belajar bahasa inggris dengan native speaker

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana cara belajar Bahasa Inggris dengan baik dan benar? Apakah kamu harus mengikuti kursus Bahasa Inggris? Belum tentu, karena ada banyak cara belajar Bahasa Inggris yang bisa kalian coba. Entah kalian belajar secara otodidak (mandiri) atau mendapatkan bantuan tutor/ guru di tempat kursus Bahasa Inggris. Poin penting dari belajar bahasa asing adalah niat mau belajar dan ketekunan. Semakin sering kalian latihan dan terus belajar, maka kalian semakin cepat dalam memahami Bahasa Inggris. Salah satu cara ampuh yang bisa kalian coba adalah belajar bahasa inggris dengan native speaker.

Bagaimana jika kalian mencoba belajar Bahasa Inggris langsung dari ahlinya atau native speaker? Tentu saja hal ini lebih efektif dan sangat membantu. Berikut ini manfaat belajar Bahasa Inggris langsung dari native speaker.

Memaksa kalian untuk berbicara Bahasa Inggris

Seperti yang kalian tahu bahwa banyak orang asing yang belum lancar berbahasa Indonesia. Jadi, saat kalian mengobrol atau bertemu langsung dengan native speaker, secara otomatis kalian harus berbicara dalam Bahasa Inggris. Tak perlu khawatir jika kalian menemukan banyak kesalahan di awal karena kalian akan merasa terpacu untuk terus belajar Bahasa Inggris. Jika aktivitas mengobrol atau berbicara dengan native speaker dilakukan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, maka kalian sudah pasti lebih jago dalam Bahasa Inggris. Pada tahap selanjutnya kalian hanya perlu memperbaiki grammar untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

Kamu akan dikoreksi langsung

Para native speaker biasanya berasal dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris atau memang ia sudah lama tinggal di negara tersebut. Bahasa Inggris sendiri sudah menjadi bahasa yang digunakan dalam keseharian mereka atau sering kita sebut sebagai bahasa ibu. Jadi kalian jangan heran jika mereka sangat mahir berbahasa Inggris seperti kalian sangat mahar berbahasa Indonesia. Kalian bisa sesekali berinteraksi dengan mereka secara informal ataupun memang bertujuan belajar Bahasa Inggris. Mereka akan mengoreksi cara kalian berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Bagi para native speaker sendiri, grammar merupakan sesuatu yang sudah sangat biasa saat melakukan percakapan sehari-hari. Kalian tidak perlu malu jika ada salah di depan sahabat native speaker kalian, karena kalian bisa terus melatih kemampuan Bahasa Inggris kalian hingga sudah sesuai dengan aturannya.

Kalian bisa meniru pronunciation dari Native Speaker

Pasti kalian sudah pernah belajar tentang cara pengucapan kata dalam Bahasa Inggris bukan? Tentu saja jika kalian belajar dengan native speaker maka kalian bisa mendapatkan cara pengucapan yang benar. Selain kalian bisa meniru cara bicara mereka secara langsung, kalian juga dapat memahami aksen dalam Bahasa Inggris yang digunakan. Aksen ini biasanya berasal dai perbedaan wilayah. Misal, cara pengucapan kalian dalam kata Bahasa Inggris antara orang UK dengan US, kalian bisa menemukan letak perbedaannya. Belum lagi dengan orang India atau Cina yang bicara dalam Bahasa Inggris. Meniru cara pengucapan juga dapat menghemat waktu karena biasanya jika kalian ingin belajar cara pengucapan Bahasa Inggris yang benar membutuhkan kamus atau beberapa media lainnya. Jika kalian langsung menirunya dari native speaker maka kalian tidak membutuhkan media khusus dan kalian hanya perlu memperhatikannya dengan baik.

Bagaimana kamu bisa belajar dengan native speaker?

Bertemu langsung

Hal tersebut merupakan cara yang paling efektif. Semua manfaat dan keuntungan belajar Bahasa Inggris dengan native speaker bisa kalian dapatkan jika kalian mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan orang asli Amerika dan mungkin kalian tinggal di sana untuk beberapa waktu. Setiap kalian menginjakkan kaki keluar rumah maka kalian terpaksa menggunakan Bahasa Inggris. Namun kesempatan tersebut tentunya tidak datang setiap saat.

Memanfaatkan media sosial

Internet adalah salah satu harapan bagi banyak orang yang ingin belajar Bahasa Inggris. Seperti yang kalian tahu bahwa ada beberapa media sosial, seperti twitter, facebook, blog, instagram dan masih banyak lainnya yang juga memudahkan kalian untuk menemukan akun native speaker dan mengajak ngobrol mereka. Jika kalian memang serius belajar Bahasa Inggris dengan para native speakers, kalian bisa juga membuat akun Interpals Penplas.

Bagaimana? mulai sekarang kamu harus bisa memberanikan diri untuk belajar dengan native speaker ya guys. Jangan pernah malu untuk memulai dan mencoba.

Yuk baca juga artikel lainnya, salah satunya adalah: Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris di Tempat Wisata.