Penggunaan A An The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, a, an, the memiliki sebutan tersendiri, yaitu articles, atau dalam bahasa Indonesia disebut “kata sandang”. Articles biasanya digunakan sebagai penanda sebuah noun (kata benda) dalam suatu kalimat. Akan tetapi bagaimana ya membedakan penggunaan a, an, the dalam bahasa Inggris? Simak penjelasan lengkapnya dari Kampung Inggris di bawah ini.

Penggunaan A/An dalam Bahasa Inggris

Article a/an dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai indefinite articles. Kedua articles ini hanya bisa digunakan oleh countable noun (benda yang dapat dihitung). Benda-benda yang tidak dapat dihitung seperti sugar, salt, sand, light, water, etc tidak dapat kamu beri a/an di depannya.

  • Please add a salt on my cooking -> SALAH
  • Please add a tomato on my cooking -> BENAR

Ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui untuk menggunakan a/an dalam suatu kalimat, berikut penjelasannya.

A/an digunakan untuk noun secara umum (tidak penting identitasnya)

Article a/an digunakan untuk noun secara umum dan luas, tanpa menunjukkan kondisi spesifik dari noun tersebut, misalnya kalimat berikut ini:

  • We used a car to go to Max’s funeral -> kalimat ini hanya menyebutkan “car” secara umum, karena identitasnya tidak penting diketahui
  • You can take an online taxi from here -> “online taxi” di sini umum, tidak spesifik menyebut “online taxi” tertentu

A digunakan untuk noun didahului bunyi konsonan (b, c, d, f, g, h, dst), An digunakan untuk noun didahului bunyi vokal (a, i, u, e, o)

Article “a” digunakan untuk noun-noun berawalan bunyi konsonan, seperti book, doll, cheese, grapefruits, dan seterusnya. Sementara itu article “an” digunakan untuk noun berawalan bunyi vokal, seperti apple, internship, information,  umbrella, dan seterusnya.

  • I bought a book, a doll, and a cheese
  • I need an information about this
  • You need to bring an umbrella today

Noun yang didahului huruf vokal tapi berbunyi konsonan tetap menggunakan “a”, begitu pun sebaliknya

Pernahkah kamu mendengar kata seperti university, unit, euro, atau unique? Meski pun didahului huruf vokal, nyatanya mereka menggunakan article “a” dalam kalimat. Hal tersebut dikarenakan bunyi mereka tetap konsonan, meski didahului huruf vokal. Sebaliknya pun begitu, ada kata-kata yang didahului huruf konsonan, tapi berbunyi vokal sehingga didahului article “an”

  • University -> /juːnɪˈvɜːsətiː/ (yuniversiti) -> a university
  • Honesty -> /ˈɒnəsti/ (anesti) -> an honesty

Jadi ingat, saat harus menentukan penggunaan  a/an dalam bahasa Inggris, yang harus kamu pertimbangkan adalah bunyi awalan noun, bukan huruf awalannya.

Rekomendasi :  Cara Belajar Speaking Dengan Mudah

Noun yang berbentuk noun phrase, article-nya mengikuti huruf depan dari kata pembuka phrase

Noun phrase adalah kata benda yang terbentuk dari beberapa jenis kata sekaligus, misalnya selfie photo, unique house, cold ice cream, awesome guy, dan lain-lain. Saat kamu menemukan noun phrase seperti ini, articles yang digunakan harus menyesuaikan bunyi awalan kata terdepan.

  • A house -> a unique house
  • An ice cream -> a cold ice cream
  • A guy -> an awesome guy

Penggunaan The dalam Bahasa Inggris

Yang selanjutnya akan dibahas dalam materi penggunaan a, an, the dalam bahasa Inggris ini adalah cara menggunakan “the”, atau sering juga disebut “definite article”.

Tidak seperti a/an, the bisa digunakan oleh countable noun (benda yang bisa dihitung) mau pun uncountable noun (benda yang tidak bisa dihitung).

Ada beberapa aturan penggunaan the dalam bahasa Inggris, simak penjelasannya sebagai berikut.

The digunakan untuk menunjuk sebuah noun secara spesifik

The digunakan untuk menunjuk sebuah noun yang spesifik, bukan noun secara umum. Saat seseorang menyebut noun menggunakan “the”, itu berarti orang tersebut punya ekspektasi bahwa kita paham noun yang dimaksud.

  • She dated a mysterious guy last week. Apparently, the mysterious guy is Taka Hiromi -> The digunakan di kalimat kedua karena sebelumnya noun “mysterious guy” sudah disebut.
  • I intended to go to Boston with a bus yesterday, but the bus had never come -> the digunakan karena “bus” yang dimaksud sudah disebutkan sebelumnya.

The digunakan jika pembicara dan lawan bicara sama-sama mengetahui noun yang dimaksud

Jika pembicara dan lawan bicara sudah sama-sama mengerti noun yang mereka bicarakan, maka “the” bisa digunakan untuk mendahului noun tersebut.

  • Dimas, close the curtain for me, please -> pembicara dan lawan bicara sama-sama tahu “curtain” yang dimaksud
  • Don’t forget to do the dishes before you go, will you? -> pembicara dan lawan bicara sama-sama tahu “dishes” yang dimaksud
Rekomendasi :  Pengertian dan Bagaimana Menggunakan Idioms dalam Bahasa Inggris

The digunakan untuk noun yang jumlahnya hanya satu

Dalam kehidupan kita, ada noun-noun yang jumlahnya hanya satu di seluruh jagad raya bukan? Misalnya matahari, bintang-bintang, bulan, jodoh, langit, dan sebagainya. Saat kamu menggunakan noun yang jumlahnya hanya satu seperti ini, kamu tidak boleh menggunakan a/an, yang harus kamu gunakan adalah the.

  • Kamila, do you know the sun is so bright today?
  • You need to find the meaning of your life by yourself
  • I’m not sure she’s the one

Latihan Membedakan Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris

 

Itulah penjelasan lengkap tentang penggunaan a, an, the dalam bahasa Inggris yang bisa Kampung Inggris sajikan untukmu! Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut soal materi ini, jangan sungkan untuk  drop pertanyaan di kolom komentar di bawah ini ya! Kampung Inggris Pare selalu siap kok menemani kamu belajar bahasa Inggris, jadi yuk sukses bareng-bareng dengan jadi keluarga besar kami!