Pengertian Part of Speech

Ingin mempelajari bidang paling penting saat kamu ingin menguasai grammar? Part of speech adalah langkah pertama yang harus kamu tempuh kalau ingin melakukan ini. Jadi…apa pengertian part of speech dan apa saja komponen-komponen yang menyusunnya?

Pengertian Part Of Speech dalam Bahasa Inggris

Menurut Merriem Webster, pengertian part of speech didefinisikan sebagai klasifikasi jenis kata berdasarkan sifat atau fungsi yang dimilikinya dalam sebuah kalimat. Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, pengertian part of speech adalah salah satu komponen grammar yang dibagi berdasarkan pemakaiannya.

Saat kamu belajar bahasa Inggris, kamu biasanya sudah diperkenalkan pada part of speech sejak dini. Hanya saja, Kampung Inggris yakin teacher bahasa Inggris-mu jarang atau bahkan nggak pernah memperkenalkan istilah “part of speech”.

Misalnya saja tentang “verb”, apa yang kamu pikirkan saat mendengar istilah ini? Kamu pasti sudah mengerti kan kalau “verb” artinya “kata kerja”? Tapi kamu belum tentu tahu, kalau “verb” merupakan bagian dari part of speech. Sama halnya seperti noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan berbagai jenis kata lainnya.

Selengkapnya tentang komponen penyusun part of speech akan dibahas di subbab berikutnya.

Komponen Penyusun Part of Speech

Selanjutnya, admin Kampung Inggris akan membahas mengenai komponen-komponen yang termasuk dalam part of speech. Seperti namanya – “part of speech” – sebuah pemikiran (speech) hanya bisa terbentuk dari golongan-golongan kata yang utuh.

Dalam bahasa Inggris, golongan-golongan kata ini ada 8 atau 9 jenis. Tapi supaya lebih lengkap, admin Kampung Inggris LC akan menjelaskan 9 jenis Part of Speech untukmu.

Noun

Noun adalah jenis kata yang digunakan untuk nama orang, tempat, hewan, dan segala sesuatu yang berwujud kebendaan (kata benda)

Saat kamu bersekolah, materi bahasa Inggris yang paling awal kamu pelajari pastinya nama-nama benda bukan? Siapa sangka kamu sudah mempelajari salah satu komponen part of speech di usia yang sangat belia?

Di dalam kalimat, noun bisa digunakan sebagai subject mau pun object kalimat. Contoh noun misalnya nama orang (Haley, Cole, Dylan, Ainun, etc), nama hewan/tanaman (dog, cat, rose, etc), dan istilah-istilah lain untuk menyebut benda.

Adjective

Setelah noun, part of speech selanjutnya yang perlu kita bahas adalah adjective, atau singkatnya kata sifat.

Menurut Cambridge Dictionary, adjective adalah kata-kata yang berfungsi memberikan deskripsi mengenai sebuah noun atau pronoun. Deskripsi yang dimaksud meliputi karakteristik, jenis, hingga sifat noun/pronoun yang disebutkan.

Rekomendasi :  Bagaimana Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Contoh adjective misalnya seperti good, bad, beautiful, ugly, dark, yellow, mysterious, angry, etc.

Verb

Verb adalah part of speech yang digunakan untuk mendeskripsikan/menjelaskan sebuah aksi, kondisi, atau sesuatu yang dialami seseorang (kata kerja).

Sebenarnya saat kamu belajar, kamu bakal mengenal banyak jenis verb nih, LCers. Tapi sebenarnya ada tiga jenis verb aja yang harus kamu ingat terus, yaitu action verb, modal verb, dan auxiliary verb.

  • Action verb: verb yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang dilakukan/terjadi, ini adalah verb biasa seperti read, write, ride, hold, dst.
  • Modal verb: verb yang digunakan untuk menjelaskan potensi/kemungkinan terjadinya action verb, meliputi can, could, will, shall, must, might, dst.
  • Auxiliary verb: verb yang digunakan untuk menyokong jenis kata lain supaya kalimatnya terbentuk sempurna. Jika berdiri sendiri, biasanya auxiliary verb tidak memiliki makna, contohnya is/am/are, was/were, dst.

Pronoun

Pada bahasan adjective tadi, istilah pronoun telah disebutkan dua kali, tapi sebenarnya apa itu pronoun?

Pronoun didefinisikan sebagai kata yang digunakan sebagai pengganti noun atau pun noun phrase. Dalam bahasa Indonesia pronoun adalah sebutan untuk “kata ganti orang”.

Kalau dilihat dari fungsinya dalam kalimat, pronoun dibagi menjadi lima jenis, yaitu subject pronoun, object, possessive adjective, possessive pronoun, dan reflexive pronoun.

Ada banyak banget ya pronoun itu?! Kalau kamu masih kurang paham, mending kursus langsung ke Kampung Inggris Pare dong hehehe 😀

Adverb

Adverb adalah part of speech yang digunakan untuk menjelaskan lebih banyak informasi dari sebuah noun, pronoun, adjective, mau pun verb.

Saat kamu menggunakan adverb dalam sebuah kalimat, informasi yang terkandung dalam kalimat tersebut akan jadi lebih luas. Misalnya sebuah kalimat hanya berbunyi seperti ini: “I’m walking”, setelah ditambahi adverb bunyinya menjadi “I’m walking slowly”.

Berdasarkan informasi yang dikandungnya, adverb dibagi menjadi lima, meliputi adverb of time, manner, degree, place, dan frequency.

Determiner

Dalam bahasa Inggris, determiner diartikan sebagai kata yang digunakan untuk menjelaskan kualitas atau kuantitas dari sebuah noun. Ada beberapa determiner yang berbentuk sebagai keterangan terukur. Dan ada pula beberapa determiner yang keterangannya tidak bisa diukur.

Dibandingkan dengan komponen part of speech lainnya, determiner-lah yang paling banyak memiliki jenis. Determiner memiliki 8 atau 9 tipe, yang secara keseluruhan bisa kamu pahami melalui postingan berikut ini.

Rekomendasi :  Cara Membaca Jam Dalam Bahasa Inggris

Preposition

Preposition adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kata atau frasa untuk membentuk sebuah kalimat dengan informasi baru. Biasanya preposition terletak di tengah dua kata atau frasa, dan diikuti oleh dependent clause.

Dalam bahasa Inggris preposition ada tiga jenisnya, meliputi:

  • Preposition of time : preposisi untuk menunjukkan keterangan waktu
  • Preposition of place : preposisi untuk menunjukkan keterangan tempat
  • Preposition of movement : preposisi untuk menunjukkan pergerakan atau perpindahan.

Contoh preposition misalnya in, on, at, after, before, during, through, dan seterusnya.

Conjunction

Dalam kalimat, conjunction memiliki fungsi yang mirip dengan preposition. Bedanya, preposition digunakan untuk menghubungkan dua kata, frasa, atau klausa sehingga membentuk makna yang lebih lengkap.

Sedangkan conjunction digunakan untuk menghubungkan dua kata yang sebenarnya berasal dari dua kalimat berbeda. Akan tetapi supaya lebih efektif, dua kalimat tersebut dihubungkan dengan conjunction.

Berdasarkan fungsinya, conjunction dibagi menjadi tiga jenis, yaitu coordinating, correlative, dan subordinating conjunction.

  • Coordinating conjunction : untuk menghubungkan dua kalimat yang kedudukannya setara, baik berbanding lurus mau pun terbalik, misalnya for, and, but, yet, so, dst
  • Correlative conjunction : untuk menghubungkan dua kalimat yang menunjukkan adanya dua opsi, misalnya either/or, neither/nor, dst
  • Subordinating conjunction : untuk menghubungkan kalimat dependen (bergantung) dan independen (tidak bergantung), misalnya because, since, although, dst

Interjection

Dalam bahasa Inggris, interjection adalah kata yang digunakan untuk mengekspresikan suatu emosi. Secara literal kata-kata interjection sebenarnya tidak memiliki definisi. Akan tetapi penggunaannya di kondisi-kondisi tertentu memberikan makna bagi interjection.

Misalnya saat merasa jijik akan sesuatu, biasanya para English native mengucapkan kata “yikes!” untuk mengungkapkan perasaannya. Contoh lainnya adalah saat kaget, para native biasa menggunakan ungkapan “oh my!”. Padahal jika dilihat secara grammar, ungkapan tersebut kurang tepat.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian part of speech dari Kampung Inggris Pare! Kalau kamu ingin kursus bahasa Inggris dengan lebih baik, Kampung Inggris Pare harus jadi pilihanmu ya, LCers! Terus semangat mempersiapkan masa depanmu dengan bahasa Inggris, ya, best regards!

Kalau kamu ingin mempelajari materi seru lain dari Kampung Inggris Pare, yuk klik materi satu ini: 16 Tenses Lengkap, Rumus, dan Pembahasannya