Benarkah Poem Adalah Puisi ? Mari Kita Simak Penjelasannya. Bersamaan dengan perkembangan kebudayaan manusia, ada berbagai hal yang ikut mengalami perkembangan. Salah satu hal yang turut mengalami perkembangan tersebut adalah sastra. Saat ini sastra merupakan salah satu bidang yang banyak menjadi sorotan. Dalam menuliskan keindahan akan suatu hal perlu digunakan sastra untuk mengilustrasikannya.

Karya Sastra Dalam Bahasa Inggris

poem adalah

Sastra dibagi menjadi dua jenis sastra yakni sastra tertulis atau sastra lisan. Jenis sastra yang banyak beredar merupakan jenis sastra tertulis. Namun faktanya sastra tidak selalu tentang  tulisan. Sastra lebih banyak dihubungkan dengan bahasa yang digunakan sebagai sarana guna mengilustrasikan pengalaman, pemikiran serta cara pandang terhadap suatu hal.

Hampir seluruh negara di dunia memiliki jenis sastranya masing-masing. Di Indonesia saja, sastra terbagi menjadi sastra nusantara dan sastra Indonesia. Selain Indonesia, salah satu negara yang melestarikan sastra adalah negara Inggris.

Karya sastra menjadi salah satu karya yang banyak diminati. Karya sastra sendiri dikemas dalam berbagai bahasa seperti bahasa daerah, bahasa Indonesia, hingga bahasa Inggris. Salah satu karya sastra yang banyak digemari adalah karya sastra dalam bahasa Inggris. Ada berbagai karya sastra yang dimuat dalam bahasa Inggris di antaranya adalah poetry, prose, dan poem.

Karya-karya sastra Inggris tersebut banyak disulap dalam bait-bait tulisan yang memiliki makna serta perumpamaan nan indah. Poetry yang berarti puisi, prose yang berarti prosa dan poem yang berarti sajak sering digunakan dalam kompetisi bidang seni maupun kesusastraan. Bagi para pecinta sastra, karya-karya ini dinilai memiliki perbedaan dari karya sastra jenis lainnya. Namun sayangnya bagi orang awam, banyak yang menganggap ketiga karya ini sama terutama poem dan poetry.

Banyak yang salah mengartikan bahwa poem adalah sebuah puisi. Kesalahpahaman ini banyak didapati di masyarakat karena karakteristik poem dan puisi yang hampir mirip. Banyak kemiripan yang ada pada poem dan puisi jika dilihat secara kasat mata. Bahkan seseorang yang awam terhadap dunia sastra dipastikan tidak akan bisa membedakan poem dan puisi.

Poem

Karena kesalahpahaman yang sering terjadi, berikut ini akan dijelaskan perbedaan dan persamaan kedua jenis sastra tersebut. Pembahasan yang paling awal di sorot adalah mengenai pengertian poem

dan poetry itu sendiri. Poem adalah sajak dalam kata Bahasa Inggris yang saling terpaut setiap katanya. Poem adalah salah satu karya dalam sastra yang digubah dalam Bahasa Inggris.

Rekomendasi :  Pengertian dan Contoh Poem Sebagai Puisi Bahasa Inggris

Poem atau sajak memang memiliki kemiripan dengan poetry atau puisi. Setiap perbedaan yang terdapat pada kedua karya sastra ini banyak dibahas di forum umum dengan tujuan agar Sastra Inggris lebih dipahami oleh masyarakat umum. Hanya saja poem memiliki bentuk penyajian dalam baris yang teratur dan terikat. Sajak atau poem memiliki keselarasan bunyi bahasa dan kesepadanan bunyi dalam setiap barisnya.

Poetry

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa poem adalah karya sastra yang memiliki keterikatan, maka poetry sendiri adalah karya tulis dalam Bahasa Inggris yang memiliki estetika dan makna yang mendalam. Berbeda dengan puisi yang lebih menonjolkan bahasa-bahasa kiasan yang indah dan bebas, poem memiliki tata bahasa yang bersifat teratur dan terikat antara baris satu dengan baris lainnya. Perbedaan mencolok dari poem dan poetry terletak pada bentuk karya yang disajikan.

Banyak orang yang menganggap poem dan poetry sebagai puisi, hal ini sebenarnya salah besar. Banyaknya perbedaan poem dan puisi yang telah disampaikan sebelumnya juga dipertegas dengan pengertian poem dan poetry menurut Cambridge Advanced Learner’s Dictionary. Menurut Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, poetry adalah poems in general as a form of literature. Sedangkan poem adalah a piece of writing in which the words are arranged in separate lines, often ending in rhyme, and are chosen for their sound and for the images and ideas they suggest.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa poem lebih tepat disebut sebagai sajak dibandingkan dengan puisi. Dalam pengertian di atas disebutkan bahwa puisi atau poetry merupakan karya yang lebih umum dari poem. Dalam sebuah puisi bisa tercantum sebuah sajak atau poem. Namun sebuah sajak tidak bisa memuat sebuah puisi.

Untuk lebih memahami perbedaan pada kedua karya sastra Inggris ini, berikut ini contoh yang bisa kamu simak.

Contoh Poem dan Poetry

poem adalah

Berikut ini salah satu poem yang merupakan karya Walt Whitman berjudul “After The Sea-Ship

Gambar

Seperti contoh di atas, terlihat jelas bahwa poem memiliki keterikatan pada setiap barisnya. Poem adalah karya sastra yang dibuat sederhana namun tetap memiliki makna yang dalam. Berbeda dengan poem, poetry memiliki tata bahasa yang lebih estetis atau indah sehingga makna dari karya tersebut tidak ditunjukkan dengan jelas. Berikut contoh bentuk poetry yang sebenarnya.

Sometime too hot the eye of heaven shines,

And often is his gold complexion dimmed,

And every fair from fair sometime declines,

By chance, or nature’s changing course untrimmed

Contoh poetry di atas merupakan bentuk poetry William Shakespeare dari poetryVenus and Adonis’. Poetry atau puisi digambarkan dengan kata-kata puitis yang memiliki arti mendalam. Puisi menggambarkan perasaan dengan bahasa kiasan yang menyentuh hati. Sedangkan poem adalah penggambaran perasaan yang dirangkai dengan bahasa yang sederhana namun tetap memiliki keterikatan satu sama lain.

Rekomendasi :  Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Rumus, Contoh

Kata-kata yang digunakan dalam puisi cenderung memiliki arti konotatif. Sehingga pembaca akan sering berimajinasi sesuai bayangan yang mereka ciptakan sendiri. Sedangkan poem cenderung menggunakan kata-kata yang jelas tanpa bertele-tele. Unsur lagu, keharmonin bunyi, irama mendominasi hampir seluruh bagian poem.

Ciri Khas Poem dan Poetry

poem adalah

Setiap karya sastra memiliki ciri khasnya masing-masing, begitu pula dengan poem. Ciri khas dari poem adalah karya sastra yang dipengaruhi oleh unsur lagu, irama dan keharmonian bunyi. Selain itu, poem juga dibentuk tanpa pola barisan tertentu, tidak seperti puisi. Jika dalam sastra Indonesia sajak dan puisi memiliki banyak persamaan, dalam sastra Inggris persamaan tersebut tidak terlalu mendominasi.

Poem menggunakan bahasa yang ringkas namun penuh makna dan kata – kata yang digunakan mengandung banyak pengertian. Bahasa ringkas yang digunakan dalam poem tetap tidak merubah makna yang disajikan oleh penulis poem. Jika puisi atau poetry mampu menarik perhatian karena kata-katanya yang puitis, maka daya tarik terbesar dari poem adalah kelugasan bahasa yang disajikan oleh sang penyair. Lugasnya bahasa yang digunakan dalam sajak bahkan bisa merubah pemikiran seseorang.

Untuk dapat membuat poem, poetry dan prose yang baik, kamu perlu menguasai vocabulary secara luas. Berikut ini artikel berujudul English Vocabulary: Vocabulary To Talk About Relationship yang berisi vocab untuk menulis poem, poetry dan prose tentang relationship.

Ada ribuan karya sastra berupa poetry dan poem yang telah mendapat predikat sebagai karya sastra paling menakjubkan. Tidak hanya dalam sastra Inggris, namun seluruh sastra di belahan dunia ini memiliki ciri khas yang mampu merubah pandangan seseorang dalam waktu sekejap. Karya sastra juga menjadi salah satu sarana pemberi inspirasi bagi kehidupan. Karena karya sastra adalah inspirasi yang bisa merubah kehidupan menjadi lebih indah.

Kampung Inggris Search :

    poem adalah