbahasa inggris dengan tata aturan mereka sendiri), ada dua jenis bahasa inggris yang paling terkenal yang aturannya seringkali dipakai di negara-negara yang tidak memakai bahasa inggris sebagai bahasa nasional: English dan American English atau lebih seringkali disebut bahasa inggris dan bahasa inggris Amerika. Walaupun keduanya merupakan bahasa inggris, ada beberapa kosakata dan tata aturan grammar yang berbeda. Salah dua kosakata yang penggunaannya berbeda adalah centre dan center.

Dimana sebaiknya kalian memakai center dan centre?

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penggunaan kata center dan centre, coba kalian lihat kalimat di bawah ini:

He stood on the center of the earth, wondering what else he could spend his newfound fortune on beside his only means of escape.

Kalimat yang di bold merupakan penggunaan center dalam American English. Di Indonesia, murid-murid dididik dengan kurikulum Inggris yang mengajarkan American English, sehingga kalimat di atas pasti merupakan kalimat yang wajar bagi kalian. Bandingkan dengan kalimat di bawah ini:

The centre of the universe has been unveiled by researchers and scientist alike, turns out there’s only a void over there.

Bagi kalian yang hanya mengikuti pendidikan bahasa inggris dasar, mungkin kalimat itu akan terlihat aneh karena kesalahan dalam mengeja center. Kalian sudah terbiasa menggunakan center meski kedua kalimat tersebut memiliki fungsi yang sama.

Baca juga: Penggunaan Between Dan Among Yang Perlu Kamu Ketahui.

Kata apa yang sebaiknya digunakan? Center atau Centre?

Kedua kata ini memiliki arti yang sama dan memiliki peran yang sama dalam tatanan grammar, dan jika kalian ingin menggunakan kedua, kalian bisa melakukan hal tersebut. Akan tetapi, jika kalian menggunakan kedua kata itu di dalam suatu karangan yang sama, besar kemungkinan bahwa kalian akan dicap inkonsisten. Jika bisa, hindari penggunaan kata centre jika kalian sudah menulis center di paragraph sebelumnya dan sebaliknya.

Penggunaan centre dan center juga sebaiknya memperhatikan dalam bahasa inggris apa kalian menulisnya. Jika kalian lebih berorientasi kepada English dan kalian ingin bekerja di negara-negara Commonwealth (negara-negara bekas jajahan Kerajaan Inggris) seperti Australia, jangan gunakan kata center di dalam tulisan kalian jika kalian tidak ingin dipandang aneh oleh orang-orang Australia.

Sebaliknya, jika negara tujuan kalian adalah Amerika Serikat, ada baiknya kalian menggunakan kata center dan tidak beralih menggunakan kata centre. Walaupun keduanya tidak salah, penggunaan center dan centre yang tidak benar bisa membuat kalian jadi bahan tertawaan bagi beberapa orang.

Bagaimana guys? sekarang sudah memahami bagaimana menggunakan kata center dan centre kan?. Keduanya memiliki arti yang sama hanya saja memang ada beberapa perbedaan ketika menggunakannya. Semoga kamu terbantu guys.