belajar bahasa inggris

Mempelajari segala sesuatu tentunya harus dimulai dari dasar terlebih dahulu bukan?. Termasuk ketika kita ingin mahir berbahasa inggris. Sebagai pemula kita wajib mengetahui materi dasar bahasa inggris apa saja yang harus kita pelajari. Materi dasar ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bahasa inggris kita kedepannya. Bisa kebayang kan jika materi dasar saja tidak kita kuasai bagaimana bisa kita naik ke level berikutnya. Materi dasar ini merupakan pondasi awal yang wajib dibentuk dengan kuat ketika kamu memulai untuk belajar bahasa inggris.

Materi Dasar Bahasa Inggris

Berikut materi dasar bahasa inggris yang wajib kamu pelajari dan kamu kuasai sebagai pemula

1. Vocabulary

Materi dasar pertama yang harus kamu pelajari adalah vocabulary. Vocabulary atau kosakata tentunya sangat penting untuk pengembangan kemampuan bahasa inggris mu. Jika kamu tidak memiliki kosakata yang cukup bagaimana bisa kamu berbicara atau pun menulis dalam bahasa inggris?.

Kosakata atau vocabulary yang harus kamu hafalkan dan pahami dimulai dari yang sangat sederhana terlebih dahulu. Mulai dari number, hari, bulan, kemudian berlanjut ke kegiatan sehari-hari. Selanjutnya kamu bisa melakukan hafalan vocabulary dengan menentukan suatu tema tertentu. Misalkan pada hari A vocabulary tentang kitchen. Kemudian hari selanjutnya beralih ke kosakata mengenai living room. Selanjutnya mengenai shopping dan seterusnya. Lakukan secara berkala dan mulailah dari menghafalkan dan memahami vocabulary yang ada di sekitarmu terlebih dahulu.

Tips menghafalkan vocabulary bahasa inggris bisa kamu baca di: Cara Efektif Menghafal Kosakata Bahasa Inggris.

2. Grammar

Materi selanjutnya adalah mengenai grammar. Jangan langsung membayangkan suatu materi yang rumit. Sebagai pemula, grammar sangat penting juga untuk kamu kuasai. Materi dasar grammar yang harus dan wajib kamu kuasai sebagai pemula adalah sebagai berikut.

> Kata ganti (pronoun)

Pronoun atau kata ganti merupakan sebuah kata yang di gunakan untuk menggantikan kata benda (noun) baik berupa nama orang, hewan, benda, atau pun tempat. Contohnya adalah she, he untuk kata ganti yang menyatakan dia perempuan atau laki-laki. Kemudian it, that, this yang digunakan sebagai kata ganti hewan, benda dan juga tempat.

> Kata bantu kerja (tobe)

Tobe adalah kata bantu kerja yang terdiri dari is, am, are yang masing-masingnya memiliki pasangan dengan suatu subjek yaitu I, you, we, they, she, he, it. Sebagai pemula yang pasti mencoba untuk merangkai kalimat kata bantu ini sangat penting untuk kamu pahami. Tobe untuk I adalah am, selanjutnya (you, we, they) menggunakan tobe are, dan (she, he, it) menggunakan tobe is.

> Tenses

Beralih ke materi tenses, ada 16 tenses yang perlu kamu kuasai untuk bisa benar-benar mahir berbahasa inggris. Tetapi sebagai pemula ada 3 tenses yang paling wajib kamu pahami dan kuasai yaitu:

  • Simple present tense

Kamu wajib memahami simple present tense karena merupakan bentuk bahasa inggris paling dasar. Jika dijabarkan dalam rumus simpel present tense memiliki bentuk seperti ini: Subject + Verb1. Kalimat yang dihasilkan adalah kalimat yang paling sederhana tetapi sangat umum dan banyak sekali digunakan.

  • Present continuous tense

Fungsi dari present continuous tense adalah membentuk kalimat bahasa inggris yang menyatakan kejadian sedang berlangsung. Penjabaran dalam bentuk rumusnya adalah Subject + To be + Verb1-Ing. Menguasai present continuous akan sangat membantu dalam berlatih ketika melakukan percakapan sehari-hari.

  • Simple past tense

Memiliki fungsi untuk menyatakan kegiatan lampau atau telah berlangsung simple past tense wajib juga untuk kamu kuasai. Bentuk dari simpel past tense ialah Subject + Verb3.

Bagaimana guys?. Sudah siap untuk mempelajari dan menguasai materi dasar bahasa inggris tersebut?. Tentunya kamu pun harus mengimbangi nya dengan melakukan latihan. Untuk membiasakan diri dengan materi-materi tersebut kamu bisa melakukan latihan mulai dari mendengarkan (listening), kemudian menerjemahkan (translating), membaca (reading), dan juga berbicara (speaking).

Belajar bahasa inggris bagi pemula memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Sebagai pemula tentunya hal yang kamu inginkan adalah sukses belajar dan bisa menjadi mahir bukan. Untuk bisa mewujudkannya kamu bisa membaca tips dari kami di Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula.

Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bermanfaat bagi kamu semua ya guys. Semangat terus ya belajar bahasa inggris nya ^^.

  • 36
    Shares