idiom dalam bahasa inggris

Pernahkah kalian mendengar istilah ‘idiom’? Bagi kalian yang sudah mempelajari Bahasa Inggris sejak lama mungkin sudah tidak asing lagi mendengar idiom. Namun masih banyak khususnya yang belum lama mempelajari Bahasa Inggris tidak tahu apa sebenarnya yang dimaksud ‘idiom’ sendiri. Bahkan mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah tahu bagaimana bentuk idiom tersebut, namun masih ada beberapa yang belum mengetahui dengan lengkap apa yang dimaksud dengan idiom tersebut. Atau bahkan sebaliknya, ada beberapa yang sudah mengetahui pengertiannya namun tidak tahu bagaimana cara penggunaan idiom bahasa dalam inggris tersebut. Nah, melihat banyaknya masalah tersebut, maka artikel ini akan membahas sedikit lebih mendalam tentang idiom dan hal lainnya yang berhubungan dengan idiom tersebut.

Apa yang dimaksud dengan idiom?

Mari kita mulai dari pengertian idiom terlebih dahulu. Kalian harus tahu bahwa idiom bahasa dalam inggris menjadi variasi kata yang dipakai dengan tidak biasa. Singkatnya, idiom merupakan sebuah ungkapan yang berhubungan dengan emosi ataupun hal lainnya. Nah, yang menarik dari sebuah idiom adalah dimana kalian tidak bisa menebak atau memprediksi maknanya langsung melainkan ungkapan tersebut memang sudah mempunyai maksud dan makna tersendiri. Ada juga yang menyatakan bahwa idiom merupakan ungkapan yang tidak dapat diartikan per kata tetapi harus dalam satu ungkapan. Jika kalian mengartikannya per kata, maka maksud dan makna dari idiom tersebut akan berbeda jauh dengan apa yang dimaksud. Idiom juga tidak menggunakan rumus seperti yang biasa kalian temui dalam tenses, idiom hanya ungkapan yang sudah mempunyai makna tertentu dan menjadi kebiasaan yang sering dipakai dalam berkomunikasi Bahasa Inggris.

Jadi, idiom yang dimaksud merupakan susunan kata yang tidak bisa diartikan per kata, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana kalian bisa membedakan mana idiom dan yang bukan idiom. Tentu saja jawabannya sangat mudah, kalian hanya perlu menghafal mana yang merupakan idiom dikarenakan tidak ada cara khusus yang bisa membedakan idiom atau bukan. Kalian juga bisa membedakannya dengan cara mengartikannya per kata dan mengandung makna tidak jelas, kemungkinan susunan kata tersebut adalah idiom.

Kapan menggunakan idiom?

Kalian tidak disarankan menggunakan idiom secara penuh karena bisa membuat lawan bicara anda tidak mengerti dengan apa yang anda maksud. Dengan kata lain, idiom hanya dipakai ketika kalian hendak mengungkapkan emosi atau hal tertentu dengan ungkapan yang harus dan bukan sebenarnya. Dalam penggunaannya selama ini, idiom juga banyak dipakai dalam beberapa soal TOEFL karena memang idiom digunakan untuk membuat banyak orang mengerti ke tingkat pemahamannya. Selain itu, ungkapan tersebut juga sangat banyak digunakan dalam membuat syair musik yang memang mempunyai maksud dan arti mendalam.

Bagaimana cara penggunaan idiom?

Jika kalian ingin menggunakan idiom untuk mengungkapkan atau mengekspresikan hal tertentu, sebaiknya kalian mengetahui situasi dan kebutuhan tertentu. Jika kalian tidak dapat memahami kedua hal tersebut, maka bisa saja apa yang ingin kalian ekspresikan tidak sesuai dengan makna yang dimaksud dalam idiom tersebut. Jika terjadi hal serupa, maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius dan membuat kalian merasa sulit untuk melakukannya. Selain itu, kalian harus mempelajari beberapa idiom dengan menghafalnya dan banyak mencobanya dalam kalimat agar bisa tahu apa arti sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat contoh idiom di bawah ini:

Your party just got out of hand and the guests started to throw glasses at each other.

Just got out of hand artinya semua kondisi yang berada di sekitarmu tidak bisa dikendalikan.

This paper is just a piece of cake

A piece of cake artinya sesuatu hal atau tugas yang dapat dikerjakan dengan mudah dan tidak mengalami kesulitan saat pengerjaannya.

My brother starts really mad because of she drive him up the wall.

Drive up the wall mempunyai makna menyebalkan. Dalam kalimat tersebut menyatakan bahwa adik laki-lakinya merasa jengkel.

He left me alone, so I am feeling blue

Feeling blue mempunyai makna rasa sedih atau duka, bukan berarti merasa biru. Dalam kalimat tersebut penutur merasa sedih karena ditinggalkan.

Seperti itu guys pembahasan mengenai pengertian dan bagaimana menggunakan Idioms dalam Bahasa Inggris. Pembahasan idiom lainnya bisa kamu baca di: “Idiom about Time” yang Paling Sering Digunakan.