word classes

Word classes atau kelas kata merupakan golongan kata yang ada dalam sebuah bahasa. Pembagian kelas kata tersebut dibedakan berdasarkan beberapa kategori seperti bentuk kata, fungsi serta makna dalam sistem grammar yang berlaku dalam bahasa tersebut. Pengetahuan mengenai kelas kata merupakan hal penting karena mutlak dibutuhkan untuk menyusun kalimat yang baik dan baku sesuai kaidah yang berlaku.

Dalam bahasa Inggris; terdapat beberapa kategori word classes atauparts of speech berdasarkan peran yang diemban oleh sebuah kata di dalam sebuah kalimat. Beberapa kata bisa jadi menempati beberapa kategori karena bisa memiliki makna berbeda dalam sebuah struktur kalimat. Berikut ini Word classes dalam bahasa Inggris yang utama :

1. Noun / Kata Benda

Noun atau kata benda merupakan kata yang mengidentifikasi sesuatu; dapat berupa benda, orang, ide atau kejadian. Jenis kata ini terbilang mudah untuk dikenali dan juga paling sering muncul dalam sebuah kalimat. Subyek dan obyek yang ada dalam sebuah kalimat umumnya merupakan kata benda.

Noun dapat dikenali dalam bentuk nama dari suatu benda, tempat, orang ataupun ide.

Contoh :

Sally, London, cat, sadness, kindness.

Contoh kalimat :

Sally is going to London, she left her cat at home in Manchester.

Sally pergi ke Londoh, ia meninggalkan kucingnya di rumah yang ada di Manchester.

2. Pronoun / Pengganti Noun

Pronoun sesuai dengan sebutannya merupakan pengganti dari noun atau kata benda. Sebuah pronoun akan memiliki fungsi atau peran yang sama dengan noun atau noun phrase. Penggunaan pronoun dimaksudkan agar tidak ada pengulangan kata benda yang sama dalam sebuah kalimat.

Contoh :

I, we, you, they, he, seh it, him, her, those, this, that.

Contoh kalimat :

Sally is sad, she is crying in her bedroom.

Sally sedang bersedih, ia menangis di kamar tidurnya.

3. Adjective / Kata Sifat

Adjective atau kata sifat merupakan bagian berikutnya dari Word classes. Kata sifat memiliki fungsi memberikan deskripsi atau informasi tambahan dari kata yang mengikutinya. Kata sifat umumnya mendeskripsikan kata benda atau keadaan.

Contoh :

Red, small, three, old, slow, thin, big.

Contoh kalimat :

The old lady who sits next to the man with black suit is my grandmother.

Wanita tua yang duduk di samping pria dengan setelan hitam adalah nenekku.

4. Verb / Kata Kerja

Kata kerja atau berb merupakan bagian dari word classes yang berperan memberikan deskripsi pada sebuah kejadian atau aksi. Verb umumnya menggambarkan sesuatu yang dilakukan oleh seseorang atau sesuatu.

Contoh :

Swim, jump, drink, study, work, sink, fly, want.

Contoh kalimat :

I want to learn how to swim with fins.

Saya ingin belajar berenang dengan kaki katak.

5. Adverb / Mendeskripsikan Kata Kerja

Adverb merupakan bagian selanjutnya dari word classes yang memiliki peran memberi deskripsi sebuah verb. Adverb juga bisa berfungsi memodifikasi kata kerja, kata sifat ataupun sesama adverb. Sebuah adverb dapat menjalankan peran memberi deskripsi atau menjelaskan kata lain tentang kapan, bagaimana dan di manakah sesuatu terjadi. Kebanyakan dari kata dalam kelas adverb memiliki akhiran – ly.

Contoh :

Quickly, mostly, never, here, tomorrow, slowly, very.

Contoh kalimat :

He never had an accident as a cyclist, you can see him ride his bicycle slowly.

Ia tidak pernah mengalami kecelakaan sebagai pesepeda, kamu bisa melihatnya naik sepeda pelan – pelan.

6. Preposition / Menunjukkan Hubungan

Sebuah preposition memiliki peran sebagai bagian kalimat yang menerangkan hubungan antara noun, pronoun dan kata lain yang terlibat dalam sebuah kalimat. Preposition dapat memberi informasi atau menunjukkan tentang hubungan, tempat atau waktu.

Contoh :

In, on, from, between, among, near, above, at.

Contoh kalimat :

He will be home from the office at five o’clock.

Ia akan pulang dari kantor pada pukul 5.

7. Conjunction – Menggabungkan Kalimat

Sebuah conjunction merupakan world classes yang memiliki peran menghubungkan dua kata, frasa, ide ataupun klausa dalam sebuah kalimat. Fungsi conjunction adalah menunjukkan atau menginformasikan hubungan antara dua bagian kalimat yang saling memiliki kaitan.

Contoh :

And, or, if, since, but.

Contoh kalimat :

My cat and dog are friendly with people, but they hate each other.

Kucing dan anjingku ramah dengan orang – orang, tetapi mereka saling membenci.

8. Interjection – Kata Ekspresi

Sebuah interjection atau kata ekspresi dapat berupa kata atau frasa yang berperan menunjukkan perasaan atau emosi pihak yang menggunakannya. Bagian dari word classes ini umumnya merupakan seruan atau kata seru.

Contoh :

Hi!, Oh!,Wow!

Contoh kalimat :

Wow! You have a very nice bicycle.

Wow! Kamu punya sepeda yang sangat bagus.

Mengenal word classes bisa membantu kalian menyusun kalimat sesuai dengan grammar berdasarkan kelas dan fungsi kosa kata yang ada di dalamnya. Jadi kamu tidak akan lagi kebingungan dan yang pasti kamu bisa menyusun kalimat dengan tepat dan benar.

Baca juga: The Component of Speaking Skill: Kuasai Ini Biar Speaking-mu Keren.