meningkatkan percaya diri berbicara bahasa inggris

Apa yang kamu pikirkan tentang seseorang yang mahir dalam berbahasa inggris?. Apakah dia yang memiliki pengetahuan grammar lengkap beserta segala rumus yang ada. Atau dia yang bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar?. Jika kamu memilih jawaban yang kedua kamu tidak sendirian. Menurut sebagian besar orang indikator mahir atau tidak nya seseorang dalam berbahasa inggris adalah skill berbicara nya. Orang tidak akan terlalu melihat skill reading atau pun writing yang bisa kamu lakukan. Jika dalam hal reading atau writing kamu sudah juara tetapi kamu belum bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar maka nilai mu pun akan berkurang di hadapan mereka.

Banyak orang yang sebenar nya sudah cukup matang dalam pengetahuan bahasa inggris nya. Tetapi mereka belum cakap dalam berbicara bahasa inggris. Salah satu penyebabnya adalah kurang nya rasa percaya diri dalam dirinya. Jika kamu salah satunya yuk coba tips jitu dari kami untuk bisa meningkatkan percaya diri berbicara bahasa inggris.

Tips Meningkatkan Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris

1. Mulailah dari simple english

Jika kamu bingung ingin memulai berbicara dari mana mulai saja dari simple English. Meskipun segala teori sudah kamu pahami tetapi memang bukan hal mudah untuk bisa menerapkan nya secara langsung dalam skill berbicara atau speaking. Bahasa inggris dengan susunan yang sederhana akan membantu proses latihan dalam berbicara. Tidak harus menggunakan vocabulary yang “keren”, vocabulary sederhana justru menjadi langkah awal dalam proses peningkatan kepercayaan diri berbicara bahasa inggris.

2. Grammar memang penting, tapi jangan terlalu fokus pada grammar

Ketika kita belajar bahasa inggris kita pasti akan mengenal grammar. Dalam beberapa hal grammar dirasa penting untuk memberi penjelasan terhadap konteks kalimat tertentu. Beda grammar beda arti begitu lah kira-kira. Ketika kamu belajar berbicara bahasa inggris grammar pun tidak bisa dipisahkan. Kamu harus mengetahui seperti apa susunan suatu kalimat yang benar untuk bisa di ucapkan.

Tapi jangan sampai juga kamu terlalu fokus pada grammar. Hal ini bisa membuat kamu jadi terus berpikir ulang ketika ingin berbicara dalam bahasa inggris. Bisa-bisa kamu jadi tidak pernah berani berbicara bahasa inggris. Lakukan saja guys dengan pengetahuan yang kamu miliki. Semakin banyak kamu berbicara kamu akan mengetahui kesalahan grammar dan semakin cepat bisa untuk memperbaikinya.

3. Melatih kemampuan speaking dengan cara mendengar dan mengulangi

Listening adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking. Untuk bisa percaya diri berbicara bahasa inggris jangan hanya sekedar melakukan latihan mendengar saja guys. Ketika kamu melakukan latihan listening dengan lagu atau menonton video bahasa inggris jangan hanya didengar saja. Tetapi kamu juga harus mengulangi kata-kata atau bagian yang menarik. Ulangi hingga beberapa kali untuk bisa mendapatkan cara pengucapan yang tepat.

4. Cari teman berlatih dan lakukan praktik

Untuk bisa percaya diri berbicara bahasa inggris kamu sangat perlu untuk terus melakukan praktik. Berlatih seorang diri memang bisa menjadi pilihan. Tetapi kamu pasti akan menemukan beberapa kesulitan. Hal yang kamu butuhkan adalah mencari teman untuk berlatih. Cari teman yang memiliki tujuan sama dan tetapkan peraturan wajib berbahasa inggris ketika sedang bersama. Bisa juga dari lingkungan terdekat, misalnya keluarga. Kamu bisa membuat kesepakatan untuk memberlakukan hari wajib berbahasa inggris untuk meningkatkan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris.

5. Jangan pernah takut salah

Belajar dari kesalahan, ini juga harus kamu terapkan ketika belajar berbicara bahasa inggris. Kamu tidak perlu takut salah bahkan ketika berbicara dihadapan banyak orang. Kamu hanya perlu mengeluarkan segala kemampuan yang kamu miliki. Jika ada yang memberikan koreksi jangan pernah merasa sakit hati. Justru kamu harus menerima masukan tersebut sebagai evaluasi kemampuan diri. Semakin sering kamu berlatih berbicara maka kesalahan-kesalahan pun akan semakin kecil kamu lakukan.

Sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Dengan menerapkan 5 tips untuk meningkatkan percaya diri berbicara bahasa inggris di atas kamu akan dibuat terus melakukan praktik. Semakin banyak praktik yang kamu lakukan maka kepercayaan diri dalam berbicara bahasa inggris pun akan semakin meningkat. Speak English dengan mahir pasti bisa kamu dapatkan.

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris.

  • 1
    Share