Future Perfect Continuous Tense

Sebelum membahas lebih lanjut tentang future perfect continuous tense, Anda perlu tahu beberapa trik dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan supaya Anda bisa lebih efektif dalam belajar. Meskipun Anda belajar secara otodidak atau belajar sendiri di rumah, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk belajar Bahasa Inggris. Apalagi sudah banyak aplikasi yang membantu Anda lebih mudah dalam belajar.

Seperti yang Anda tahu Bahasa Inggris memang merupakan bahasa internasional, sehingga banyak orang yang mulai mempelajarinya. Bahkan beberapa orang yang sudah mulai belajar Bahasa Inggris sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak.

Namun tahukah Anda bahwa mengambil kelas privat Bahasa Inggris di tempat yang terkenal bagus dan juga mahal tidak musti cocok dengan pola belajar Anda. Jika Anda lebih suka belajar sendiri, mungkin anda bisa mencoba belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Ada banyak tenses yang perlu Anda pelajari salah satunya adalah Future Perfect Continuous Tense.

Tips yang Memudahkan Anda untuk Belajar Bahasa Inggris

Kegiatan belajar yang seru dapat memudahkan materi pembelajaran masuk pada otak. Contohnya saja dengan mendengarkan alunan musik yang enak didengar dan menggunakan syair Bahasa Inggris. Anda bisa menghafalkannya lalu mencari makna yang ada pada liriknya. Banyak yang mengatakan bahwa cara simpel yang satu ini sangatlah efektif.

Jika Anda hobi menonton film barat, biasakan untuk menonton film tanpa memberikan subtitle agar Anda terbiasa dengan percakapan Bahasa Inggris. Selain itu, tentu Anda akan berusaha untuk lebih konsentrasi dan menerjemahkan percakapan pada film tersebut. Setidaknya Anda dapat mencocokkan ucapan dengan adegan dalam film. Cara ini efektif untuk melatih listening dan menambah kosakata dalam Bahasa Inggris.

Sehingga sebelum Anda mempelajari future perfect continuous tense, langkah-langkah menyenangkan tersebut jangan sampai Anda tinggalkan. Selain itu Anda juga harus terbiasa menggunakan Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Setidaknya Anda harus mengetahui semua benda di sekitar Anda dengan Bahasa Inggris.

Misalnya saja Anda harus tahu Bahasa Inggris dari pintu, jendela, kamar atau peralatan dapur. Jika Anda terbiasa menyebutkannya dalam Bahasa Inggris, maka hal tersebut akan sangat membantu Anda. Kosakata yang Anda pahami akan bertambah, sehingga memudahkan percakapan.

Rekomendasi :  Pelajari Tips-Tips Belajar Bahasa Asing ini Sebelum Terjun Bebas

Melakukannya Secara Kontinyu /  Berkelanjutan

Memang penting mencari teman untuk belajar Bahasa Inggris agar Anda skill anda dalam berbahasa semakin terasah. Dan cara-cara diatas harus Anda lakukan secara berulang-ulang.

Tips lainnya adalah dengan membuat catatan vocabullary harian. Maksudnya adalah ketika Anda sedang berada di suatu tempat, lalu Anda menemukan banyak sekali benda baru atau ruangan baru maka catatlah kata-kata baru tersebut ke dalam buku harian. Selanjutnya, gunakan kosakata tersebut untuk membuat kalimat baru untuk latihan.

Terlihat sepele memang, tapi hal tersebut cukup efektif untuk melatih Anda lancar dalam berbahasa Inggris. Hal itu dikarenakan, sebelum Anda mempelajari 16 tenses yang ada dalam bahasa Inggris Anda perlu tahu banyak kosakata. Kosakata tersebut nantinya akan memudahkan anda dalam menyusun kalimat serta bercakap-cakap dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Mengenal Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Jika tips-tips mudah di atas sudah Anda praktekkan, maka saatnya Anda mengenal 16 tenses. Namun, sebelum Anda mempelajari lebih banyak tenses dalam Bahasa Inggris Anda perlu tahu tenses yang basic. Tenses  semacam itu yang sering digunakan, contohnya saja seperti Past Tense Perfect Tense dan Future Tense. Tenses-tenses lain hanya tenses pengembangan dari ketiga tenses basic tersebut, dan cukup jarang digunakan.

Future perfect continuous tense sebenarnya adalah salah satu bentuk kalimat yang biasa dipakai untuk tindakan yang sedang berlangsung. Bisa juga disebut berkelanjutan dimana akan dimulai pada sebuah waktu tertentu dimasa depan dan berkelanjutan hingga suatu saat nanti dalam kurun waktu yang panjang.

Jadi, Pada tenses yang satu ini akan ada referensi waktu lanjutan seperti for 5 months, since Monday, since January atau for 5 years. Adverb of time tersebut adalah ciri khas tenses jenis ini. Namun jika tidak ada referensi waktu tersebut, maka biasanya kalimat tersebut berbentuk Future Continuous Tense saja.

Future Perfect Continuous Tense dalam Bentuk Kalimat Positif

Future Perfect Continuous Tense seperti tenses lainnya yang memiliki tiga jenis kalimat yaitu kalimat positif, kalimat negatif dan kalimat interogatif. Sedangkan untuk kalimat positif rumus yang digunakan adalah

“subject + will atau shall + have + been + verb 1 ing + object + since atau for + keterangan waktu”

Contoh untuk kalimat positif ini adalah “i shall have been sitting under the tree since 7 A.M” (Saya sedang dan akan duduk di bawah pohon sejak pukul 7 pagi). Anda bisa memperhatikan tambahan kata shall have dan been setelah subject. Lalu pada kata kerja 1 ditambah dengan “ing” menjadi sitting dan setelah objek ada since atau for.

Contoh lainnya seperti “my aunt will have been visiting us tomorrow morning” yang artinya adalah “bibi saya akan telah sedang mengunjungi kami besok pagi”. Perhatikan pada penambahan will have been dan kata kerja yang ditambahkan oleh ing dari kata kerja 1 dari kata visit. Perhatikan pula keterangan waktu yaitu tomorrow morning.

Future Perfect Continuous Tense Kalimat Negatif

Sebenarnya kalimat positif dengan kalimat negatif juga hampir mirip karena hanya berbeda pada penambahan not saja. Kalimat negatif berarti penyangkalan yang menandakan tidak. Rumus yang dipakai adalah

Rekomendasi :  Penjelasan Lengkap Apa Itu Infinitive Dan Contoh Kalimatnya

“subjek + will atau shall + not + have + been + verb 1 ing + object + since atau for + keterangan waktu”

Contoh untuk kalimat negatif ini adalah “he will not have been swimming with his girlfriend for 5 hours” (Dia sedang tidak akan berenang dengan pacarnya selama 5 jam). Anda bisa memperhatikan kapan not pada contoh kalimat tersebut. Jika pada kalimat positif Anda akan menemukan tambahan will have been maka pada kalimat negatif Anda akan menambahkan will not have been.

Baca juga Pengertian Perfect Continuous Tense Disertai Rumus Dan Contoh

Future Perfect Continuous Tense Kalimat Interogatif

Untuk kalimat interogatif atau kalimat tanya peletakan will atau shall ada di awal kalimat sebelum subject seperti rumus berikut

“will atau shall + subject + have + been + verb 1 ing + object + since atau for + keterangan waktu”

Contoh kalimat interogatif pada tenses ini adalah “will you have been waiting?” atau Will they have been playing piano?” terlihat sangat simpel karena hanya mengganti peletakan will atau shall di awal kalimat sebelum subject. Dan untuk kata kerja tetap menggunakan kata kerja 1 dengan ditambah ing.

Anda juga akan sangat mudah mengenali tenses yang satu ini dengan melihat keterangan waktu nya atau juga dengan mengingat rumus pada kalimatnya. Setiap kalimat yang menunjukkan tambahan shall atau will lalu diikuti have been dan kata kerja ditambah ing adalah future perfect continuous tense.

vote
Article Rating