penggunaan borrow dan lend

Seringkali kita dihadapi dengan masalah jika kita mempelajari bahasa inggris. Dan salah satu masalah yang paling jelas mungkin terdapat dalam penggunaan borrow dan lend dalam bahasa inggris. Jika kita tidak memiliki pengetahuan mendalam mengenai kedua kata yang sedang dibahas tersebut, tentunya kalian akan menganggap bahwa kedua kata tersebut memiliki dua arti yang sama yang tidak dapat dipisahkan.

Sejujurnya, jika kalian berpikiran bahwa kedua kata tersebut sama, maka pikiran kalian merupakan pikiran yang salah. Kedua kata tersebut, meski arti dasarnya sama, memiliki tempat dan waktu penggunaan yang berbeda. Artikel kali ini akan membahas lebih jauh mengenai arti kedua kata tersebut dan bagaimana seharusnya kalian menggunakan satu atau lebih dari dua kata tersebut.

Tanpa membuang lebih banyak waktu, mari kita berdalih ke topic utama artikel hari ini:

Arti dasar borrow dan lend

Sebelum kita melanjutkan artikel ini ke tingkat selanjutnya, ada baiknya kita membahas hal yang paling dasar dari setiap pelajaran bahasa inggris: arti sebuah kata dalam bahasa Indonesia. Kedua kata ini memiliki arti yang sama, yaitu pinjam. Borrow berarti pinjam dan lend juga berarti pinjam. Jika dilihat dari artinya saja, kita sudah mendapatkan jawaban yang jelas, bukan?

Akan tetapi, tidak ada hal yang simple di dalam pelajaran bahasa inggris jika kalian ingin mendalami pelajaran tersebut lebih lanjut. Mari kita coba masukkan kedua kata tersebut dalam 2 kalimat yang subyek dan obyeknya sama:

May I borrow your pen?

May I lend your pen?

Can you borrow me your pen?

Can you lend me your pen?

Ada empat kalimat disini, akan tetapi hanya ada dua kalimat yang benar dari keempatnya. Bisa kah kalian menebak mana kalimat yang benar?

Jika kalian memilih kalimat nomor satu dan empat sebagai kalimat yang benar, maka kalian telah menemukan jawaban yang benar dan kalian bisa mempercayai ‘insting’ berbahasa inggris kalian. Akan tetapi, jika kalian menganggap bahwa kalimat pertama dan keempat bukan kalimat yang benar dan yang benar adalah kalimat kedua dan ketiga, kalian harus melatih lagi kemampuan berbahasa inggris kalian. Terlebih lagi jika kalian tidak bisa memilih antara dua kalimat tersebut.

Bagi orang-orang yang tidak bisa menjawab, kalian harus kembali mempelajari bahasa inggris dari yang paling dasar, sedangkan jika kalian menjawab nomor dua dan tiga, kalian harus mempelajari lebih lanjut lagi mengenai borrow dan lend. Dimanakah letak kesalahan kalimat nomor dua dan tiga?

Menjawab dilemma tersebut

Ada penjelasan yang lebih panjang dan lebih detail mengenai perbedaan borrow dan lend, akan tetapi, karena penjelasan itu akan membuat artikel ini terlalu panjang, ada satu teknik singkat yang bisa kalian gunakan jika kalian ingin membedakan kapan kalian harus memakai borrow dan kapan kalian harus memakai lend.

Mari melangkah keluar sedikit dari kedua kata itu dan berkenalan dengan dua kata baru lainnya: take dan give. Kalian pasti lebih familiar dengan kedua kata tersebut kan dibandingkan dengan kata borrow dan lend? Kata take dan give mungkin merupakan dua dari banyak kata dasar dalam inggris, dan jika kalian tidak memahami keduanya, kalian harus mengulang pelajaran bahasa inggris kalian dari awal.

Untuk membuat perbedaan borrow dan lend menjadi jelas, kita harus bisa mengaitkan pasangan kata itu dengan pasangan baru kita: take dan give. Untuk lebih jelasnya, kita kaitkan borrow dengan take dan lend dengan give dan kita masukkan ke kedua kalimat yang benar tadi:

May I take (borrow) your pen?

Can you give (lend) me your pen?

Lebih terdengar benar bukan? Itu adalah penggunaan borrow dan lend yang benar dan tepat.

Bagaimana? sekarang sudah lebih paham mengenai perbedaan penggunaan borrow dan lend kan guys?. Setelah ini kamu sudah harus menggunakannya dengan benar.

Materi confusing word lain yang bisa kamu baca salah satu nya adalah Penggunaan Center dan Centre Dalam Bahasa Inggris.