pengertian phrasal verb

Phrasal Verb merupakan salah satu jenis dari multi-word verbs. Terkadang ada beberapa orang yang mengenalnya dengan istilah two-words verbs karena biasanya terdiri dari dua kata, tetapi pada multi-word verbs ini adalah gabungan dari beberapa kata, jadi sudah bukan lagi simple verb yang biasanya terdiri dari satu kata. Ketika kalian penasaran dengan makna atau arti kata tersebut, tentu saja sudah mengalami perubahan makna dibandingkan dengan single word pada kata kerja tersebut, bahkan tak jarang maknanya tidak bisa kalian tebak dengan mudah. Jadi jika kalian ingin mengetahui pengertian phrasal verb dan penggunaannya dalam kalimat, kalian juga diharapkan bisa menghafal beberapa phrasal verb beserta artinya.

Kali ini, artikel akan membahas seputar phrasal verb, jadi kalian seharusnya sudah siap untuk menghafal dan mencatat beberapa phrasal verb yang sering digunakan. Kalian harus tahu bahwa ada banyak sekali phrasal verb dan kalian akan mengalami kesulitan jika harus menghafal semuanya, untuk itu kalian bisa menghafal beberapa phrasal verb yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Phrasal Verb dalam bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa phrasal verb merupakan bentuk dari multi-word verbs yang terbentuk karena adanya penggabungan verb dasar dengan satu atau dua particles. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa partikel yang digunakan berupa preposition atau adverb. Namun sebagian lainnya juga menganggap bahwa adverb yang dapat digunakan dalam phrasal verb, sedangkan menggunakan preposition merupakan bentuk preposition verb. Kalian bisa menggunakan pendapat manapun yang kalian anggap benar. Namun hal yang paling penting adalah kalian mempelajari contoh phrasal verb beserta maknanya/ artinya. Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi bahwa jumlah phrasal verb sangatlah banyak, jadi kalian bisa menghafal beberapa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau menggunakan daftar phrasal verb sebagai panduan saat kalian membutuhkannya. Biasanya partikel yang digunakan dalam bentuk preposition adalah of, by,at, on, in, dll. Phrasal Verb juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan tulisan dalam bentuk tidak resmi (informal).

Perubahan makna kata kerja tersebut juga bisa membuat phrasal verb tersebut juga membuatnya lebih menantang dan menarik. Dengan begitu. Kalian juga harus bisa mengira-ngira makna phrasal verb yang digunakan dalam suatu kalimat, jika kalian menyerah, maka kalian diharuskan membuka kamus. Kalian juga harus tahu bahwa tidak ada aturan baku yang menjelaskan dengan pasti bagaimana phrasal verb ini dibentuk karena memang tidak ada rumus tertentu dan semua phrasal verb memang berasal dari kamus begitu saja. Maka tak heran jika kalian harus rajin membaca kamus Bahasa Inggris jika ingin mengetahui phrasal verbs.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa phrasal verb dipakai untuk situasi informal. Untuk penggunaan lisan sendiri, phrasal verb sering digunakan sebagai alternatif pilihan frasa tidak resmi dari kata-kata resmi, misal: banyak orang yang menggunakan “to put off” dibanding “postpone” atau “to get out” dibanding “to exit”.

(Baca juga: Peribahasa dalam Bahasa Inggris)

Jenis Phrasal Verb

Literate Usage

Banyak sekali verb (kata kerja) dalam Bahasa Inggris yang dapat dikombinasikan dengan preposition ataupun adverb. Literate usage artinya phrasal verb tersebut mempunyai arti yang sama dengan kata kerja aslinya.

Contoh:

– She has looked at me twice in three minutes / dia melihat saya dua kali dalam tiga menit ini

–  I don’t know why Sintia runs into classroom hurryingly / saya tidak tahu mengapa Sinta berlari ke dalam ruangan kelas terburu-buru

– Hurry up! I have another appointment with my friend / cepat! Saya punya janji dengan temanku

Idiomatic Usage

Idiomatic usage artinya phrasal verb tersebut merubah arti dari kata kerja aslinya. Contoh kata “take after” secara harfiah mempunyai makna “mengambil setelah” namun secara idiomatic mempunyai arti “mirip dengan”.

Contoh:

– My father said that I take after my mother / ayahku berkata bahwa wajahku mirip dengan ibuku

–  She is having problems getting over a headache / dia sedang dalam penyembuhan sakit kepala

–  Rani gets into the car and drive off / Rani naik ke dalam mobil dan pergi

Nah, seperti itu tadi guys pembahasan mengenai pengertian dan juga jenis Phrasal Verb yang bisa kami informasikan untuk kamu semua, semoga bermanfaat !!!!