koran online bahasa inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sumber belajar nya sangat mudah untuk ditemukan. Hal itu dikarenakan fakta bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa dunia yang tentunya banyak digunakan oleh berbagai negara. Bahkan Indonesia yang menempatkan Bahasa Inggris sebagai Foreign Language (hanya sebagai Bahasa Asing, tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari) pun tidak ketinggalan untuk menyediakan banyak sumber untuk belajar. Salah satu yang dapat kamu gunakan adalah koran online untuk belajar bahasa inggris.

Manfaat belajar Bahasa Inggris melalui Koran Online

Belajar tidak harus selalu dari buku-buku pembelajaran atau video-video pembelajaran. Apabila kamu ingin menemukan suasana baru, maka Koran adalah pilihan tepat. Beberapa manfaat yang dapat kamu ambil adalah sebagai berikut:

1. Belajar kosakata khusus

Dalam media berbeda, tidak sering bahasa yang digunakan akan berbeda pula. Contohnya saja apabila kita sedang Belajar Bahasa Indonesia dalam lingkup puisi dan Koran. Bahasa puisi yang sarat akan makna tentu saja sangat berbeda dengan bahasa Koran yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini juga tidak berbeda untuk Bahasa Inggris. Dalam Koran dengan Bahasa Inggris, kosakata-kosakata yang digunakan biasanya dipilih secara khusus agar dapat menyampaikan berita sesuai dengan keadaan yang terjadi. Sehingga, dengan membaca Koran Bahasa Inggris maka kamu akan dapat mendapat ratusan kosakata baru yang dapat menggambarkan situasi di kehidupan nyata.

2. Memahami Bahasa Inggris dari pemilihan grammar yang tidak biasa

Selain kosakata, penulisan kalimat dalam Koran dengan Bahasa Inggris pun kerap kali berbeda dengan apa yang diajarkan para guru dalam bab grammar atau tata bahasa Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan tujuan Koran yang ingin menarik minat pembaca untuk lebih larut dalam topik yang disajikan begitu melihat headline atau judul di masing-masing artikel. Sehingga, tidak jarang bagi koran-koran berbahasa Inggris untuk menghilangkan beberapa kata (seperti a, the, is, am, are, atau kata lainagar kata-kata utamanya saja yang ditampilkan.

3. Menambah kemampuan membaca (reading)

Sejalan dengan penambahan wawasan tentang kosakata serta bentuk-bentuk kalimat, maka kamu juga akan dapat menambah kemauan membaca. Awalnya membaca Koran mungkin akan terasa sangat sulit dan lama. Namun, lama kelamaan kamu akan dapat membaca polanya dan bahkan dapat menghafal kosakata-kosakata nya sehingga tidak perlu lagi mengecek kamus. Perlahan, kemampuan membaca yang kamu miliki tentunya akan bertambah meski hanya sedikit demi sedikit.

4. Belajar sambil mengupdate berita

Di lain sisi, jika kamu belajar Bahasa Inggris melalui Koran, kamu juga akan dapat menambah wawasanmu terhadap perkembangan dunia. Baik itu dalam negeri sendiri maupun dalam kancah luar negeri. Kasus-kasus yang dimuat dalam Koran secara tidak langsung akan terserap dalam otak dan menjadikannya wawasan yang lebih.

Beberapa contoh Koran untuk belajar Bahasa Inggris

Untuk memudahkan kamu dalam belajar melalui Koran Bahasa Inggris secara online, berikut kami sajikan beberapa pilihan situs Koran yang dapat anda kunjungi dan tentunya sudah sangat terpercaya.

  1. ABC News
  2. Al Jazeera
  3. BBC News
  4. CNN News
  5. Fox News
  6. Indian Express
  7. Muslim News
  8. New York Times

Itulah bebapa sumber koran online untuk belajar bahasa inggris. Semua situs tersebut merupakan Koran dari luar negeri. Apabila kamu tertarik dengan produksi dalam negeri, kamu bisa mengunjungi situs Jakarta Post. Koran ini juga telah menyediakan versi aplikasinya sehingga anda hanya tinggal menginstalnya ke dalam smartphone.

Baca juga: 6 Aplikasi Terbaik untuk Membantu Kalian Belajar Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •