alredy-just-yet-dalam-bahasa-inggris

Penggunaan Already, Just, Yet

Pemilihan kata tertentu dalam Bahasa Inggris seperti already, just, yet seringkali diremehkan. Memang terdengar sepele bila dibandingkan dengan pengaturan grammar. Namun siapa kira, penggunaan kata-kata tersebut menjadi salah satu kunci dalam menunjukkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Khususnya dalam percakapan.

Artikel ini akan mengupas satu-satu diantara kata-kata tersebut. Serta akan menunjukkannya dalam sebuah contoh. Sebab zaman sekarang, berbicara Bahasa Inggris bukanlah persoalan ahli atau tidak. Banyak orang, khususnya anak muda yang memilih menggunakan Bahasa Inggris, untuk terdengar keren saja. Tidak diimbangi dengan kemampuan Bahasa Inggris yang bagus. Alhasil, hal tersebut hanya membuat kamu menjadi korban iklan saja.

Jadi bagaimana, sudah siap dengan tips dari kami untuk kamu?

Memilih diksi already

Diksi pertama dari already, just, yet yang akan kita bahas adalah already. Pada umumnya, already akan kita gunakan untuk menjelaskan sesuatu yang telah terjadi. Dalam klasifikasi kata, already bersifat sebagai adverb alias keterangan. Jadi kamu bisa menggunakan already untuk menegaskan sesuatu telah terjadi, dan tidak usah dilakukan sekali lagi, karena memang tidak perlu.

Namun dalam penggunaannya, already juga bisa tergantung dengan konteks kalimatnya. Misalnya, dalam rumus present tense, kata ini seringkali diposisikan diantara subjek dan kata kerja. Dalam sebuah bentuk kalimat misalnya, ‘we already know the news’, yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti ‘kami telah mengetahui beritanya’. Jadi sudah clear yang kamu lihat, bahwa we merujuk pada subjek, know menunjukkan kata kerja,

Penggunaan yet yang tepat

Kedua dari already, just, yet adalah yet. Orang-orang yang tidak terlalu paham dengan Bahasa Inggris, biasanya punya asumsi bahwa yet adalah diksi pelengkap untuk frasa ‘belum’. Contohnya seperti ‘I haven’t met them yet’, atau saya belum bertemu dengan dia.

Nyatanya, yet bisa menjadi kata yang berdiri sendiri. Bila dia berdiri sendiri, maka juga berubah arti.

Yet tanpa menjadi diksi penegas belum, artinya adalah tapi atau namun. Misalnya dalam sebuah kalimat. She looks good, yet her face looks tired. Dalam bahasa Indonesia berarti, dia terlihat baik-baik saja, tapi wajahnya terlihat lelah.

Penggunaan Just

Sebagian besar dari kita menggunakan just dalam konteks present perfect tense. Dalam kalimat tersebut, just memberikan afirmasi bahwa sesuatu hal belum lama terjadi alias baru saja terjadi. Disadari atau tidak, kamu pasti pernah menggunakan just dalam kaitannya dengan kalimat diatas. Misalnya seperti, ‘I just realized that your cheek became red quickly’.

Pada Bahasa Indonesia berarti, saya baru saja menyadari kalau pipi kamu bisa menjadi merah merona dengan cepat. Atau misalnya, I just came yesterday morning from New York. Artinya adalah “saya baru saja tiba kemarin sore dari New York”. Dari contoh-contoh tersebut sejatinya kita menyadari bagaimana penggunaan already, just, yet dalam penggunaan sehari-hari.

Perbedaan yet dengan but

Membaca keterangan di atas akan menyadarkan kamu bahwa yet mempunyai makna yang hampir sama dengan but. Tapi coba kamu baca baik-baik semua kalimat yang kamu temukan dan mempunyai kata yet dan but. Maka pelan-pelan kita bakal menyadari perbedaannya.

Dalam but, nilai kalimat lebih umum. Namun dalam yet, kalimat yang menggunakan yet mengandung unsur kontras atau keterkejutan.

Misalnya, ‘I eat a lot, yet I lose my weigh’. Yang artinya adalah, saya makan banyak namun malah kehilangan berat badan saya. Kalimat dengan pola seperti ini lah yang sering menggunakan yet. Cukup mudah diingat bukan?

Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris

Karena meskipun kamu hafal rumus past tense, namun bila masih kurang perbendaharaan kata, maka ilmumu tidak akan teraplikasikan dengan baik. Dan dengan itu, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti still, already, just, yet pada sebuah kalimat secara benar.

Setelah memberitahu kalian mengenai bagaimana menggunakan kata yang sering diremehkan tersebut. Sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu tanpa kursus. Hanya dengan cara-cara yang mudah. Memang terdengar remeh, tapi juga jangan lantas disepelekan ya!

Nonton dengan teks Bahasa Inggris

Generasi zaman sekarang, pasti tidak bisa dipisahkan dengan tren film. Menonton film Hollywood dengan menggunaka subtitle atau teks berbahasa Inggris menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendongkrak kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Kenapa bisa seperti itu? yang pertama, kamu akan menjadi paham pengucapan kata berbahasa Inggris. Kedua, secara tidak langsung akan menambah perbendaharaan kata kamu dan penerapan serupa already, just, yet. Apalagi bila kamu konsisten melakukannya. Ketiga, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk tau lebih dulu bila ada kata-kata baru yang sedang tren di dalam atau luar negeri.

Beberapa orang bahkan merasa ketagihan untuk terus dan terus menonton film dengan teks berbahasa Inggris. Bahkan, mungkin orang-orang seperti itu bisa jadi yang lebih dulu mengetahui bagaimana menempatkan kata-kata seperti yet, already, dan just dengan tepat. Mengingat intensitas menonton akan memperbesar orang

Menghapal lagu

Musik sepertinya selalu menjadi bagian dari semua orang. Semua punya genre musik sendiri-sendiri. Dan alangkah lebih baik bila salah satu lagu favoritmu adalah lagu berbahasa Inggris. Sebab menghapalkan lagu yang kamu sukai akan menjadi daya tarik tersendiri.

Melafalkan lagu berbahasa Inggris akan membiasakan mulut kita dalam pengucapan bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu kita. Bahkan ada juga, orang yang melatih dengan menghapal lagu rap yang merupakan salah satu genre lagu dengan tempo yang cepat. Meski tidak mudah.

Karena tidak ada hasil yang menghianati usaha. Bila kita giat berlatih, menghapalkan lagu berbahasa Inggris secara tidak langsung juga membuat kita mengingat diksi berbahasa Inggris yang sebelumnya tidak kamu ketahui bagaimana penggunaannya seperti already, just, yet. Karena mengucapkan dengan sering, otomatis otak akan merekam bagaimana mengucapkannya, bagaimana menuliskannya, dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Membaca novel berbahasa Inggris

Tidak semua orang suka membaca buku, apalagi berbahasa Inggris. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memulai dengan komik. Buku cerita bergambar yang sebelumnya pernah kamu baca dalam versi Bahasa Indonesia, lalu beli lah buku serupa dengan teks Bahasa Inggris.

Kadang, kamu harus melakukan hal yang kurang kamu sukai untuk mewujudkan salah satu keinginan. Zaman sekarang, banyak anak kecil yang belajar bahasa asing di usia yang lebih dini dari generasi kamu.

Jadi, sudah menjadi kewajiban kita untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kita. Khususnya Bahasa Inggris. Atau, kamu juga bisa mencoba menambah teman dari Negara-negara berbahasa Inggris. Tidak perlu jauh-jauh ke barat, cukup menambah teman melalui media sosial. Tidak perlu langsung dari Negara-negara yang mahir berbahasa Inggris. Bisa mencoba melalui Negara-negara di Asia terlebih dulu. Banyak Negara-negara di Asia yang masyarakatnya punya kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik. Misalnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan India.

0 0 vote
Article Rating