fakta unik bahasa inggris

Jika dibandingkan dengan bahasa lain, bahasa inggris memang terlihat lebih simple, tapi bisa jadi bahwa kata simple ini membuat banyak orang belum mengetahui bahwa bahasa Inggris memiliki banyak penemuan unik, kata-kata aneh, beberapa kata tidak penting dan kesalahan. Semuanya ada dalam bahasa Inggris yang mungkin sedang kalian pelajari sekarang. Jika kalian penasaran dengan fakta unik tentang bahasa inggris, langsung saja simak sampai habis penjelasannya di bawah ini dan kalian akan mengetahui fakta uniknya. Let’s check it out.

Fakta Unik Seputar Bahasa Inggris

1. Bahasa Inggris memiliki PANGRAM

Yaitu dalam sebuah kalimat bisa terdiri dari 26 huruf alfabet, dan kalimat terkenal tersebut adalah “the quick brown fox jumps over the lazy dog”. Kalimat tersebut disebut dengan PANGRAM.

2. Kata “I AM”

Kata I AM adalah kalimat sempurna terpendek yang terdapat dalam bahasa Inggris. Seperti yang kalian tahu bahwa kalimat sempurna sendiri adalah kalimat yang terdiri dari minimal Subjek + Verb (kata kerja). Dan pada kata I AM mempunyai subjek dan verb tersebut.

3. Bahasa Inggris memiliki beberapa kata terpanjang

Mungkin ada beberapa yang berfikir bahwa kata “supercalifragilisticexpialidocious” yang mempunyai arti luar biasa adalah kata terpanjang di dalam bahasa Inggris. Tetapi ada kata yang mempunyai huruf terbanyak adalah”pneumonoultramicroscopicsilicovolcanokoniosis” yang mempunyai total 45 huruf. Kata tersebut mempunyai arti sejenis penyakit paru-paru yang disebabkan abu vulkanik atau debu kaca.

4. Memiliki kata tertua dan terpendek

Kata tertua, terpendek dan paling sering digunakan adalah kata “I” (saya). Semakin didorong oleh banyaknya perubahan di dalam sejarah Bahasa Inggris, kata tertua dalam bahasa inggris adalah I, two, we dan three. Namun kata “I” adalah kata paling pendek dan sering sekali digunakan khususnya dalam percakapan.

5. Bahasa Inggris juga memiliki Ghost Word

Ghost word sendiri mempunyai arti kata hantu. Bukan disebabkan karena katanya yang menyeramkan, namun karena kata tersebut sudah dicantumkan dalam kamus Bahasa Inggris karena “kecelakaan”, misal disebabkan oleh salah ketik. Salah satu ghost word yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah “dord” yang dicantumkan dalam New International Dictionary pada edisi kedua tahun 1934. Sebenarnya maksud penulis adalah “D or d” yang mudah sekali menyatu berbentuk “dord” merupakan singkatan dari density.

6. Setiap 2 jam, terdapat satu kata yang ditambahkan ke kamus Bahasa Inggris

Hal ini juga menyebabkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang dinamis karena terus berkembang. Pada setiap 2 jam sendiri terdapat satu kata baru di dalam Bahasa Inggris

7. Girl tidak hanya berat anak perempuan dalam Bahasa Inggris

Memang jika dilihat dalam kultur Bahasa Inggris, kata “girl” secara harfiah mempunyai arti anak perempuan, namun bisa kalian pakai untuk menyebut anak muda atau kecil entah itu perempuan atau pun laki-laki.

8. Bahasa Inggris merupakan Bahasa langit

Mungkin kalian kebingungan mengapa bahasa Inggris adalah bahasa langit karena menjadi satu-satunya bahasa yang digunakan oleh pilot saat sedang terbang di langit. Tidak peduli dari mana asal negara tersebut, hanya bahasa inggris yang bisa dipergunakan sebagai alat komunikasi saat penerbangan.

9. Kata “pronunciation” merupakan kata yang sangat sering salah ucap

Pronunciation adalah kata beda yang mempunyai arti cara pengucapan. Banyak orang yang sering mengalami kesalahan tulis menjadi “pronounciation”. Pronounce adalah verb (kata kerja), artinya mengucapkan suatu kata. Sedangkan pronunciation sering salah diucapkan menjadi /pro-noun/ yang berarti kata ganti. Tentu saja pengucapan tersebut akan mengubah makna dari pronunciation sendiri.

10. Apakah kalian tahu bahwa 11% dari keseluruhan Bahasa Inggris merupakan huruf E?

11. 80 persen data dan informasi di dalam komputer menggunakan Bahasa Inggris Kata Goodbye

Kalian mungkin belum mengetahui bahwa kata “goodbye” berasal dari bahasa kuno “God be with you”.

12. Terdapat 24 aksen Bahasa Inggris di Amerika

Aksen bahasa inggris tersebut dibagi berdasarkan beberapa wilayah di Amerika, yaitu Boston Urban, Hudson Valley, New York City, San Fransisco Urban, Inland Northern, Western New England, North Midland, Chicago Urban, Pennsylvania German-English, Upper Midwestern, dan masih banyak lainnya.

13. Kamus Bahasa Inggris pertama kali ditulis di tahun 1755

Kamus pertama kali ditulis oleh Samuel Johnson yang juga dikenal sebagai “A Dictionary of the English Language” yang juga diterbitkan sebagai “Johnson’s Dictionary”.

Nah berdasarkan informasi di atas akan menambah wawasan kalian tentang fakta unik tentang bahasa inggris. Hal diatas mungkin bisa membuat kalian lebih tertarik dan semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Semoga informasi di atas juga bermanfaat bagi kalian semua. Kalian juga bisa menemukan keunikannya lainnya dari berbagai sumber. Kalian harus tahu bahwa sejatinya mempelajari bahasa juga merupakan keunikan tersendiri ketika kalian sudah terjun langsung dalam mempelajarinya. Akan lebih menarik lagi jika kalian mempunyai teman native speaker dan saling bertukar informasi tentang keunikan bahasa masing-masing.

(Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Gak Harus Mahal)