kata tersulit dalam bahasa inggris

Bagi sebagian orang, pronunciation merupakan aspek yang cukup sulit untuk dikuasai guna menunjang kemampuan speaking yang mumpuni. Salah satu yang membuatnya sulit dipelajari adalah karena perbedaan antara ejaan dan pelafalan kata dalam bahasa Inggris. Selain itu, masih juga ada faktor lain yang menyebabkan penguasaan pronunciation dianggap sulit bagi sebagian orang. Padahal, apabila kita sudah mengetahui kendala-kendala tersebut dan cara mengatasinya, maka belajar pronunciation akan menjadi lebih menyenangkan dan tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kendala yang seringkali dialami pembelajar dalam penguasaan pronunciation, tips belajar pronunciation secara menyenangkan, dan juga daftar kata tersulit dalam bahasa Inggris. Simak informasi berikut ini.

Kendala mempelajari pronunciation

Kendala utama yang menjadikan belajar pronunciation dianggap sulit adalah karena adanya perbedaan gaya pengucapan, aksen, dan juga sistem bunyi antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

  1. Kluster

Meskipun bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sama-sama mengenal diphthong, tapi ternyata dalam kosakata bahasa Indonesia asli (bukan serapan) tidak memiliki kluster. Yang dimaksud kluster disini adalah beberapa huruf atau bunyi konsonan yang berkumpul atau berjejer dalam suatu kata. Meskipun dalam kosa kata bahasa Indonesia kamu bisa menemukan kluster, namun ternyata kata tersebut merupakan kata serapan, atau istilahnya kata “pinjaman” dari bahasa asing lain. Misalnya kata struktur yang merupakan serapan dari structure, instrumen yang merupakan kata serapan dari instrument.

  1. Stress

Yang dimaksud dengan stress di sini adalah tekanan ketika mengucapkan suatu kata. Jika dalam bahasa indonesia tekanan tidak mempengaruhi makna, maka dalam bahasa Inggris sebaliknya. Tekanan sangat penting dan dapat mengubah makna atau fungsi suatu kata. Misalnya pada kata record, jika kamu memberikan tekanan pada suku kata pertama record, maka kata tersebut merupakan kata benda yang berarti hasil rekaman. Sedangkan apabila kamu memberikan tekanan pada suku kata kedua record, maka kata tersebut merupakan kata kerja yang berarti merekam.

  1. Bunyi

Beberapa bunyi dalam bahasa Inggris tidak familiar untuk penutur bahasa Indonesia karena bunyi tersebut tidak ada dalam kata-kata bahasa Indonesia. Beberapa bunyi yang tidak ada misalnya adalah bunyi /θ/ pada kata thousand /θaʊ.zənd/, bunyi /ð/ pada kata there /ðeər/, bunyi /ʒ/ pada /gær.ɑʒ/, dn lain sebagainya. Selain itu, dalam bahasa Indonesia, tak ada perbedaan antara pengucapan bunyi huruf “f” dan “v”. Namun, dalam bahasa Inggris, huruf “f” dibaca voiceless sedangkan huruf “v” dibaca voiced. Hal inilah yang terkadang tidak dilafalkan dengan benar oleh penutur bahasa kedua.

Kata tersulit dalam bahasa Inggris

Setelah kita membahas tentang kendala yang mungkin dialami pembelajar bahasa Inggris dalam penguasaan pronunciation, maka sekarang kami akan memberik contoh beberapa kata tersulit dalam bahasa Inggris yang seringkali tidak dilafalkan dengan tepat, terutama oleh yang bukan penutur asli bahasa Inggris.

  1. Antidisestablishmentarianism

Kata yang cukup panjang dan terlihat memusingkan ini sebenarnya adalah kata yang berbentuk kata benda dan memiliki arti paham yang memisahkan antara negara dan agama (biasanya dalam konteks penolakan terhadap gereja). Kata ini dilafalkan / æn.ti dɪs.ɪstæb.lɪʃ.məntæriənɪ.zəm/

  1. Sesquipedalian

Nah, kata yang panjang dan rumit ini cukup unik karena memiliki arti “kata yang panjang”. Kata ini merupakan kata benda yang digunakan untuk merujuk pada kata-kata yang panjang dalam bahasa Inggris. Kata ini dibaca /seskuipideiliən/

  1. Otorhinolaryngologist

Arti kata ini adalah dokter atau ahli telinga, hidung, dan tenggorokan. Meskipun kata ini terlihat panjang dan rumit, namun jika kamu sudah memecah-mecah nya menjadi beberapa suku kata, maka kata ini akan terlihat lebih mudah untuk dilafalkan. Coba pisahkan kata tersebut menjadi bagian-bagian seperti ini “oto-rhino-laryng-ologist” maka kamu akan bisa melafalkan dengan mudah menjadi /əʊtəʊ raɪ.nəʊ lær.ɪŋ ɒl.ə.dʒɪst/.

  1. Isthmus

Isthmus adalah istilah yang digunakan untuk daratan sempit yang diapit oleh air dan menghubungkan dua daratan yang lebih besar. Pelafalan yang benar untuk kata ini adalah /ɪsθ.məs/.

Tips agar pronunciation menjadi baik

Kata tersulit dalam bahasa Inggris yang sudah kita sebutkan tadi bukannya tidak mungkin untuk diucapkan secara tepat dan benar oleh penutur bahasa kedua. Kamu akan bisa menguasai pronunciation dengan baik jika kamu mengikuti saran berikut ini:

  1. Jangan mengucapkan kata/kalimat dengan tergesa-gesa
  2. Selalu memperhatikan intonasi dan tekanan pada ucapan
  3. Selalu cek cara melafalkan kata yang baru kamu temui

Dengan 3 tips di atas mengucapkan kata dengan pronunciation sesulit apa pun tidak akan menjadi masalah, selamat mencoba !!!

Materi lain yang bisa kamu baca: Mengenal Idiom Bahasa Inggris (Bagian 2).