pentingnya belajar tenses

Mengapa kamu perlu belajar tenses? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh mereka yang baru saja belajar Bahasa Inggris. Tidak sama seperti bahasa Indonesia yang tidak ada perubahan kata kerja saat sedang membicarakan masa sekarang, masa lampau dan masa depan. Namun ketika menggunakan Bahasa Inggris, ada tenses yang wajib diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan makna. Tenses adalah bentuk verb (kata kerja) yang berubah berdasarkan dengan waktu terjadinya pekerjaan atau aksi tersebut. Kali ini artikel akan menjelaskan pentingnya belajar tenses dengan beberapa alasannya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pentingnya Belajar Tenses

a. Untuk mengetahui kapan aktivitas tersebut berlangsung

Coba kalian perhatikan kalimat, “ I am eating pizza” dengan “I eat pizza” mempunyai arti yang jauh berbeda. Inilah, salah satu tujuan utama mengapa kalian harus pelajar tenses dan pentingnya belajar tenses. Tenses akan memberi tahu kalian kapan suatu aktivitas tersebut berlangsung. Jika salah dalam menggunakan tenses, tentu saja bisa membuat bingung. Namun jangan merasa sulit terlebih dahulu. Memang awalnya belajar tenses dan grammar memang sulit, namun ketika kalian sudah mengetahui semua tense, maka penggunaan dan formulasinya ditambah dengan rajin berlatih menggunakan kalimat dengan tensesnya, pasti kalian dijamin akan mudah menguasai tenses.

(Baca juga: Mengapa Belajar Grammar itu Penting?)

Pada dasarnya terdapat tiga bentuk umum dari tenses yang menyatakan waktu, yaitu present, past dan future. Bentuk past tense bisa kalian gunakan untuk menjelaskan sesuatu yang sudah terjadi di masa lalu. Bisa jadi beberapa jam yang lalu, kemarin, beberapa tahun yang lalu atau bahkan waktu tertentu sebelum masa sekarang. Contoh dari simple past tense: “I ate pizza with my brother yesterday” / saya makan pizza bersama kakakku kemarin.

Sedangkan present tense bisa kalian gunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang terjadi saat ini, contoh present continous tense: “She is cooking in the kitchen now” / dia sedang memasak di dapur sekarang. Present tense juga bisa digunakan untuk sesuatu hal yang biasa terjadi secara berulang-ulang, contoh present tense “Sinta goes to school by bus every day” / Sinta berangkat ke sekolah menggunakan bis setiap hari. Satu lagi, penggunaan present tense bisa dipakai untuk fakta yang bersifat umum, seperti “the sun rises from the east” / matahari terbit dari timur.

Kemudian future tenses bisa kalian gunakan untuk menyatakan sesuatu hal yang akan terjadi suatu saat di masa mendatang, bisa jadi lima menit lagi, dua hari ke depan, besok, tahun depan, dan sebagainya. Contoh simple future tense, “I will book new bag tomorrow” / aku akan membeli tas baru besok.

b. Membantu memperlancar komunikasi

Kalian pasti sudah tahu bahwa bahasa merupakan alat komunikasi. Jadi jika kalian berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, mau tidak mau kalian harus menggunakan grammar yang sesuai. Tanpa menggunakan grammar dengan tepat, maka pesan yang ingin kalian bicarakan tidak akan tersampaikan, dan bahkan membuat lawan bicara kalian kebingungan.

Contohnya, ketika kalian berjanji kepada sesorang di masa depan, seharusnya kalian mengucapkan “I will visit you” sehingga teman kalian bisa mempersiapkan diri. Namun jika kalian mengucapkan “I visit you”, mungkin teman kamu akan panik karena tidak sedang berada di rumah dan mungkin mengira jika kalian sudah datang di rumahnya. Nah, untuk menghindari kesalahpahaman, makanya penting untuk belajar grammar, khususnya tenses.

c. Tulisan formal (resmi)

Grammar memang sangat dibutuhkan dalam penulisan akademik atau formal, seperti koran, jurnal ilmiah, surat resmi pemerintah, laporan penelitian, thesis, skripsi, atau surat-menyurat dalam urusan akademik maupun bisnis. Menggunakan bahasa informal dengan teman atau sahabat sebaya saat bermain mungkin tidak menjadi masalah jika kalian tidak menggunakan tenses dan grammar dengan baik.

Mungkin teman kalian dapat memahami apa yang kamu bicarakan, apalagi kamu memang masih belajar Bahasa Inggris dan belum menguasai grammar dengan baik. Namun jika menyangkut tulisan formal (resmi), penggunaan tenses dan grammar yang baik adalah suatu keharusan.

Misalnya, untuk presentasi ilmiah juga sangat penting menggunakan tenses yang benar. hal tersebut untuk mengetahui, apakah penelitian tersebut sudah dilakukan? Misal, “we conducted this research from August to October”, ataukah penelitian tersebut baru akan dilaksanakan? Misal, “ we will conduct this research from August to October.

Nah, itulah beberapa alasan utama mengapa kalian perlu belajar tenses dan pentingnya belajar tenses. Jika kamu sudah mengetahui tenses dengan baik, bisa dipastikan kamu akan mengetahui semua tata bahasa atau grammar Bahasa Inggris dengan lebih baik. Kamu juga bisa mengidentifikasi sebuah tenses dengan cara mengidentifikasi kata kuncinya saja. Kamu bisa melihat rumus dasar tenses yang ada di dalam kalimat Bahasa Inggris. Semoga informasi di atas bisa membuat kalian lebih semangat dalam belajar grammar dan tenses bahasa Inggris.