kesalahan umum pronunciation

Kali ini, artikel akan membahas seputar berbagai kesalahan umum pronunciation. Sebelum itu, apakah kalian tahu betapa pentingnya pronunciation yang benar? karena salah pengucapan bisa menyebabkan salah arti/ makna. Oleh karena itu, agar kemampuan berbicara bahasa inggris kalian menjadi lebih baik, maka bunyi saat mengucapkan sebuah kata atau kalimat haruslah sangat diperhatikan. Kamu bisa mendengarkan bagaimana cara bicara native speaker dan non-native speaker. Tentu saja tak ketinggalan dengan bagaimana belajar pronunciation yang tepat. Langsung saja artikel mengulas tentang apa saja kata yang biasanya salah dalam pengucapannya.

Library / perpustakaan

Pengucapan yang benar yang harus kalian gunakan adalah /LI-BRAR-Y/, sedangkan banyak kesalahan yang muncul dengan mengucapkan / li be ry/.

Halloween

Kata tersebut adalah salah satu perayaan hari libur di negara Amerika yang dimeriahkan pada tanggal 31 Oktober setiap tahun. Halloween juga berasal dari “hallowes evening” yang mempunyai arti “sore hari yang memang dibuat menjadi sore suci”. Kata “hallow” sendiri berasal dari bahasa Inggris Kuno “halig” yang maknanya “holy”. Yang perlu kamu perhatikan dari kata Halloween sendiri adalah suku kata pertama, kamu bisa mengucapkannya dengan / HAL-O-WEEN/ bukan dengan /hol lo ween/.

Hierarchy / hierarki

Arti kata tersebut yaitu hierarki atau sebuah tingkatan/ urutan. Kesalahan yang umum terjadi saat pengucapan hierarchy yaitu yang semestinya ada empat suku kata /HI-ER-AR-KY/ dan kesalahan terjadi ketika hanya menyebutnya dengan tiga suku kata menjadi / hi ar ky/.

Ask / bertanya / meminta sesuatu

Kesalahan yang sangat umum pada saat pengucapan kata ask yaitu berubah menjadi “aks”, padahal huruf “s” sendiri terletak di depan huruf “k”, sehingga pengucapan yang benar adalah /ASK/.

Medieval / abad pertengahan

Kamu harus perhatikan bahwa kata “medieval” mempunyai empat suku kata yang diucapkan dengan /MED-EE-EEVAL/ atau bisa juga /MEE-DEE-EEVAL. Huruf E pertama pada bisa diucapkan lebih pendek /med/  atau bisa juga diucapkan lebih panjang /meed/ dari huruf kedua. Kesalahan yang umum terjadi adalah berubah menjadi /meed eval/.

Candidate / calon/ kandidat

Hal yang biasanya sering terlewatkan adalah huruf D pertama yang sering tidak diucapkan sehingga menjadi / kan i date/, padahal pengucapan yang tepat adalah /KAN DI DATE/.

Cache

Kata “cache” sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis. Cache adalah suatu tempat atau benda yang tersembunyi dan mungkin dapat digunakan di suatu hari nanti. Pengucapan yang tepat untuk kata ini adalah /KASH/ dan bukan /ka shay/.

Chaos

Seperti yang kamu tahu bahwa dalam bahasa inggris, ejaan “ch” mempunyai tiga pengucapan, yaitu: /TCH/ seperti dalam kata “church”, /K/ seperti dalam kata “Christmas” dan /SH/ seperti dalam kata “chef”. Bunyi pada nomor satu merupakan yang paling umum digunakan karena memang berasal dari asli bahasa inggris. Sedang bunyi “ch” dan /K/ sendiri berasal dari Yunani dan sangat jarang digunakan. Kata CHAOS berasal dari bahasa Yunani, sehingga kamu bisa mengucapkannya dengan /KAY OS/ dan bukan menjadi /tchay os/.

Clothes/ Baju/ Pakaian

Memang kata ini tidak terlalu banyak kesalahan, namun harus diperhatikan bahwa ejaan “th” tersebut mempunyai bunyi dan bukanlah silent word. Jadi, pengucapan tepatnya adalah /KLOTHZ/ bukanlah /kloz/.

Etc.

Kata diatas juga merupakan istilah yang berasal dari bahasa Latin dan mempunyai kepanjangan “et cetera”, artinya sama dengan “dan lain-lain”. Kesalahan dalam pengucapan tersebut juga sering terjadi dalam mengucapkan singkatan ini. Kalian bisa menyebut kata etc dengan /ET-CET-ER-A/, tetapi masih banyak yang menyebutkan istilah tersebut dengan /ek cet er a/. Terkadang penulisannya pun sering terjadi kesalahan, yaitu dengan menulisnya dengan “ect” padahal yang benar adalah “etc”.

Niche

Kata diatas mempunyai arti ceruk, tempat khusus, relung, point khusus, lubang. Kata tersebut juga berasal dari bahasa Perancis, huruf i dalam kata niche diucapkan panjang /EE/ dan “che” diucapkan dengan /SH/ sehingga pengucapan yang benar adalah /NEESH/ bukanlah /nitch/.

Forte

Dalam bahasa inggris, kata forte mempunyai dua arti yaitu versi Italian dan versi French. Dalam versi Itali, kata forte (kata keterangan) adalah istilah dalam musik yang mempunyai arti suara kencang/ keras.  Pengucapannya menggunakan dua suku kata yaitu /FOR-TAY/. Dalam versi Perancis, forte adalah kata sifat yang mempunyai arti titik kekuatan atau kekuatan yang juga diucapkan dengan satu suku kata /FORT/.

Vehicle / kendaraan

Meskipun kata tersebut terdapat huruf H namun tidak diucapkan, sehingga pengucapan yang benar menjadi /VEE-IKL/ bukanlah /vee-hikl/.

Demikian beberapa penjelasan seputar kesalahan umum pronunciation yang sering dilakukan. Memang agak sulit namun kalian bisa berlatih dan melihatnya dalam kamus. Lebih baik lagi jika kamu sering mendengarkan audio kosakata dari native speaker secara langsung. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi gratis yang banyak tersedia.

Baca juga yuk: Kata Bahasa Inggris dengan Pronunciation Tersulit.