Kesalahan Umum Dalam Grammar Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, tentunya kita sering menemukan kesalahan umum dalam grammar bahasa Inggris. Banyak sekali orang yang masih menggunakan tata bahasa Indonesia, padahal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sangat berbeda. Untuk itu, sangat penting untuk menghindari kesalahan-kesalahan umum yang biasa terjadi dalam grammar bahasa Inggris, seperti berikut ini:

1. Kesalahan: I like to reading

Kalimat yang benar adalah I like to read atau I like reading. Beberapa kata kerja memang bisa diikuti infinitive (to+adverb), misalnya saja like, love, hate. Tak hanya itu saja, beberapa kata kerja pun bisa diikuti oleh gerund, sehingga setelah kata kerja tersebut bisa to+adverb atau adverb+ing. Jadi, sangat salah bila sebuah kata kerja diikuti infinitive dan gerund sekaligus. Kamu harus menggunakan salah satunya, agar grammarnya sesuai dengan standard written English.

2. Kesalahan: A book is interesting

Kalimat yang benar adalah the book, this book atau that book. A book merujuk pada sebuah buku dan cakupannya cukup umum. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan kata the, that atau this sebelum kata book untuk menjelaskan bahwa buku yang kamu maksud itu menarik. Bukan hanya berlaku pada benda saja, kamu pun harus menyesuaikan kata the pada hal lain. Misalnya saja, “today’s lesson was great because teacher was very funny. Kalimat tersebut salah karena seharusnya kata teacher diawali oleh the agar jelas bahwa teacher dalam kalimat tersebut adalah guru yang mengajar hari itu.

3. Kesalahan: How about go to the beach?

Seharusnya, setelah kata about diikuti oleh gerund (adverb+ing). Jadi, seharusnya kalimat tersebut adalah how about going to beach. Gerund memang sering digunakan untuk mengungkapkan saran. Jadi, pastikan kamu menggunakan gerund saat mengungkapkan saran. Misalnya. “How about going to see a movie?” Jangan sampai menulis kalimat yang salah karena kamu harus menulis kalimat yang sesuai dengan grammar.

4. Kesalahan: I agree you

Kalimat tersebut salah karena seharusnya I agree with you. Kata agree merupakan kata kerja transitif yang seharusnya diikuti objek. Jadi, pastikan kamu tidak salah lagi ketika setuju pada sesuatu. Jangan sampai mengucapkan I agree you, karena kalimat itu salah. Seharusnya kamu berkata “I agree with you”

5. Kesalahan: I very like this song

Seharusnya, kalimat yang benar adalah I really like this song. Seperti yang kita tahu, kata like adalah kata kerja. Dalam grammar bahasa Inggris, kata very hanya bisa digunakan untuk memodifikasi kata sifat, misalnya very good, very lucky, very nice. Untuk kata kerja sendiri, kata really yang seharusnya digunakan. Misalnya saja I really like this song, I really love you, I really adore him. Pastikan kamu sudah bisa membedakan kata kerja dan kata sifat agar tidak tertukar saat menggunakan kata very dan really. Meskipun artinya sama, namun penggunaannya sangat berbeda.

6. Kesalahan: that is a good advice

Kalimat yang benar adalah that is good advice. Imbuhan a tidak boleh diletakkan sebelum kata advice, karena kata tersebut bukanlah kata benda yang dapat dihitung. Berbeda jika untuk kata benda yang dapat dihitung, imbuhan a bisa digunakan, misalnya saja that is a good book. Untuk advice sendiri, kata tersebut harus diawali kata benda lain sehingga bisa dihitung, misalnya saja that is a piece of advice. Pastikan kamu sudah tahu kata benda yang dapat dihitung dan tidak agar tak tertukar ketika memakai imbuhan a.

7. Kesalahan: What is the different?

Kalimat tanya tersebut sangat salah karena different merupakan kata sifat. What is harus diikuti kata benda. Yang dibutuhkan dalam kalimat di atas adalah difference, bukan different. Adapun penggunaan different dalam sebuah kalimat adalah seperti ini, “I have four different books.”

Itulah beberapa penjelasan tentang kesalahan umum yang sering ditemukan dalam penggunaan grammar. Ada baiknya kamu menghindari kesalahan di atas agar kamu bisa memahami grammar bahasa Inggris dengan baik. Semoga beberapa penjelasan tentang kesalahan umum dalam grammar di atas bisa bermanfaat untuk kamu.

Materi lainnya yang bisa juga kamu baca: Bisakah Belajar Bahasa Inggris Hanya Dengan Listening?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •