tanda baca dalam bahasa inggris

Jika kamu sedang ingin mempertajam penguasaan kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris, maka memahami makna dari setiap kalimat yang tertulis merupakan hal wajib untuk diketahui. Dalam penulisan kalimat, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sesungguhnya tidak memiliki banyak perbedaan jika dilihat dari segi tanda baca yang digunakan. Meski begitu, beberapa diantaranya bisa jadi merupakan hal yang jarang digunakan atau ditemui dalam teks-teks Bahasa Indonesia.

Berikut akan jelaskan secara ringkas mengenai tanda baca dalam bahasa inggris.

  1. Apostrophes ( ‘ )

Apostrophes memiliki tiga fungsi.

  • Yang pertama adalah untuk menunjukkan kepemilikan.

Contoh: This phone’s charger does not work properly. (Baterai dari HP ini tidak bekerja dengan benar.)

  • Yang kedua adalah untuk menunjukkan bentuk jamak

Contoh: The way she write her u’s letter is like w’s. (Cara dia menulis huruf-huruf u seperti huruf-huruf w.

  • Yang ketiga adalah untuk menyingkat gabungan subjek dan kata kerja dalam Bahasa Inggris, serta untuk menyatakan kisaran tahun.

Contoh: I’ll go now = I will go now.(Aku akan pergi sekarang)

Contoh: He loves ‘90s style. (Dia menyukai style tahun 90-an)

  1. Brackets ( [ ] )

Digunakan untuk menyertakan kata-kata yang kamu masukkan dalam sebuah kutipan

Contoh:

Kutipan asli: “Problem regardinghe lack of students’ interest in learning English can be solved by teaching through game.” (Ronald 198) (“Permasalahan kurangnya minat siswa untuk belajar Bahasa Inggris dapat diselesaikan melalui penggunaan permainan dalam mengajar.” Ronald 198)

Kutipan dengan bracketsA new method to overcome that problem then developed as “[it] can be solved by teaching through game.” (Ronald 198) (Sebuah metode baru untuk menyelesaikan masalah tersebut dikembangkan karena masalah tersebut dapat diselesaikan melalui penggunaan permainan dalam mengajar.” Ronald 198)

  1. Colons ( : )

Colons atau titik dua memiliki beberapa fungsi.

  • Yang pertama adalah untuk membuat list beberapa hal.

Contoh: If you want to have successful diet, you should stop eating the following sweets: candy, cake, pie, and cookies. (Jika kamu ingin dietmu sukses, maka kamu sebaiknya berhenti mengonsumsi makanan-makanan manis berikut ini: permen, kue, pai, serta kue kering.)

  • Yang kedua adalah untuk menyatakan maksud dari kalimat sebelumnya.

Contoh: Our school has a fixed policy: Every student is unique, let them developed differently and goodly.(Sekolah kami memiliki peraturan yang sudah pasti: Setiap siswa itu unik, biarkan mereka berkembang secara berbeda dan dengan baik.)

  1. Hyphens ( – )

Tanda baca dalam bahasa inggris yang perlu kamu tahu berikutnya adalah hyphens. Tanda ini digunakan untuk pisahan kata, namun penggunaan tanda baca ini kini mulai berkurang.

Contoh: Thumbelina is a story about a thumb-sized girl. (Thumbelina adalah sebuah cerita tentang gadis yang seukuran ibu jari.)

  1. Parentheses ( ( ) )

Digunakan untuk menambahkan informasi lain.

Contoh: This material is related to the use of Past Tense (see chapter 5). (Materi ini berkaitan dengan penggunaan Past Tense (lihat bab 5))

  1. Semicolons ( ; )

Digunakan untuk menyambung kalimat yang memiliki klausa utama dengan kata hubung.

Contoh: She wanted to be a doctor; however, she is afraid of blood. (Dia ingin menjadi dokter; meski begitu, ia takut dengan darah)

  1. Comma ( , )

Ada banyak fungsi dari penggunaan koma. Yang pertama adalah untuk memberikan tekanan pada kata, frasa, atau klausa yang berada di awal kalimat.

Contoh: If you want to have a good and comfortable sleep, you should practice relaxation techniques. (Jika kamu ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyaman, maka kamu harus mempraktekkan teknik-teknik relaksasi)

Penggunaan dua koma juga memberikan artian bahwa kata atau kalimat yang diapit dua koma tersebut merupakan informasi tambahan. Dalam Bahasa Inggris, kalimat seperti ini disebut sebagai apposition.

Contoh: My boyfriend, who lived in Bandung, loves football. (Pacarku, yang tinggal di Bandung, menyukai sepak bola). Berarti si penulis menjelaskan pacarnya yang tinggal di Bandung.

Namun, jika ditulis dengan menggunakan satu tanda koma saja seperti: MY boyfriend who lived in Bandung, loves football. Maka penjelasan menyukai sepakbola hanya berlaku untuk pacar penulis yang tinggal di Bandung. Ada kemungkinan lain untuk pacar si pembuat kalimat yang tinggal di daerah lain pula.

Selain itu, tanda koma juga bisa digunakan untuk menunjuk seseorang tertentu.

Contoh: I could not come to that party, John. I’m so sorry. (Aku tidak bisa datang ke pesta itu, John. Aku sungguh minta maaf)

Atau : John, I could not come to that party. I’m so sorry. (John, aku tidak bisa datang ke pesta itu. Aku sungguh minta maaf)

Itulah beberapa tanda baca dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan terus semangat belajar ya !!!

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Bersiap Untuk Interview Kerja Bahasa Inggris.