Penggunaan Bored dan Boring

Penggunaan bored dan boring seringkali dicampuradukkan. Dua kata ini memang memiliki kata dasar yang sama, yakni “bore”. Artinya secara umum adalah membosankan. Lalu muncullah dua kata dengan akhiran yang berbeda tersebut. Yang satu memiliki akhiran –ing dan satunya memiliki akhiran –d. Jika merujuk pada tata bahasa dalam bahasa Inggris, kedua kata ini memiliki arti yang tidaklah sama. Karenanya, kalian harus paham benar perbedaan dari keduanya. Banyak orang yang tidak jarang melakukan kesalahan umum saat menggunakan kedua kata ini dalam kalimat. Untuk membantu kalian memahami lebih jauh terkait penggunaan kedua kata ini, berikut disajikan penjelasan beserta contohnya dalam kalimat.

Penggunaan Bored dan Boring

Penggunaan Bored  dalam Kalimat

Mari kita mulai dari kata bored. Bored pada dasarnya adalah kata sifat. Dalam bahasa Inggris, kata sifat biasanya akan menjelaskan kata benda. Saat kata sifat digunakan untuk menjelaskan kata benda, penggunaannya akan berada di depan kata benda yang dirujuk. Hal tersebut akan membuat sebuah frase kata benda atau lebih dikenal dengan noun phrase. Contoh dari noun phrase adalah beautiful gir, small hat, cute doll, angry birds,dan masih banyak lainnya. Namun, kata sifat bisa juga terletak setelah to be. Sekali lagi, fungsinya adalah untuk menjelaskan kata benda yang ada. Contoh kalimat sederhana tersebut adalah I am sleepy, He is angry, dan lainnya.

Kata bored dalam hal ini memiliki arti bosan. Penggunaannya dalam kalimat akan diberikan di bawah ini.

  • Riana is bored being at home all the time. Riana bosan berada di rumah sepanjang waktu.
  • She feels bored since she cannot go outside. Dia merasa bosan karena tidak dapat pergi keluar.
  • Aren’t you bored watching the same movie every weekend?Tidakkah kamu bosan menonton film yang sama setiap akhir pekan?
  • couldn’t be bored if I were brought to a good place. Aku tidak akan bosan jika dibawa ke tempat yang bagus.

Penggunaan Boring dalam Kalimat

Untuk boring, kata ini sebenarnya juga memiliki kedudukan sebagai kata sifat. Hal ini tentu merupakan hal yang sama dengan bored, bukan? Lalu apa yang membedakan keduanya? Mengapa kita tidak seharusnya menggunakan dua kata tersebut secara berkebalikan? Nah, meski sama-sama kata sifat, kedua kata ini memiliki arti yang berbeda. Boring memiliki arti membosankan. Jika kalian mengerti, bosan dan membosankan adalah dua kata yang memiliki makna yang tidak sama. Karenanya ada baiknya untuk mengerti penggunaannya dalam kalimat. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata boring.

  • This movie is so boring that I don’t want to watch it longer. Film ini sangat membosankan sehingga aku tidak ingin menontonnya lebih lama lagi.
  • Booring books will never be found in my book shelf. Buku-buku yang membosankan tidak akan bersarang di rak bukuku.
  • The tour was boring that I better slept away. Perjalanannya membosankan karena itu lebih baik aku tidur saja.
  • I cannot stand boring time, so I always look for activities. Aku tidak tahan dengan waktu yang membosankan, karenya aku selalu mencari aktivitas.

Demikianlah perbedaan yang dapat dilihat dari kata bored dan boring. Sejumlah contoh sudah diberikan di atas agar kalian tidak salah lagi memahami penggunaan bored dan boring.

Yuk baca juga materi lainnya, salah satunya adalah Tips Mudah Mengatasi Confusing Word.