past future continuous tense

Sebelum membahas mengenai past future continuous tense, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu dipelajari dalam Bahasa Inggris. Terlebih lagi jika kamu mempelajari grammar secara otodidak, kamu harus tahu tips bagaimana cara agar lebih cepat menyerap materi grammar.

Saat ini memang Bahasa Inggris menjadi alat komunikasi yang lazim digunakan. Mulai dari bangku sekolah dasar, masyarakat sudah mulai dituntut untuk belajar berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan, Bahasa Inggris telah menjelma menjadi bahasa internasional. Jadi dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu akan mudah berkomunikasi ketika berada di luar negeri .

Namun, bukan rahasia lagi jika grammar atau tata bahasa dalam Bahasa Inggris menjadi momok tersendiri. Pada materi grammar, kamu tidak hanya belajar tentang past future continuous tense aja, melainkan juga akan dikenalkan dengan 15 tenses lainnya.

Artikel ini akan membahas 3 grammar dasar atau tenses dasar seperti past tense, present tense dan future tense. Selain itu, juga akan dibahas tips belajar bahasa Inggris yang akan memudahkanmu untuk mempelajari grammar.

Menghafal Verb atau Kata Kerja Bentuk 1, 2 Hingga 3

Untuk memudahkanmu ketika belajar tenses, Kamu harus menghafal atau memahami berbagai macam verb pada tenses. Setiap tenses seringkali menggunakan kata kerja dengan bentuk yang berbeda, sehingga kamu harus mengetahui aturan kata kerja tersebut. Mulai dari verb 1 menjadi verb 2 atau bentuk verb reguler hingga bentuk verb irregular.

Sebelum memulai mempelajari past future continuous tense kamu juga harus mengetahui penempatan preposition seperti at, in, dan on. Preposition sendiri merupakan kata yang sering dipakai untuk melengkapi keterangan waktu dan juga tempat yang terdiri dari at, in, dan on. Namun, masih banyak orang yang keliru menempatkan ketiga preposition tersebut.

Praktek Menulis Cerita

Selain mencoba berlatih dengan materi yang kamu kumpulkan melalui media internet, kamu juga perlu mencoba untuk mempraktekkannya dengan cara yang paling umum yakni membuat diary dengan Bahasa Inggris. Hal itu secara tidak langsung akan memaksa dirimu untuk berlatih menulis menggunakan Bahasa Inggris.

Menulis diary menggunakan Bahasa Inggris akan memperbanyak perbendaharaan kosakatamu. Selain itu, kamu akan belajar menggunakan grammar secara intensif seperti ketika menulis kenangan maka kamu akan menggunakan past tense. Di sisi lain, ketika kamu menceritakan tentang impian di masa depan, maka kamu musti menggunakan future tense. Media tersebut sangat efektif untuk mengingat apa saja tenses yang sudah kamu pelajari.

Rekomendasi :  Past Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Setidaknya kamu musti bisa menguasai tiga basic grammar untuk waktu lampau, sekarang dan masa depan yaitu past tense, present tense dan future tenses.

Pengertian Past Future Continuous Tense

Setelah Kamu memahami tiga basic tenses tersebut, selanjutnya kamu musti mengembangkan pembelajaran pada tenses yang lain. Tenses berikut ini biasanya digunakan pada konteks waktu yang akan sedang terjadi tetapi pada masa lampau. Selain itu, tenses yang satu ini juga digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan sebuah peristiwa yang masih dalam imajinasi. Tenses ini biasanya juga disebut past future progressive.

Past Future Continuous Tense Pada Kalimat Positif

Seperti biasanya jenis-jenis kalimat selalu terdiri dari tiga bentuk yaitu kalimat positif, kalimat negatif dan kalimat interogatif atau kalimat tanya. Untuk kalimat positif rumus dan yang digunakan adalah “subject + should atau would + be + verb1 ing + object

Contoh kalimat positif pada tenses jenis ini adalah “he would be listening to the lesson” atau “I would be studying to the youtube”. Kalimat pertama dapat diartikan, “dia akan mendengarkan pelajaran (di masa lampau)”. Sedangkan kalimat kedua diartikan, “Saya akan belajar pada youtube” (di masa lampau). Terlihat jelas bahwa pada kalimat tersebut Kamu hanya akan menambahkan kata would be setelah subjek lalu menambahkan ing pada kata kerja 1 yaitu listen menjadi listening. “Would” atau “should” merupakan bentuk lampau dari “will” dan “shall”. Cukup simpel bukan?

Keterangan waktu yang biasa digunakan yakni tomorrow, next week, on Sunday, atau before dan the day before. Contoh lainnya “uncle should be working hard” yang artinya, “paman akan bekerja keras (masa lampau)”. Kamu bisa melihat penempatan kata should be setelah subjek yaitu uncle lalu penambahan ing pada kata kerja atau verb 1 yaitu work menjadi working.

Past Future Continuous Tense Pada Kalimat Negatif

Rumus yang digunakan adalah “subject + sould atau would + not + verb 1 ing + object” perbedaannya hanya terletak pada penambahan not setelah should atau would. Contoh kalimat negatif pada tenses ini adalah “he would not be listening to the lesson” yang artinya, “dia tidak akan mendengarkan pelajaran”. Hampir sama dengan kalimat positif bukan?

Contoh lainnya seperti “my brother would not be finishing thesis last week” yang artinya “kakak saya tidak akan menyelesaikan tesis minggu lalu”. Terlihat jelas dari penambahan would be penambahan ing pada kata kerja bentuk 1. Finish menjadi finishing dan last week.

Rekomendasi :  Perbedaan Last Month Dan In The Last Month

Baca juga 16 Tenses Lengkap Dengan Rumus Dan Contoh

Past Future Continuous Tense Pada Kalimat Introgatif

Rumus yang digunakan adalah “should atau would + subject + be + verb1 ing + object” sehingga kamu hanya perlu menggeser penempatan should atau would di awal kalimat sebelum subject. Contoh kalimat introgatif pada tenses ini “would listening to the lesson?”

Contoh kalimat introgatif lainnya “would your brother be finishing tesis last week?” sehingga Kamu bisa memperhatikan penempatan would di awal kalimat. Setelah itu penempatan be setelah subjek “your brother” dan penambahan ing pada kata kerja bentuk 1 “finish”. Mudah bukan?

Ciri-ciri untuk mengetahui bahwa kalimat tersebut merupakan past future continuous tense adalah rumus yang menggunakan should atau would yang ditambah dengan present participle dan ciri-ciri lainnya adalah kata be yang diletakkan setelah kata kerja yang berarti sedang dan penambahan ing pada kata kerja bentuk 1.

Mudah bukan? Namun jika Kamu ingin cepat mempelajari semua grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris Kamu harus mengerti 3 basic grammar yang selalu dipakai dalam kalimat bahasa Inggris. Seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu past tense, present tense dan future tense. Untuk tenses yang lain hanya berubah pada penambahan kata kerja saja.

Dan perlu Kamu tahu bahwa dalam Bahasa Inggris ada 16 bentuk tenses yang merupakan perkembangan dari 3 basic tenses misalnya saja present tense yang dikembangkan menjadi simple present continuous, present perfect, dan present perfect continuous. Future tense dikembangkan menjadi simple future, future continuous, future perfect dan future perfect continuous.

Sedangkan untuk past tense bisa dikembangkan menjadi delapan bentuk tenses. Delapan bentuk tenses dari past tense tersebut adalah simple past, past continuous, past future, past perfect, past perfect continuous, past future perfect, past future continuous tense dan past future perfect continuous tense.

vote
Article Rating