memperkaya vocabulary dengan suffix

Dalam bahasa Inggris prefix (awalan) dan suffix (akhiran) sangat penting dipahami, agar pembelajaran tentang bahasa Inggris terlihat sempurna. Pada dasarnya,memperkaya vocabulary menggunakan suffix bisa dilakukan dengan membuat catatan, mendengarkan musik, dialog dalam drama, atau beragam metode lainnya. Pada prinsipnya, Kamu juga perlu mengenali ragam suffix yang terdiri dari:

a. Suffix pembentuk noun (orang)

Beberapa akhiran tertentu dalam bahasa Inggris dapat memiliki arti sebutan untuk seseorang atau kata benda yang berhubungan dengan pekerjaan, contoh

  • Suffix –or : sailor, actor, facilitator.

Contoh: Do Kyung Suk is an actor in Korea (akhiran –or pada kalimat tersebut melengkapi arti dalam bahasa Indonesia yang menerangkan bahwa seseorang bernama Do Kyung Suk adalah seorang aktor di Korea)

  • Suffix –er : trainer, teacher.

Contoh : Her teacher didn’t go to the party yesterday (akhiran –er pada kata teacher menegaskan pada kalimat tersebut untuk menyebut profesi seorang guru).

  • Suffix –ee : trainee, refugee.

Contoh : When he is still a trainee, he makes a lot of mistake. (akhiran –ee bisa digunakan untuk menerangkan pekerjaan seseorang sebagai seorang pemilik bakat atau trainee).

  • Suffix –ess : actress, stewardess, waitress.

Contoh : Mina is a professional actress (akhiran –ess berfungsi memberi keterangan pada subyek Mina bahwa Mina bekerja sebagai seorang aktris).

  • Suffix –ian : musician, magician, politician.

Contoh : Hardi made a debut as Magician two years ago (akhiran –ian pada kalimat di samping menunjukkan kata benda yang melengkapi subyek dan menerangkan bahwa subyek berprofesi sebagai seorang pesulap).

b. Suffix pembentuk kata benda

Kamu juga bisa belajar beragam vocabulary tentang kata benda yang dibentuk dengan beberapa akhiran. Tentunya Kamu perlu ingat bahwa akhiran yang berbeda bisa memberikan jenis kata benda yang berbeda.

  • Suffix –tion : situation, information, qualification, communication

Contoh : Just for your information, They need that car tomorrow morning (Dalam kalimat tersebut, akhiran –tion melengkapi kata information sebagai kata benda yang berarti menerangkan pada pembaca bahwa obyek dalam kalimat membutuhkan kendaraan).

  • Suffix –sion : television, division

Contoh : When you watch television, please turn off the radio (akhiran –sion membantu menerangkan benda yang ada didalam kalimat yaitu televisi).

  • Suffix –ity : priority, possibility, community

Contoh : Mirna joined archery community yesterday (akhiran –ity pada kata community memberi arti komunitas, berbeda dengan communication yang berarti komunikasi).

  • Suffix –dom : freedom, kingdom, wisdom

Contoh : Wisdom of age (kalimat tersebut memiliki arti kebijaksanaan karena usia. Kebijaksanaan yang terbentuk dari kata wisdom dari segi vocabulary berbeda arti ketika kita menjumpai kata wise yang artinya bijaksana).

  • Suffix –ence : confidence, patience

Contoh : He lost his confidence (kalimat tersebut berarti seseorang yang kehilangan kepercayaan diri karena ada kata confidence. Kata benda yang terbentuk lebih menunjuk kepada seseorang dan kosakata yang serupa akan berbeda artinya ketika Kamu menemui kata confided yang berarti mempercayai).

  • Suffix –ery : recovery, discovery, stationery

Contoh : His recovery needs more time than what we predicted (akhiran –ery pada kata recovery berarti pemulihan dan secara vocabulary akhiran pembentuk kata benda yang satu ini tentu memberikan sedikit perbedaan makna dari kata dasar recover yang artinya perbaikan).

  • Suffix –logy : Biology, Psycology, Criminology,

Contoh : Biology is a lesson about nature (akhiran kata –logy pada kata Biology menerangkan dengan tegas terkait Biologi yang berkaitan dengan ilmu).

c. Suffix pembentuk kata sifat atau adjektive  

Vocabulary yang berhubungan dengan kata sifat umumnya memiliki tambahan akhiran yang hanya berfungsi mempertegas kata dasar.

  • Suffix –ful : beautiful, useful

Contoh : Mina is a beautiful woman (mempertegas pernyataan bahwa Mina adalah seorang wanita yang cantik).

  • Suffix –ish : foolish, brownish

Contoh : He is really foolish (mempertegas kebodohan dari seseorang)

  • Suffix –ese : Javanese, Japanese, Balinese

Contoh : Mira is a Balinese (mempertegas keterangan bahwa Mira berasal dari Bali).

Kamu bisa juga menyimak pembahasannya melalui video TEATU dibawah ini:

Dari contoh-contoh suffix diatas, kamu bisa memperkaya vocabulary menggunakan suffix dan proses ini dapat membantumu belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Kamu bisa juga belajar bahasa inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan dengan bergabung bersama Kampung Inggris LC. Bukan hanya vocabulary yang semakin kaya, kemampuan bahasa inggris pun akan meningkat secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Cara daftarnya gampang banget, kamu tinggal mengisi formulir online DI SINI

Atau bisa juga melakukan konsultasi program dan pendaftaran melalui nomor CS kami di:

08585 8888 1117 atau 0852 3111 1117

Materi lainya yang bisa kamu baca: Cara Praktis Memperkaya Perbendaharaan Vocabulary Bahasa Inggris.