menguasai grammar bahasa inggris

Bahasa Inggris salah satu alat komunikasi tersebut. Agar bisa berkomunikasi dengan baik, kamu harus mempelajari bahasa Inggris dan elemen – elemennya termasuk grammar dengan baik. Grammar adalah elemen tersulit yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Grammar ini berguna untuk menyusun kalimat agar memiliki makna. Tanpa adanya grammar, kalimat hanyalah susunan kata – kata tanpa arti. Misalnya, kalimat My mom is eating dan My mom was eating. Keduanya memiliki arti berbeda. Untuk memahami grammar bahasa Inggris, berikut ini langkah – langkah yang bisa kamu lakukan.

Langkah – Langkah Menguasai Grammar Bahasa Inggris

a. Belajar Grammar dari Sumber Yang Baik dan Benar

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari grammar dari sumber yang benar dan terpercaya. Kamu harus mencari sumber yang benar dan baik untuk belajar grammar. Kamu bisa memperoleh materi tentang grammar dari buku – buku yang disediakan di sekolah ataupun membeli buku grammar di toko buku. Bila kamu merasa kurang lengkap, kamu  bisa belajar grammar di website. Ada beberapa website grammar online yang siap membantumu. Ketika kamu sudah terbiasa dengan grammar bahasa Inggris, ini akan membantu kamu terbiasa pula dalam menulis dan berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Kamu juga tahu pemakaian kalimat untuk informal dan formal.

(Baca juga: Website Untuk Belajar Grammar)

b. Mempelajari Hal – Hal Dasar

Hal dasar adalah salah satu langkah lainnya untuk belajar grammar bahasa Inggris. Kamu harus belajar tentang grammar dan bahasa Inggris saat usia muda. Ini mempermudah kamu untuk menyerap materi bahasa Inggris sehingga kamu bisa mudah mengaplikasikannya. Kamu harus mempelajari materi dasar di dalam grammar bahasa Inggris seperti part of speech, preposition, noun, article, tenses, conditional sentences, dan lain – lain. Dengan memahami materi dasar tersebut, kamu akan dengan mudah menguasai grammar bahasa Inggris.

c. Membandingkan Jenis Grammar

Kamu juga harus sering – sering membandingkan jenis dan tipe grammar dari satu hasil tulisan dengan tulisan yang lain. Saat kamu berhasil membaca hasil tulisan bahasa Inggris yang berbeda, pastinya kamu akan bisa menemukan perbedaan pemakaian grammar di dalam tulisan itu. Bila kamu semakin sering membaca dan membandingkan grammar tersebut, maka kamu akan semakin mudah mempelajari grammar. Setelah kamu mengetahui grammar itu, kamu bisa mencari tahu materinya di dalam buku – buku grammar. Misalnya, saat kamu membaca, kamu menemukan klausa independen dan dependen, maka kamu bisa mengupasnya lebih detail. Ini akan sangat membantu kamu untuk mengerjakan soal – soal di TOEFL.

d. Terus Membaca

Langkah selanjutnya erat kaitannya dengan langkah sebelumnya. Kamu harus terus membaca untuk menguasai grammar di dalam bahasa Inggris. Dengan sering membaca, kamu tahu bagaimana menulis kalimat bahasa Inggris dengan grammar yang benar. Kamu bisa menyerap dan menganalisis grammar di tulisan tersebut apakah sudah baik dan benar sesuai dengan tata cara penulisan dan grammar itu sendiri. Kamu bisa membaca koran, jurnalis ilmiah, essay, ataupun yang lainnya.

e. Menemukan Kekurangan

Saat belajar grammar, kamu harus bisa menemukan kekurangan kamu. Kesalahan sering kali terjadi dalam proses pembelajaran. Misalnya kamu selalu salah dan tak bisa dalam hal tenses, conjunction, ataupun klausa. Kamu bisa mendeteksinya dan mencoba memperbaikinya dengan membuka panduan grammar bahasa Inggris atau meminta bantuan dari orang lain.

f. Berlatih Memakai Grammar

Mempelajari dan membaca grammar kurang lengkap tanpa latihan. Latihan grammar sangat penting untuk mengetahui kemampuan kamu sampai mana. Kamu bisa memakai sosial media, video, dan buku untuk melatih dan mempraktikkan grammar kamu. Jangan Cuma mendengarkan orang lain yang sudah ahli dalam grammar. Kamu harus berlatih sendiri. Kamu bisa berlatih berbicara, menulis, ataupun soal – soal grammar yang banyak tersedia.

g. Meminta Bantuan Orang Lain

Langkah terakhir adalah dengan meminta bantuan orang lain. Kamu mungkin bisa belajar grammar dengan otodidak. Tetapi, saat kamu kurang bisa dan bingung tentang suatu materi grammar, tak ada salahnya kamu meminta bantuan orang lain baik itu guru atau pun teman untuk bertukar opini dan materi tentang grammar. Hal ini akan membantu kamu menguasai grammar bahasa Inggris dengan benar dan cepat. Proses pembelajaran akan berjalan menyenangkan dan jauh dari kata bosan.

Dari 7 poin langkah-langkah belajar grammar di atas akan lebih mudah kamu lakukan dengan belajar di Kampung Inggris LC. Karena Kampung Inggris LC bisa memberikan semua yang dibutuhkan untuk belajar grammar dengan baik. Grammar jadi jauh lebih mudah bisa grammar pun bukan hanya angan-angan.

Mau langsung daftar? Bisa banget !!! Langsung saja isi formulir online nya DI SINI.

Konsultasi pendaftaran bisa dilakukan melalui nomor CS kami di:

0858 8888 1117 atau 0852 3111 1117