ngomong bahasa inggris di kampung inggris pare

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar nama Kampung Inggris Pare?. Apakah kamu membayangkan sebuah kampung yang semua penduduknya menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari?. Jika iya berarti informasi yang kamu miliki seputar Kampung Inggris Pare ini masih sangat kurang guys. Eits, tenang kamu gak sendirian kok guys karena memang banyak sekali orang yang memiliki pemikiran serupa tentang bagaimana Kampung Inggris Pare ini. Fakta nya hal tersebut tidak sepenuhnya benar guys karena memang alasan mengapa dijuluki Kampung Inggris Pare bukan karena para penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi hariannya. Tetapi karena memang banyaknya lembaga kursus yang tersebar di dua desa yaitu Pelem dan Tulungrejo Pare. Lalu seperti apa penjelasan nya? yuk mari kita bahas bersama-sama.

Penduduk lokal Kampung Inggris Pare tidak menggunakan bahasa Inggris

Penduduk lokal yang ada di Kampung Inggris Pare ini memang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi keseharian nya guys. Sama seperti daerah lain, di desa Pelem dan Tulungrejo ini sebagian besar penduduknya berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa dan juga Indonesia. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak langsung kecewa ketika sampai di sini dan menemukan orang-orang tidak menyambut mu dengan menggunakan bahasa Inggris. Menurut pengalaman, cukup banyak orang yang setibanya di Kampung Inggris ini mengeluarkan celetukan seperti ini “kok ngomong nya pakek bahasa Indonesia ya”. Mengapa demikian? hal itu dikarenakan ekspektasi mereka memang sangat tinggi guys karena kurangnya informasi tadi.

Jadi atmosfer belajar “Inggris” nya gak akan dapet dong?

Eits, jangan khawatir dulu meskipun warga sekitar tidak menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan kamu tidak akan menemukan “penyambutan” yang serba Inggris. Tetapi lingkungan belajar di sini sudah terbangun dengan sangat baik sehingga kamu tetap bisa merasakan atmosfer yang sangat pas untuk mendukung proses belajar mu. Dengan banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris dan juga banyaknya siswa yang belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris ini menciptakan lingkungan yang kental dengan “budaya ngomong Inggris”. Kamu bisa dengan mudah menemukan para peserta kursus yang menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi baik itu di dalam kelas, tempat makan dan bahkan juga dijalan ketika mereka berjalan bersama teman-temannya. Ada juga camp/asrama English area yang memberlakukan aturan wajib berbahasa Inggris selama kamu berada di sana yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai tempat tinggal untuk semakin membuat proses belajar mu berjalan dengan lebih cepat. Kamu tidak akan dilihat dengan pandangan aneh ketika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris meskipun bukan di lingkungan English area karena warga sekitar sudah sangat terbiasa mendengarkan para peserta kursus yang berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Bahkan sebagai bentuk dukungan terhadap para peserta kursus tidak sedikit loh warga yang bersedia meng”upgrade” dirinya dengan berusaha menguasai kata-kata bahasa Inggris dasar yang biasa digunakan dalam keseharian. Mulai dari penjual pentol, donat, bakso, es cendol dan juga pedang-pedagang yang setiap harinya berjualan di sekitaran Kampung Inggris ini berusaha untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Selain merupakan bentuk dukungan terhadap para peserta kursus tentunya menjadi hal ini mereka jadikan nilai plus sebagai strategi ketika berjualan.

Sekarang sudah tau kan seperti apa gambaran di Kampung Inggris Pare ini dalam hal bahasa komunikasi keseharian? Memang tidak semua yang ada di Kampung Inggris ini berbicara menggunakan bahasa Inggris, tetapi lingkungan belajar yang tercipta sudah sangat kondusif dan sangat bisa membantu kamu semua untuk lebih cepat bisa berbahasa Inggris. Jadi, kapan nih belajar di Kampung Inggris Pare? 🙂

Baca juga: Tips Anti Nyasar ke Kampung Inggris Pare.