pentingnya belajar grammar

Apa hal pertama kali yang muncul dalam pikiran kalian saat mendengar kata grammar?  Apakah kalian langsung mengaitkannya dengan TOEFL? Hal ini memang wajar karena sebagian besar orang yang menganggap bahwa grammar merupakan hal sulit. Jadi sangat wajar jika banyak yang ingin belajar speaking tanpa belajar grammar. Banyak yang bilang jika grammar itu susah, repot dan harus menghafal banyak rumus.

Sedangkan belajar speaking lebih gampang karena hanya memerlukan pronunciation yang benar atau mendengarkan cara bicara native speaker. Nyatanya, ketika kalian berbicara bahasa Inggris juga membutuhkan unsur grammar di dalamnya. Salah penggunaan grammar bisa membuat artinya berbeda. Jadi kali ini kita akan mengulas tentang Pentingnya belajar grammar bagi kalian yang ingin jago berbahasa Inggris.

Mengapa penting belajar grammar?

Belajar bahasa inggris “saja: mungkin terbilang mudah, hanya dengan mengetahui kosakata dan menyambutnya ke dalam sebuah kalimat. Pertanyaannya, apakah kalimat tersebut sudah benar? misal, “my favorit color pink= warna favorit saya merah”. Kalimat tersebut mungkin bisa diartikan ke dalam Bahasa Indonesia secara tata bahasa, namun penulisan kalimat tersebut salah dalam bahasa inggris karena tidak menggunakan verb. Bahkan masalah tanda baca dalam kalimat bahasa inggris bisa menyebabkan kesalahan arti, misal “let’s eat mom”= ayo makan ibu, yang benar adalah “let’s eat, mom”= ayo makan, bu (tandanya mengajak makan). Penggunaan tanda baca sendiri juga termasuk di dalam aturan grammar. Jadi kalian bisa mengerti bahwa penggunaan grammar yang asal-asalan bisa merubah arti dari kalimat tersebut.

Jadi intinya belajar bahasa inggris emang tidak semudah merangkai vocabulary saja, namun ada grammar yang mengajarkan kalian bagaimana cara membuat kalimat yang benar, juga bagaimana cara penggunaan part of speech (kelas kata) dan masih banyak lagi.

Saat kalian belajar tentang grammar, kalian juga diajarkan bagaimana menjadi pendengar, komunikator, pembaca dan tentunya penulis yang baik. Setiap aspek tersebut sangat membutuhkan grammar. Dengan mempunyai kemampuan grammar yang baik, maka kalian bisa membuka peluang kerja lebih banyak. Misal, untuk menjadi konsultan kelas internasional dibutuhkan grammar untuk bisa berkomunikasi dengan klien dengan benar. terlebih lagi menjadi dosen atau peneliti sangat membutuhkan kemampuan grammar dalam hal academic English.

Mungkin di dalam kepala kalian berisi banyak pemikiran atau ide, namun pengetahuan grammar yang sangat minim bisa menghambat kalian dalam penyampaian ide tersebut terhadap orang lain. Hal ini juga salah satu jawaban sederhana mengapa belajar tentang grammar itu penting, khususnya bagi orang yang belajar Inggris sebagai bahasa kedua dan menganggap bahwa bahasa inggris itu mudah namun kenyataannya masih melakukan banyak kesalahan grammar baik dalam penulisan dan berbicara.

Mengapa demikian? Karena mereka sering lupa belajar tentang grammar. Meskipun kalian hanya mengetahui grammar dasar sudah sangat lebih baik daripada hanya asal menggunakan. Memang menjadi ahli di bidang grammar membutuhkan waktu dan terbiasa memakai grammar dengan benar, kemudian lambat laun kalian akan menjadi ahli di bidang grammar. Jadi jangan pernah membatasi diri kalian untuk terus meningkatkan kemampuan grammar kalian.

Jika nanti kamu sudah ahli dengan grammar, maka kamu bisa berkomunikasi dengan kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun. Kamu juga bisa memahami apa yang native speaker ucapkan dam tulis dalam kalimat panjang atau pendek. Kesimpulannya adalah grammar sangat penting di berbagai aspek dalam Bahasa Inggris. Tanpa menggunakan grammar maka komunikasi tidak bisa terwujud dengan baik. Bahkan kemampuan bahasa inggris yang benar sering dijadikan indikator kecerdasan dan pendidikan seseorang.

Pentingnya penggunaan grammar di dunia nyata

Kemampuan grammar sangatlah berguna dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kehidupan sosial, komunitas, pendidikan hingga pekerjaan. Bahkan, sebagai orang tua yang ingin mengajarkan bahasa inggris kepada anaknya paling tidak harus mengerti grammar.

Grammar juga penting bagi para pemimpin. Mulai dari ranah yang bersifat informal hingga pejabat negara. Pemimpin bisa diibaratkan sebagai jembatan menuju dunia luar. Jika seorang pemimpin tidak bisa menguasai bahasa inggris dengan baik, bagaimana ia mampu mengenalkan negaranya pada dunia luar? Hal ini juga sama bagi para akademisi. Sangatlah penting menguasai grammar di bidang pendidikan.

Dalam dunia kerja sendiri, banyak sekali perusahaan internasional yang sudah masuk ke berbagai wilayah di Indonesia. Kebanyakan perusahaan tersebut akan menuntut calon pelamarnya untuk bisa berbahasa inggris dengan baik dan dibuktikan dengan mengikuti tes TOEFL, TOEIC dan tes bahasa inggris lainnya. Jaman sekarang sudah banyak yang menulis curriculum vitae menggunakan bahasa inggris karena memang lebih disukai oleh perusahaan tersebut. Jika kamu ingin bekerja di luar negeri atau perusahaan internasional, pastikan kalian juga harus siap menerima wawancara kerja menggunakan bahasa inggris. Dan sudah pasti, mereka juga akan melihat seperti apa kemampuan grammar calon pelamar dalam berbicara dan menulis.

Nah grammar itu ternyata penting juga bukan? Jadi kamu pun harus semangat belajar grammarnya. Semoga bermanfaat untuk kamu semua !!!

Baca juga: Beberapa Kesalahan Umum Pronunciation yang Harus Kamu Tahu.