singkatan dalam bahasa inggrisSudahkah kamu tahu macam-macam singkatan dalam bahasa Inggris? Seperti dalam bahasa Indonesia, singkatan ada juga dalam bahasa Inggris. Singkatan sendiri merupakan bentuk pendek dari sebuah kata. Kita pun biasa menggunakan singkatan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyebutkan kata-kata tertentu. Dalam bahasa Inggris, singkatan sangat banyak jenisnya. Dalam sebuah bidang, banyak sekali singkatan yang bisa kita pelajari.

Sebelum kita membahas jenis-jenis singkatan dalam bahasa Inggris, ada baiknya kita tahu manfaat dari singkatan. Singkatan sebenarnya bisa digunakan baik dalam ranah lisan maupun tulisan. Tentu saja kegunaannya agar kata yang hendak kita tulis maupun ucapkan menjadi lebih singkat. Dalam tulisan, kadang singkatan akan membuat kita lebih mudah untuk menjelaskan sesuatu. Inilah beberapa macam singkatan yang biasa kita temukan dalam bahasa Inggris

Latin Abbreviations

Singkatan dalam bahasa Inggris disebut sebagai abbreviations. Jenis singkatan yang sering ada dalam bahasa Inggris adalah singkatan latin atau latin abbreviations. Jenis singkatan ini adalah singkatan yang berasal dari bahasa latin. Singkatan ini sering digunakan dalam teks bahasa Inggris ataupun saat bicara bahasa Inggris. Contohnya adalah C.V.

Kamu pasti pernah mendengar istilah C.V. Ya, C.V adalah singkatan dari Curriculum Vitae. C.V sendiri merupakan dokumen mengenai daftar riwayat hidup. Dokumen jenis ini digunakan saat hendak melamar pekerjaan. Istilah C.V pun sudah umum digunakan di Indonesia, dan ternyata singkatan ini berasal dari bahasa latin.

Ada banyak singkatan lainnya yang termasuk latin abbreviations. Misalnya saja R.I.P. R.I.P adalah singkatan dari Requiescat in pace yang berarti istirahat dengan damai. Singkatan tersebut biasa digunakan saat ada orang yang meninggal dunia.

Berikut ini contoh lain dari latin abbreviations:

  • a.m (Ante Merdian)

singkatan ini digunakan untuk menyatakan waktu sebelum siang hari.

  • Etc (El Cetera)

Singkatan untuk ‘dan lain-lain’

  • P.S (Post Scriptum)

Singkatan untuk sesuatu yang ditulis setelah teks utama.

Abbreviations Related to Names

Jenis singkatan dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah abbreviations related to names atau singkatan yang berhubungan dengan nama. Kamu pasti tidak asing dengan jenis singkatan ini karena jenis singkatan ini berhubungan dengan nama. Misalnya saja Dr. (Doctor). Setelah singkatan Dr., tentunya diikuti oleh nama.

Dalam bahasa Inggris, ada banyak jenis singkatan yang berhubungan dengan nama. Contoh lainnya adalah Mrs. (Mistress), Ms. (Miss), Prof (Profesor), St. (Saint), Sr. (Senior), Jr. (Junior), dan masih banyak lagi. Singkatan ini sangat sering ditemukan dalam bahasa Inggris. Setelah kamu tahu tentang singkatan-singkatan ini, kamu tidak akan bingung lagi saat menemukan singkatan-singkatan tersebut dalam teks bahasa Inggris.

Beberapa contoh lainnya adalah:

  • Rev (Revered)
  • Hon (Honorable)
  • Gen (General)

General Abbreviations

Jenis singkatan selanjutnya adalah general abbreviations. Jenis singkatan ini adalah singkatan yang umum digunakan atau bersifat general. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis singkatan ini karena jenis singkatan ini seringkali digunakan dalam penulisan bahasa Inggris di buku teks dan juga tulisan lainnya. Contoh singkatan ini adalah Dept. Dept. merupakan singkatan dari Department.

Jika kamu ingin menggunakan singkatan ini, pastikan kamu menyebutkan nama departemen dulu sebelum singkatan tersebut. Misalnya saja, ‘The Arts Dept.’ Contoh lain dari general abreviations adalah Mt. Mt. adalah singkatan dari mount.

Singkatan ini digunakan untuk menyebutkan nama gunung. Untuk menggunakan singkatan ini, kamu harus menambahkan nama gunung setelah singkatan tersebut, seperti ‘Mount. Everest”. Ada banyak contoh lain dari general abbreviations, seperti berikut ini:

  • Hrs. (Hours)
  • No. (Number)
  • St. (Street)
  • Vs. (Versus)
  • Inc. (Incorporated)
  • Oz. (Ounces)
  • Sq. (Square)
  • Fig. (Figure)

Abbreviations of Grammar

Satu lagi jenis singkatan yang biasa digunakan dalam bahasa Inggris adalah abbreviations of grammar. Singkatan ini digunakan dalam tata bahasa bahasa Inggris. Tentu saja singkatan ini penting untuk dipelajari, apalagi bila kamu ingin memahami grammar bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Dengan mengetahui abbreviations of grammar, kamu tidak akan kebingungan saat menemukan singkatan-singkatan ketika mempelajari grammar. Contoh abbreviations of grammar adalah Adj. yang merupakan singkatan dari adjective atau kata sifat.

Selain itu, ada juga Adv. yang merupakan singkatan dari adverb atau kata keterangan. Contoh lainnya adalah Syn. yang merupakan singkatan dari synonim atau persamaan kata. Semakin kamu tahu banyak tentang abreviations of grammar, kamu akan semakin mudah mempelajari grammar bahasa Inggris.

Berikut ini contoh lain dari abbreviations of grammar:

  • Obj. (Objective)
  • Prep. (Preposition)
  • Sing (Singular)
  • N (Noun)
  • V (Verb)
  • Poss. (Possessive)

Itulah beberapa informasi tentang macam-macam singkatan dalam bahasa Inggris. Mempelajari macam-macam singkatan dalam bahasa Inggris akan membuat kamu lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris.

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: Ini Dia Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui.