belajar bahasa inggris untuk anak

Siapa bilang belajar hanya bisa dilakukan di dalam ruangan keas atau menggunakan buku pelajaran saja. Terdapat banyak metode menarik lainnya yang bisa menjadi alternatif belajar yang lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan beberapa jenis games atau permainan yang membuat suasana belajar menjadi lebih hidup. Games atau permainan tersebut juga tidak hanya identik dengan kegiatan anak kecil. Proses belajar sambil bermain memang sangat cocok untuk dipraktikkan untuk semua usia karena metode ini bisa memberikan suasana pembelajaran bahasa Inggris yang lebih interaktif. Kamu juga bisa menggunakan permainan di bawah ini sebagai sarana belajar bahasa inggris untuk anak.

Namun kamu harus tahu bahwa bermain sambil belajar Bahasa Inggris tidak bisa dilakukan dengan asal. Melainkan, di dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode bermain sambil belajar harus mempunyai semacam program bermain yang sudah direncanakan atau terstruktur sebelumnya. Jadi menggunakan program tersebut harus benar terarah supaya mereka tetap bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari suatu proses pembelajaran dengan metode bermain tersebut.

Word Match

Permainan ini menggunakan konsep mencocokkan kata demi kata. Tentu saja permainan ini sangat cocok bagi untuk mengembangkan pengetahuan bahasa Inggris. Tujuan dari permainan word matching ini adalah melatih kata antonim dan juga sinonim. Mungkin beberapa dari anak-anak, apabila mendengar sebuah kata langsung tertarik untuk mencari pasangan dan lawan kata yang sudah kamu sebutkan. Nah, sudah pasti word match game ini sangat cocok dan membantu anak-anak bisa menambah kosakata baru.

Caranya mudah sekali, sebagai instruktur, kamu hanya perlu menyiapkan kata-kata mudah untuk dicari persamaan dan lawan katanya. Setelah kata-kata tersebut sudah siap, instruktur bisa memberikan kata tersebut untuk dicari persamaan dan lawan katanya. Pemenang dari permainan tersebut bisa dinilai dari kecepatan dan ketepatannya.

Simon Says

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan permainan ini dan bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran Bahasa Inggris. Permainan ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, tak heran jika anak-anak pasti menyukainya. Kamu bisa mengumpulkan beberapa pemain dan membuat lingkaran besar. Kemudian kamu bisa menjadi instruktur atau kamu juga bisa menunjuk satu orang relawan untuk menjadi instruktur di tengah lingkaran. Instruktur akan memberi perintah dengan mengucapkan “Simon Says …..”, contoh “Simon says raise your left hand” maka semua peserta harus mengangkat tangan kiri mereka. Jika ada beberapa anak yang tidak menuruti perintah tersebut maka mereka kalah atau mundur dari permainan. Anak-anak secara tidak langsung diminta untuk mengingat kosakata bahasa inggris tersebut dan melakukannya.

Observe and remember games

Dalam permainan ini, peserta akan dilatih untuk mengamati sekaligus mengingat apa yang sudah mereka lihat dengan menggunakan bahasa inggris. Cara untuk memainkan permainan ini juga mudah. Instruktur terlebih dahulu mempersiapkan beberapa jenis benda kecil yang terbilang mudah untuk dikenali, seperti pensil, penghapus, buku, dan masih banyak lainnya. Setelah benda tersebut sudah siap, letakkan benda tersebut di atas meja. Ketika benda sudah diletakkan di atas meja, peserta diminta untuk mengamati satu demi satu benda yang tersedia di atas meja selama kurang lebih 2 menit. Setelah waktu yang ditentukan habis, pemain bisa dipersilahkan untuk duduk, dan menuliskan benda apa saja yang sudah mereka lihat di atas selembar kertas menggunakan Bahasa Inggris. Nah dari situ, siapa yang bisa menuliskan benda tersebut dengan benar dan sebanyak-banyaknya, maka dia adalah pemenangnya.

What’s missing game

Sebenarnya konsep dari permainan ini juga hampir sama dengan observe and remember game, yaitu instruktur harus menyiapkan sekitar 10 gambar untuk diidentifikasi oleh peserta dengan teliti. Setelah mereka sudah mengidentifikasi gambar tersebut, instruktur meminta pemain untuk menutup mata sebentar. Ketika pemain sedang menutup mata, instruktur mengambil gambar tersebut lalu mengacak posisi tempatnya dan kembali menampilkan gambar apa yang sudah ditunjukkan. Kemudian, pemain diminta untuk membuka matanya dan mencari tahu gambar apa yang tidak ada di dalam 10 gambar tersebut. Nah, jika pemain mampu menjawab dengan benar gambar yang hilang tersebut maka dia pemenangnya.

Crossword puzzle games

Permainan ini adalah sebuah games yang sudah diminati sejak dulu. Dalam bahasa Indonesia permainan ini dikenal dengan teka-teki silang. Pasti sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara memainkan permainan ini. Pemain hanya perlu menjawab pertanyaan dan mengisinya pada kotak putih dengan jawaban yang sesuai dengan jumlah kotak tersebut. Manfaat dari game ini untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah memperkaya kosakata Bahasa Inggris. Selain itu permainan crossword ini juga bisa melatih daya ingat dikarenakan pemain harus bisa menjawab pertanyaan dari crossword tersebut. Selain itu, game ini juga bisa menambah pengetahuan baru  tentang sesuatu yang belum pernah diketahui oleh pemain.

Jangan menunggu lebih lama lagi, yuk mulai ajak anak belajar bahasa inggris melalui games di atas. Sarana belajar berupa games akan membuat anak jadi bisa bahasa inggris tanpa paksaan.

Baca jua tips lainnya yuk: 4 Tips Ini akan Memudahkan Anak-anak Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu!