gerund-adalah-pengertian-penggunaan-contoh

Belajar bahasa Inggris sangatlah luas. Tidak hanya tenses atau bentuk kata kerja yang dipelajari, tapi juga mengenai gerund. Gerund kerap kali digunakan di dalam kalimat, namun seringnya kita tidak menyadari bahwa itu adalah gerund.

Tidak menyadari adanya gerund dikarenakan perubahan kata. Ditambah lagi gerund telah mengalami modifikasi sehingga terjadi perubahan bentuk. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai gerund.

Gerund Adalah Kata Kerja yang…

Secara singkat, gerund adalah sebuah kata yang terbentuk dari kata kerja (verb) dan berfungsi sebagai kata benda (noun). Bedanya dengan kata kerja biasa, gerund ditambahkan dengan akhiran –ing di akhir katanya.

Dengan kata lain, gerund adalah verbal. Yaitu kata yang dibentuk dari kata kerja namun memiliki fungsi sebagai bagian dari kata lain. Verbal yang lain dapat sebagai infinitive (to + verb) dan participle ( –ing / -ed form).

Gerund yang telah berfungsi sebagai kata benda, sehingga dapat menjadi subject, object, serta complement dalam kalimat. Tidak hanya itu, gerund juga dapat berfungsi sebagai sebuah preposisi. Sehingga, sebenarnya gerund merupakan kata kerja, namun kedudukannya dalam kalimat membuatnya seolah – olah kata benda.

Untuk memudahkan membedakan gerund, yaitu dengan melihat kata kerja yang ada dalam kalimat. Jika dalam kata kerja terdapat tambahan –ing, dapat dipastikan bahwa itu merupakan gerund.

Namun, meskipun sudah menjadi kata benda, kata ini masih berperilaku seperti kata kerja saat berada di dalam frasanya. Hal ini disebut sebagai gerund phrase. Misalnya gerund diikuti direct object jika gerund dibentuk dari transitive verb atau dapat disertai dengan kata modifikasi (modifier) seperti kata keterangan (adverb) dan perpositional phrase.

Contoh kata gerund seperti gardening, running, swimming, working, dan lainnya. Gerund phrase memiliki arti bahwa satu kalimat terdapat gerund dan object dan atau modifier. Contohnya seperti: gardening organically (gerund + modifier), running a mile (gerund + object), running a mile without stopping (gerund + object + modifier).

Di dalam soal ujian bahasa Inggris, biasanya ada pertanyaan mengenai gerund. Namun, tidak serta merta langsung meminta kamu untuk mencari gerund. Melainkan kamu diminta untuk mengisi kata yang hilang dari sebuah kalimat dengan kata yang tepat, apakah menggunakan work, working, to work, he works, dan lainnya.

Jenis Gerund

Seperti sudah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa gerund memiliki beberapa jenis. Dimana salah satunya adalah gerund phrase. Di bawah ini penjelasannya:

1. Gerund / Simple Gerund

Simple gerund adalah gerund yang masih murni, belum diberi penambahan apapun. Gerund dari kata kerja yang diubah menjadi kata benda dengan tambahan –ing.

Swimming

 

Contoh: dancing, swimming, reading, camping, listening, writing, working, walking, dan lainnya. Contoh penggunaannya dalam kalimat seperti, I like reading, camping is my favorite activity, dancing is beautiful.

2. Gerund Phrase

Berbeda dengan simple gerund, gerund phrase adalah gerund yang diikuti oleh objek. Dengan kata lain didahului oleh possessive adjective. Contoh penggunaan dalam kalimat seperti: Writing a novel is my hobby, your dancing is beautiful, i like reading a long story.

Fungsi dan Penggunaan Gerund

Sebelumnya sudah dijelaskan sedikit bahwa gerund dapat berfungsi sebagai subject, object, dan complement. Selain itu, ada banyak lagi gerund fungsi dan penggunaan gerund. Berikut penjelasan beserta contohnya:

1. Gerund adalah Subject

Gerund digunakan sebagai pengganti subject. Contoh: Running is a good sport, reading a whola day makes him tired.

2. Gerund adalah Object

Gerund digunakan sebagai pengganti object, dimana biasanya terletak di akhir kalimat. Contoh: I like painting, I dislike walking.

3. Sebagai Complement

Gerund digunakan sebagai pelengkap dalam kalimat, biasanya juga ditempatkan di akhir kalimat. Contoh: My hobby is reading, the most activity I hate is waiting.

4. Penggunaan Gerund setelah Adjective dengan Preposition

Penggunaan selanjutnya adalah gerund digunakan setelah adjective dan ditambahkan dengan preposition. Perposition ini juga harus diikuti dengan bentuk –ing. Contohnya seperti kata: afraid of, angry about / at, clever at, worried about, sorry about, interested in, crazy about, proud of, dan lainnya.

5. Gerund setelah Phrase Verb

Penggunaan selanjutnya gerund berada setelah frasa dari verb. Rumusnya yaitu verb + preposition atau adverb. Contohnya ada pada kalimat ini: She kept on asking for coffee, when will you give up smoking?.

Beberapa phrase dalam kata kerja diikuti dengan kata “to” sebagai preposition, diantaranya to look forward to, to be accustomed to, to take to, to be used to, dan to get around to. Hal ini penting dipahami bahwa kata “to” adalah preposition dan dalam hal ini harus diikuti oleh gerund.

6. Gerund yang Termasuk dalam Kata Benda

Dalam bahasan gerund yang termasuk dalam kata benda, ini artinya bahwa kata benda digunakan dalam gerund. Yang mana termasuk di dalam kata benda, bukan merupakan lanjutan dari kata kerja. Contohnya dalam kata “swimming pool” yang mana artinya adalah kolam untuk berenang, bukan kolam yang berenang.

7. Gerund yang Digunakan untuk Mengekspresikan

Gerund perlu digunakan dalam kalimat ekspresi, tepatnya di belakang kalimat. Misalnya ekspresi berupa can’t help, can’t stand, it’s no use, to be worth. Penggunaannya di dalam kalimat seperti: I can’t stand being stuck in traffic jams.

Verb yang Diikuti Gerund

Beberapa kata kerja (verb) ada yang diikuti oleh gerund, sebagian lagi tidak diikuti oleh gerund. Di bawah ini terdapat beberapa kata kerja yang diikuti oleh gerund. Dimana kata kerja ini dapat diikuti gerund tanpa tambahan agent di depan gerund, atau perlu tambahan agent di depan gerund. Agent adalah pelaku dari kegiatan yang dimaksudkan oleh gerund.

Remember

Yang termasuk kata kerja tanpa agent diantaranya (verb + gerund):

  1. Understand
  2. Enjoy
  3. Teach
  4. Endure
  5. Stop
  6. Dislike
  7. Discuss
  8. Start
  9. Deny
  10. Remember
  11. Continue
  12. Regret
  13. Consider
  14. Recommed
  15. Celebrate
  16. Prefer
  17. Begin
  18. Practice
  19. Avoid
  20. Help
  21. Appreciate
  22. Hate
  23. Anticipate
  24. Gice up
  25. Advise
  26. Forget
  27. Admit
  28. Finish
  29. Acknowledge

Contoh dalam kalimat: We just finished painting the wall in the home, My friend hate working with her.

Dua kalimat tersebut tidak memerlukan agent, kata kerja langsung diikuti dengan gerund.

Di bawah ini disajikan kata kerja yang memerlukan tambahan agent di depan gerund (verb + agent + gerund):

  1. Hear
  2. Watch
  3. See

Contoh dalam kalimat: I saw the man running on the road last morning.

Kata sebelum running perlu ditambahkan agent berupa “man”, supaya membentuk suatu kalimat.

Sekian penjelasan lengkap tentang gerund ala Kampung Inggris Pare. Kalau belum jelas, yuk diskusi dalam kolom komentar!

0 0 vote
Article Rating