comparative degree

Meski sudah belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di sekolah, namun masih banyak yang belum memahami dan bisa mengaplikasikan comparative degree. Comparative merupakan grammar yang membandingkan antara dua hal, bisa dua orang, benda, sifat, binatang, atau lainnya. Pada artikel ini, kamu akan belajar apa itu comparative degree beserta contohnya agar lebih mudah memahami.

Selain itu, tetap saja kamu diharuskan untuk mengetahui nama atau istilah yang akan diberikan. Oleh karena itu, ketika nantinya kamu berkesempatan masuk ke kelas bahasa Inggris lanjutan bisa dengan mudah memahami penjelasan. Tidak hanya itu, ketarampilan bahasa Inggris yang kamu miliki tentunya bisa memudahkan dalam mengajar bahasa Inggris kepada murid lainnya.

Comparative memiliki arti perbandingan. Comparative juga merupakan “the second atau middle degree of comparation”. Maka, sebelum lanjut ke penjelasan ini ada baiknya kamu sudah menyelesaikan pembelajaran degree of comparation terlebih dahulu. Comparative degree berada pada urutan perbandingan kedua. Untuk jenis pertama disebut sebagai positive degree  sedangkan yang ketiga disebut superlative degree.

Cara Membandingkan Dua Orang, Binatang, atau Benda

Meskipun pembahasan dari comparative degree merupakan perbandingan, ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan untuk itu. Seperti misalnya menggunakan correlative conjunctionas…as” atau “than”. Perbandingan dengan menggunakan “as…as” ini, lebih sering digunakan pada bentuk percakapan tidak formal  atau informal conversation.

Dalam penggunaan keduanya kamu harus hati-hati jika tidak ingin mengartikan sesuatu yang salah kepada lawan bicara. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu memahami kedua pembahasan yang berbeda ini hingga benar-benar paripurna.

Untuk pembahasan perbandingan as.. as ini, tidak memiliki perubahan dari bentuk kata benda dan adverb yang digunakan. Sedangkan, untuk comparative degree yang dibahas pada artikel ini memiliki perubahan bentuk. Sama seperti bentuk reguler dan irreguler verb yang terdapat beberapa kata dengan perubahan yang tidak tetap, comparative degree juga demikian adanya. Maka dari itulah, ada beberapa kata benda yang mengharuskan penghafalan bukan hanya sekedar menambahkan “er” untuk perbandingan dan “st” untuk yang paling.

Contoh Kalimat Perbandingan dengan As…As dan Than

Contoh kalimat perbandingan yang ingin kamu sampaikan dengan menggunakan kata “as.. as” akan dipaparkan berikut ini. Untuk satu contoh, dimana kata sifatnya itu ialah intelligent, maka kalimat yang bisa dibuatkan ialah “I am not as intelligent as my sister”, yang artinya ialah “saya tidak sepandai kakak saya”.

Contoh lainnya, yakni dari adjective “lazy”.

“I know that I am as lazy as you”, artinya ialah “saya tahu bahwasanya saya sama malasnya seperti kamu”. Sedangkan jika diubah ke dalam comparative degree bentuk ini akan menjadi, “I know that I am lazier than you”, yang artinya itu ialah “saya tau bahwa saya lebih malas dari kamu”.

Rekomendasi :  Sinonim Kata Big, Apa Saja Ya? Ini Penjelasannya

Ada sisi mudah dan tidak mudahnya dipahami untuk kedua bentuk ini. Tergantung dari pandanganmu ketika hendak memahami satu materi, karena terkadang penggunaan kosakata yang berbeda itu yang menjadi masalah. Akan diberikan contoh lain seperti paparan berikut ini, “I am not as good as she is” yang artinya ialah “saya tidak sebaik dirinya”.

Sedangkan dalam bentuk comparative akan dibuatkan kalimat seperti “she is better than me”, dimana kata “good” berubah menjadi “better” karena bentuk “comparative irreguler”.

Perubahan Bentuk pada Comparative Degree

Hal yang berubah pada bentuk comparative degree disini ialah adjective dan adverb ketika digunakan pada perbandingan. Untuk reguler form, bentuk adverb dan adjective akan mengikuti pola tertentu. Sedangkan, pada irreguler verb tidak akan ikut pola tertentu karena memiliki bentuk sendiri.

One Syllable (Satu Suku Kata)

Untuk adverb dan adjective yang hanya satu suku kata seperti big, akan mendapat penambahan suffix atau akhiran pada kata. Ada beberapa paparan yang mengatakan bahwa akan terjadi doble huruf konsonan di bagian ujung pada bentuk dasar adjective dan adverb tersebut. Untuk contoh comparative model ini yakni big menjadi bigger, small menjadi smaller, tall menjadi taller, smart menjadi smarter, dan contoh lainnya.

Untuk contoh yang ingin dibuatkan kalimat itu seperti misalnya, saya lebih pandai daripada teman dekat saya. Kalimat yang bisa dibuat ialah “I am taller than my best friend”. Perhatikan bahwa kamu tidak harus menambahkan more seperti pada bentuk comparative lainnya. Alasannya karena kata tal merupakan one syllable atau satu suku kata  yang tidak membutuhkan tambahan more sebagai perbandingan.

Contoh lain agar kamu lebih paham yaitu, I am closer than you to the river (saya lebih dekat dengan sungai daripada kamu), I can run faster (saya bisa berlari lebih kencang), I driver slower than my dad (saya berkendara lebih lambat daripada ayah saya), I can possibly finish this assigment quicker (saya kemungkinan menyelesaikan tugas ini lebih cepat), dan contoh lainnya lagi.

Rekomendasi :  Pengertian Conjunction, Jenis, dan Contoh

Adjective Yang Berasal Dari Past Participle

Jenis kata sifat yang satu ini juga harus diperhatikan dalam halnya mempelajari comparative degree. Biasanya, untuk adjective ini apabila menunjukkan suatu hal yang maknanya lebih banyak maka menggunakan “more”. Sedangkan untuk menunjukkan suatu hal yang makanya lebih sedikit maka menggunakan “less” di depannya. Kamu harus memastikan bahwa kata sifat yang digunakan bukan bentuk participle ya.

Bentuk adjective itu berubah dikarenakan maksud dan tujuan dari penyampaian kata sifat itu sendiri. Misalnya, kamu ingin menjelaskan bahwa kamu itu orangnya membosankan maka akan menggunakan boring. Sedangkan jika kamu pribadi merasa bosan, yaitu diubah menjadi bored dimana maksudnya ialah bored ini menjelaskan kata sifat. Contohnya, “I am more bored more than before” yang artinya saya lebih bosan dari sebelumnya.

Ketentuan Dua Suku Kata atau Lebih

Bentuk comparative degree yang satu ini ialah yang memiliki lebih dari satu suku kata, sehingga harus ditambahkan more di bagian depannya.

Contohnya seperti “I am more intelligent than my sister” (saya lebih cerdas daripada saudara perempuan saya,  “I have done more lesson than you” (saya telah menyelesaikan pelajaran lebih daripada yang kamu lakukan). Contoh lain, “this movie is more interesting than movie in the last week” (film ini lebih menarik daripada film minggu kemarin).

Baca juga Penggunaan Comparative And Superlative Degree

Two Syllables yang Ber-ending -y, huruf “y”

Untuk bentuk ini kamu harus ingat, bahwa perubahan adjective dan adverb ke dalam bentuk comparative harus ditambahkan ier. Seperti untuk beberapa kosakata, cloudy, easy, friendly, pretty, steady, dan lain sebagainya.

Contohnya yaitu, today is cloudier than yesterday (hari ini lebih mendung daripada kemarin), I am luckier than your ex (saya lebih beruntung daripada mantan kamu). Selain itu, masih ada banyak lagi contoh comparative degree yang bisa kamu buatkan sendiri, agar lebih memahami materi yang baru saja disampaikan.

Kampung Inggris Search :

    adjective yang berasal dari past participle materi comparative degree
vote
Article Rating