pentingnya kamus bahasa inggris

Keberadaan kamus bahasa Inggris pastinya sangat kalian butuhkan untuk mempelajari bahasa tersebut. Kini, format kamus pun tidak melulu dalam buku tebal dan berat. Sejumlah pengembang telah merilis aplikasi kamus yang bisa kamu unduh dan install di ponsel pintar.

Mengapa Kamus Sangat Penting dalam Pembelajaran Bahasa Inggris?

Pertanyaannya sekarang, seberapa penting kah keberadaan kamus dalam pembelajaran bahasa Inggris? Dalam situasi apa saja kalian membutuhkan kamus? Untuk menjawabnya, berikut ini ada alasan-alasan yang membuat kamus amat penting kalian miliki buat menguasai bahasa Inggris.

  • Gudang kosakata (vocabulary) bahasa Inggris

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamus merupakan buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Dengan kata lain, kamus adalah ‘gudang’ kosakata atau vocabulary. Jika kalian tidak mengenal atau memperkaya kosakata, maka kalian akan kesulitan menguasai bahasa Inggris. Memang kalian tidak perlu menghafalkan seluruh kata yang terdapat dalam kamus, tetapi mempunyai kamus akan memudahkan kalian untuk mencari arti, menerjemahkan, hingga berkomunikasi dengan orang asing.

  • Membantu cara pengucapan kata yang tepat

Pelafalan atau pronunciation menjadi salah satu hal yang paling disegani dalam bahasa Inggris. Apa kalian termasuk orang yang mencemaskan pengucapan kata? Sebenarnya, hal tersebut dapat diatasi dengan bantuan kamus, sebab setiap kata yang tertera di sana dilengkapi dengan cara pelafalan yang sudah sesuai dengan standar IPA (International Phonetic Alphabet). Bahkan kamus elektronik sudah dilengkapi dengan fitur suara, sehingga kamu hanya perlu menekannya untuk mendengar pelafalan kata yang tepat. Pokoknya tidak ada alasan lagi buat ragu bicara dengan bahasa Inggris!

  • Memudahkan pembelajaran susunan kalimat

Selanjutnya, kamus bahasa Inggris dapat membantu kalian saat merangkai kalimat. Mengapa demikian? Selain dilengkapi dengan cara pengucapan, daftar lema yang tercantum dalam kamus pun diberikan keterangan seputar kata tersebut. Misalnya, cat yang dilabeli noun (kata benda) atau sweet yang memiliki dua keterangan, yakni sebagai noun (dalam artian makanan manis) dan adjective (kata sifat). Jika kalian tahu setiap keterangan dari kata-kata tersebut, maka kalian tidak akan sulit atau salah saat menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Kalau sampai keliru satu kata saja, makna kalimat tadi bisa ikut berubah.

  • Tersedia dalam berbagai jenis bahasa dan bidang

Jenis kamus yang paling umum beredar di pasaran adalah kamus dwibahasa (contohnya bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya). Namun, kalian juga bisa menemukan tipe kamus lain, misalnya kamus tiga bahasa. Ada pula kamus yang dicetak berdasarkan bidang seperti kamus bahasa Indonesia-Inggris untuk Bisnis, Pendidikan, Kesehatan, dan lain sebagainya. Kamus sesuai bidang tersebut dapat memudahkan kalian menguasai bahasa Inggris, karena diksi, idiom, dan konten lainnya telah disesuaikan dengan lingkup tersebut.

  • Dilengkapi daftar tenses, idiom, dan daftar istilah

Kamus-kamus saku biasanya hanya menyediakan informasi tambahan yang sedikit. Jika kalian ingin belajar bahasa Inggris secara maksimal, tak ada salahnya membeli kamus lengkap (hardcover). Harga yang dikenakan pada kamus tersebut memang lebih mahal, tetapi konten di dalamnya lebih beragam. Selain jumlah kosakata yang melimpah, kamus-kamus ini dilengkapi dengan daftar tenses yang dipakai dalam bahasa Inggris (setidaknya ada 16 tenses yang digunakan). Bahkan ada juga kamus yang sudah dibekali idiom dan daftar istilah khusus.

Itulah alasan-alasan yang membuat kamus bahasa Inggris penting kalian miliki. Segera temukan kamus yang sesuai kebutuhanmu!

Untuk semakin membantu proses belajar yang kamu lakukan banyak juga aplikasi yang dikembangkan khusus untuk belajar bahasa inggris. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan bisa kamu baca di: 6 Aplikasi Terbaik untuk Membantu Kalian Belajar Bahasa Inggris.