Panduan Memilih Kamus Bahasa Inggris

Bagi para pembelajar bahasa Inggris, kamus adalah benda keramat yang wajib banget kamu miliki. Memang sih, kamus bahasa Inggris notabene berat banget, apalagi kalo yang dibawa kamus Longman atau semacamnya! Nevertheless, kamu harus tetap punya kamus bahasa Inggris, ini Kampung Inggris punya panduan memilihnya.

Kelebihan Kamus Hardbook Dibanding Kamus Online

Kalau kamu dikasih pertanyaan, lebih baik mana kamus hardbook atau Google Translate, apa jawabmu? Oke, Google Translate emang sangat handy, tapi biasanya hasil translate-nya kurang akurat. Tapi ada jauh lebih banyak kelebihan kamus hardbook yang harus kamu tahu lho, ini penjelasannya.

Membaca Buku Lebih Sehat Dibanding Layar Smartphone/PC

Pastinya kamu sudah tahu bagaimana efek penggunaan smartphone kepada otak penggunanya. Riset tentang topik ini sudah dilakukan puluhan kali dengan berbagai lingkup studi.

Menurut penelitian Pediatrics, smartphone juga bisa merusak kemampuan mengolah emosi. Dan masih banyak kekurangan-kekurangan lain dari smartphone!

Ini belum menghitung, radiasi dari layar smartphone yang bisa merusak penglihatan. Kalau kamu terlalu sering menggunakan kamus online untuk belajar, kamu bisa merusak matamu perlahan-lahan.

Jadi nggak ada salahnya bukan, belajar bahasa Inggris pakai kamus hardbook?

Lebih Mudah Dibaca dan Direview

Nggak bisa dipungkiri, kamus hardbook jauh lebih mudah dibaca dan ditandai. Misalnya, kamu sedang mencari 2 – 3 kata yang berbeda huruf. Saat kamu membuka kamus, kamu bisa membuka lebih dari satu halaman sekaligus. Ini akan mempercepat kamu dalam memahami arti kata-kata yang kamu cari.

Coba bayangkan kalau kamu menggunakan kamus online. Kamu harus memilih situs-situs yang paling benar terjemahnya (Bahkan Google Translate nggak membantu!). Belum lagi harus buka tab baru, ketik kata-kata di kolom pencarian, terlalu lama!

Bisa Ditandai Bagian-Bagian Pentingnya

Kalau kamu belajar bahasa Inggris menggunakan kamus online, kamu akan kesulitan menandai kata-kata penting yang kamu cari. Soalnya setelah selesai memakai, kamu akan langsung menutup kamus tersebut, sehingga riwayat pencariannya akan hilang setelah beberapa saat.

Saat kamu menggunakan kamus asli bukan Google Translate, kamu bisa menandai semua vocab yaang nggak pengen kamu lupain. Asal kamu menandainya menggunakan high lighter, kamu pasti bisa menemukan kata-kata yang pernaha kamu cari dengan mudah.

Lebih Lengkap dan Berorientasi Pembelajaran

Tujuan Google Translate bukan untuk pembelajaran, tapi sebagai penyedia terjemah secara instan. Oleh karena itu, vocabulary yang ada di dalamnya tidak detail, bahkan cenderung nggak lengkap.

Berbeda dengan saat kamu menggunakan kamus asli, yang jauh lebih detail. Lebih dari itu, kamu juga akan mendapat berbagai referensi arti dan cara menggunakannya dalam kalimat.

Baca Juga  15 Peribahasa dalam Bahasa Inggris Yang Artinya Sama dengan Peribahasa Indonesia

Google  Translate memang memberikan referensi arti bermacam-macam, tapi tidak mencantumkan contoh penggunaannya sama sekali.

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris

Jadi gimana, apa kamu udah sepakat sama mimin kalau kamus hardbook lebih ampuh daripada Google Translate?

Nah, tapi sekali lagi, kamu nggak bisa asal-asalan milih kamus bahasa Inggris lho. Lagi-lagi, kamu harus belajar selektif jika tidak ingin membuang-buang uang untuk beli kamus yang ternyata nggak terlalu berguna. Selengkapnya tentang tips memilih kamus bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

Pilih Kamus yang Benar-Benar Bagus

Pernah dengar kamus 300 Juta, 500 Milyar, sampai 700 Trilyun? Padahal jangankan 700 Trilyun, kamus-kamus semacam ini maksimal berisi sekian ratus kata saja. Terlebih, artinya seringkali tidak lengkap dan sangat tekstual. Padahal bahasa Inggris itu sangat dinamis, lho, karena satu kata bisa punya arti yang berbeda.

Kalau ingin membeli kamus untuk belajar bahasa Inggris, sebaiknya beli kamus-kamus yang sudah direkomendasikan. Kamu bisa membeli kamus yang dikeluarkan oleh institusi resmi, seperti kamus Oxford, Cambridge, atau Longman.

Pertimbangkan Usia dan Kebutuhan

Sebelum memilih kamus, sebaiknya pertimbangkan siapa yang akan menggunakannya. Kalau kamu membelikan kamus untuk adikmu yang masih TK, sebaiknya belikan yang kamus bergambar saja.

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan tujuan membeli kamus. Sebagai contoh, kamu ingin travelling ke luar negeri, sebaiknya kamu beli kamus saku aja, jangan kamus besar. Akan tetapi kalau kamu membeli kamus untuk belajar bahasa Inggris intensif, sebaiknya gunakan kamus lengkap seperti yang udah disarankan, ya.

Tidak Perlu Pakai Kamus Indonesia-Inggris

Selama ini, para pembelajar bahasa Inggris berpendapat bahwa, sebagai permulaan sebaiknya menggunakan kamus Indonesia-Inggris saja. Padahal hal itu malah bisa mempersulitmu mempelajari grammar lho!

Jika ingin belajar secara serius, kamu sebaiknya langsung menggunakan kamus Inggris-Indonesia.

Makin Tebal Makin Baik

Semakin tebal kamus, itu berarti pembendaharaan katanya semakin banyak. Selain itu, bisa saja kamus tersebut memberi penjelasan lebih luas tentang definisi sebuah kata dan cara menggunakannya.

Serius, ini merupakan pengalaman pribadi admin. Saat pertamakali belajar bahasa Inggris dengan intensif, admin langsung menggunakan kamus yang lengkap. Saking lengkapnya kamus tersebut, bahkan kata “go” memiliki keterangan sampai satu halaman penuh. Keterangan tersebut meliputi definisi dan contoh penggunaannya.

Beli Versi Aslinya

Saat kamu beli kamus, jangan lupa beli yang asli, ya, jangan beli yang bajakan! Selain untuk menghargai, kamus versi asli biasanya dibuat dengan bahan yang lebih bagus, sehingga lebih awet.

Kalau ingin membeli kamus versi asli, sebaiknya kamu datang langsung ke toko buku yang resmi. Kamu juga bisa membelinya via internet, asal sang penjual telah menjamin keaslian barang dagangannya terlebih dulu.

Tips Membaca Kamus Bahasa Inggris

Nah, sekarang kamu sudah siap nih, membeli kamus bahasa Inggris yang bagus untuk belajar! Tapi sebelumnya, kami punya satu tips baca kamus yang harus banget kamu lakukan.

Baca Juga  Mempelajari Types of Nouns Beserta Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Yaitu…Pelajarilah simbol fonetik dalam bahasa Inggris!

Menurut International Phonetic Alphabet, simbol fonetik adalah representasi bunyi huruf yang didasarkan pada bunyi huruf Latin. Pemakaian simbol fonetik bertujuan untuk memberi contoh pada pembaca  mengenai bagaimana seharusnya sebuah huruf diucapkan.

Tenang, kamu nggak perlu menghafalkan simbol fonetiknya kok. Akan lebih bagus memang kalau kamu bisa menghafalnya, tapi nggak hafal juga nggak masalah. Asal kamu tetap paham pronunciation dan rajin mempraktikkannya.

FYI, berikut ini daftar simbol fonetik beserta bunyinya dalam bahasa Inggris, stay tuned!

Short Vowel

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
ɪ Hampir mirip seperti: sate Hymn, kit, bid, minute
e Hampir mirip seperti: ember atau bebek Bed, head, dress
ɒ A ditambah sedikit O Odd, wash, lot
ʌ Seperti ə + ɑː Mud, love, blood
ʊ Seperti ə +u Good, foot
ɜː Seperti ə + r Stir, learn, nurse, refer
æ Seperti a + e Cat, laugh, plain
ə Seperti mengucapkan: jembatan Common, standard, about

Long Vowel

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
i ditekan Sea, machine, fleece
u ditekan Two, goose, group
ɑː a ditekan Father, start
ɔː o ditekan Law, war, north
ea ditekan Fair, various, square

Diphthong Vowel

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
 Ei Break, face
ai High, price
əʊ Eu Show, goat
Au Now, mouth
ɔɪ Oi Boy, choice
ɪə Iye Near, here
Eye Fair, various
ʊə Ue Poor, cure

Fricatives Consonant

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
f f ditekan Coffee, fat, fun
v v ditekan Heavy, view
Θ Tsa Author, thing
ð Dja Other, smooth
z z ditekan Zero, buzz
ʃ Syi Ship, national
ʒ Z+h Vision, pleasure
h h ditekan Whole, ahead

Plosives Consonant

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
p p ditekan Copy, happen
b b ditekan Back, job
t t ditekan Tea, button
d d ditekan Ladder, day
k k ditekan Clock, school
g g ditekan Ghost, gay, get

Affricates Consonant

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
Che (pengucapan tebal) Match, nature
Je (pengucapan tebal) Age, soldier

Nasals Consonant

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
m m Sum, hammer
n n Know, funny
ŋ ng Anger, ring, sing

Approximants Consonant

SYMBOL PRONUNCIATION EXAMPLE
l l Feel, light
r r Right, sorry
j y Use, yet
w w When, wet

 

Itulah informasi lengkap mengenai tips memilih kamus bahasa Inggris sekaligus membacanya! Jadi kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan serius, jangan lupa segera cari kamus seperti yang udah direkomendasikan di atas.

Kalau kamu nggak sanggup belajar bahasa Inggris sendirian, langsung datang ke Kampung Inggris Pare aja, ya! Di sini kami selalu siap membimbingmu belajar dari dasar sampai mahir, pokoknya dijamin deh!

Kalau kamu ingin belajar jauh lebih banyak lagi, coba klik materi ini: Penggunaan Also, Too, As Well dalam Bahasa Inggris