noun adalah

Noun adalah kata benda, jika diartikan menurut kosakata singkatnya. Apabila dijelaskan, maka noun merupakan sebuah kata yang berfungsi untuk menyatakan sebuah tempat, benda, hewan, dan juga termasuk orang. Noun atau kata benda ini merupakan satu dari delapan part of speech yang memang penting untuk dipahami.

Hampir semua orang tahu, bahwasanya ada banyak pelajar mengalami kendala dalam berbahasa Inggris, yaitu masalah mengenali apakah suatu vocab dalam Bahasa Inggris termasuk noun jenis mana. Misalnya saja jen is warna ternyata juga termasuk ke dalam noun

. Maka, tak heran jika ada banyak dari kita yang mengalami kebingungan dalam hal membedakan ini.

Untuk itu, dengan mempelajari bahasan ini lebih maksimal diharapkan akan lebih mudah memahami apa itu noun. Jika tidak dikenali dengan baik, maka akan sulit untuk diubah ke dalam bentuk lain seperti noun phrase atau lainnya.

Fungsi Noun di Dalam Kalimat

Sebelum mempelajari suatu materi lebih panjang dan lanjut, akan lebih baik jika Anda memahami hal-hal dasarnya terlebih dahulu. Karena, jika terus lanjut namun melewatkan materi yang tidak kalah penting akan menimbulkan masalah. Seperti misalnya Anda akan kesulitan memahami materi yang lebih sulit, dan ternyata, materi tersebut masih memiliki hubungan dengan materi sebelumnya yang tidak Anda pahami.

Dalam satu kalimat, ada banyak fungsi dari noun yang harusnya dipahami. Kenapa Anda harus memahami pembahasan ini? Karena, ketika Anda melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris pastinya Anda akan mengalami kebingungan. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa siasati dengan mengetahui pembahasan lanjutan dari materi ini bukan hanya sekedar kata benda saja.

Fungsi noun pertama dalam satu kalimat bisa sebagai subject of verb yang memiliki arti subjek kata kerja. Untuk contoh yang bisa diberikan ialah “Tono has studied Biology for more than 10 years”, artinya ialah “Tono sudah mempelajari Biologi selama lebih dari 10 tahun”. Untuk fungsi kedua ialah sebagai subjek atau objek complement.

Untuk contoh yang bisa Anda pahami ialah seperti “I am a President, She is a Dentist, He is a Broker” yang mana ini posisinya sebagai subjek complement. Sedangkan untuk objek complement contohnya bisa seperti, I call her the best mommy, He called me little prince, She called me Princess, dan lainnya. Artinya ialah Saya memanggilnya ibu terbaik, dia memanggil saya pangeran kecil, dan dia memanggil saja ratu.

Noun adalah tidak hanya kata benda saja karena berfungsi juga sebagai direct dan indirect object. Contoh untuk direct objek seperti I can hold all my feelings, artinya saya bisa menahan seluruh perasaanku. Sedangkan untuk contoh indirect objek adalah seperti My mom teaches me how to cook well. Artinya ibuku mengajarkan saya bagaimana caranya memasak dengan baik.

Macam-Macam Noun

Untuk lebih fasih dan expert dalam materi noun, ada baiknya Anda juga tau apa saja pembagian dari noun. Berikut untuk pembagian jenis noun antara lain common noun, abstract, proper noun, collective noun, dan juga concrete noun.

  1. Countable dan Uncountable Noun

Jika diartikan bahwasanya countable ialah sesuatu yang bisa dihitung, sedangkan uncountable merupakan sesuatu yang tidak bisa dihitung. Untuk materi countable noun dan uncountable juga keduanya memiliki pembahasan mengenai reguler dan irreguler. Untuk mengetahui pembagian ini, Anda diharuskan untuk menghafal.

Rekomendasi :  15 Tips Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Lebih Cepat

Kenapa? Karena ada beberapa jenis yang tidak reguler sama halnya seperti bahasan irreguler verb. Anda tidak bisa hanya menambahkan “s” saja pada kosakata noun yang dimaksud. Namun, ada pula beberapa noun yang harus ditambahkan “es” yang disesuaikan dengan vocab bentuk dasarnya.

Untuk pembahasan contoh merupakan berikut ini:

How many teeth does your brother have right now? Berapa banyak gigi yang dimiliki saudara laki-lakimu sekarang? Disini, bentuk noun yang dijelaskan ialah irreguler countable noun.

  1. Proper dan Common Noun

Proper merupakan penggolongan kata benda yang dibahas secara spesifik. Kata benda yang digunakan ini menggunakan huruf kapital yang ada pada huruf awal. Seperti contohnya untuk iPhone, Zara, Vincci, Gucci, dan lainnya. Sedangkan, untuk common noun merupakan kata benda yang dibahas secara umum seperti shop, city,dan lainnya.

  1. Abstract dan Concrete Noun

Untuk pemahaman Abstract Noun ialah kata benda yang tidak dapat diamati oleh penginderaan seperti love, feeling, thought, dan lainnya. Kebalikan dari ini, untuk concret noun merupakan sesuatu yang bisa dilihat dengan fisik seperti flour, book, dan lainnya.

  1. Collective Noun

Untuk pembahasan selain lainnya seperti Collective Noun yang merupakan suatu nama kelompok atau kumpulan.

Pastikan bahwa Anda memahami bahasan dari jenis dan macam-macam Noun yang dijelaskan di atas sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya ya.

Noun Phrase dan Compound Noun

Noun ternyata dapat membentuk frasa lainnya yang dikenal juga dengan istilah Noun Phrase. Frasa ini merupakan hasil kombinasi dari noun dengan bentuk modifier seperti determiner dan lainnya. Bentuk modifier determiner ini seperti misalnya (a, an, this, that, her, such, each, every, dan lainnya).

Rekomendasi :  Memahami Perbandingan dengan Memakai Compare With dan Compare To

Sedangkan kombinasi noun dengan adverb (too, very, so, dan lainnya) juga ada. Terakhir, noun phrase juga ada kombinasi antara noun dengan adjective seperti intelligent, lovely, stubborn, dan lainnya.

Bentuk contoh yang bisa diberikan pada bentuk Noun Phrase adalah seperti this dog, that man, beautiful women, such a worse day, dan juga contoh lainnya. Noun juga ternyata berkombinasi dengan part of speech lain seperti prepositional phrase atau adjective. Hasil dari kombinasi ini ternyata mampu membentuk yang namanya makna baru atau biasa dikenal juga dengan compound noun.

Contoh kombinasi noun dengan noun adalah toothpaste, perpaduan antara noun dengan verb bisa seperti rainbow. Kombinasi lainnya noun ada juga noun dengan prepositional phrase seperti mother-in-law, sister in law, atau brother in law. Untuk kombinasi dengan adjective dan noun cupboard, blackboard.

Baca juga Pengertian Compound Noun, Jenis, dan Contoh Lengkap

Noun Substitute

Pembahasan terakhir untuk noun berhubungan dengan Gerund, Noun Clause, Infinitive, dan selanjutnya.

  1. Gerund

Bentuk ini merupakan sederhana dari verb yang ditambahkan akhiran ing. Namun, Anda harus hati-hati dengan jenis lain dari verb ing yang memiliki makna lain juga.

Contoh kalimat untuk Gerund ialah seperti I love talking, my brother loves swimming in the pool, my mom is scared of swimming, dan my father hates reading so much.

  1. Noun Clause

Noun clause adalah sebuah dependent clause yang digunakan sebagai noun. Contohnya seperti I know what he meant, I wonder if he will be okay or not.

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, baik dari kosakata maupun komunikasi dengan Bahasa Inggris, maka Anda harus mempelajarinya dari hal dasarnya. Salah satunya Anda harus mengerti sebuah kata yang berguna untuk menyatakan suatu tempat, benda, termasuk manusia.