Perbedaan Independent dan Dependent Clause

Dalam bahasa Inggris, ada tiga jenis kalimat, yaitu clause, phrase, dan sentence. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai klasifikasi clause berdasarkan sifat kalimatnya, yaitu independent dan dependent clause.

Saat kamu mulai belajar bahasa Inggris di level intermediate, kamu pasti akan mempelajari dua clause berkaitan ini. Tapi sebenarnya bagaimana cara membedakan keduanya dalam kalimat? Ini penjelasan lengkapnya dari Kampung Inggris untukmu.

Pengertian Independent dan Dependent Clause

Dalam bahasa Inggris, ada dua kategori besar clause, yaitu independent dan dependent clause. Independent clause adalah klausa yang berdiri sendiri, yang sudah bisa dimengerti meski tanpa ditambahi klausa lain.

Example:

  • I will go to the store with my Mom, but my brother would not drive for us

Sementara itu sebaliknya, dependent clause adalah klausa yang tidak dapat dimengerti, jika tidak ada independent clause di sampingnya.

Example:

  • I will go to the store with my Mom, but my brother would not drive for us

Cara Membedakan Independent dan Dependent Clause

Cara membedakan dua jenis clause ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengidentifikasi apakah sebuah kalimat tampak “normal” atau “tidak normal” saat berdiri sendirian.

Misalnya dalam contoh di subbab sebelumnya, kata “I will go to the store with my Mom” tampak normal. Tidak memerlukan kata atau kalimat lain karena sudah bisa dimengerti dengan sempurna. Inilah yang dinamakan dengan independent clause, atau klausa yang independen, tidak butuh klausa lain.

Akan tetapi beda halnya dengan klausa berikutnya, yaitu “but my brother would not drive for us”. Keberadaan kata “but” di sini menunjukkan adanya opsi lain sebelum klausa kedua muncul. Dengan ini, tanpa klausa pertama, klausa satu ini tidak memiliki makna sempurna atau singkatnya – dependent clause.

Baca Juga  Ini Dia Perbedaan "Learn dan Study" yang Harus Kamu Pahami

Contoh Kalimat dengan Dependent dan Independent Clause

Di bawah ini, ada beberapa contoh kalimat yang mengandung dua clause dependent mau pun independent. Kalimat yang merupakan independent clause akan ditebalkan (bold), sedangkan yang dependent akan digaris bawahi.

  • I want to tell my father about my exam score, but I’m afraid he’ll be mad
  • If the rain doesn’t stop, she probably would return tomorrow morning
  • Although studying is hard, you can’t stop schooling just now
  • They couldn’t be separated because they love each other since they were kids
  • You can stop the bleeding by cleaning and plastering the injury
  • My score doesn’t enough to bring me to Harvard, thus I will try to register myself on others’ Ivy League universities
  • He didn’t tell you that he loves you a lot, Maria?
  • Despite the increase of net profit, there are some new competitors arise to threaten us
  • Mom didn’t tell you about Grandma’s death because she didn’t want to shock you
  • Since the government declares war to the counterfeit, no illegal goods could come to Indonesia

Itulah penjelasan tentang pengertian independent dan dependent clause, perbedaan, serta contoh-contohnya. Semoga dengan ini, kamu bisa jadi semakin paham ya membedakan mana independent clause dan mana yang dependent!

Kalau kamu ingin proses belajar bahasa Inggris-mu lebih tinggi lagi, datang langsung dong ke Kampung Inggris Pare! Di sini dijamin dah, kamu bakal bisa belajar Inggris dari basic banget sampe jago!

Jadi intinya, ingat, kalau kamu ingin mengasah kemampuan bahasamu, Kampung Inggris LC adalah tempat terbaiknya! Tapi kalau sekarang belum siap, mending persiapkan diri sambil belajar materi dari kami satu ini:

Baca Juga  Perbedaan Like dan Alike dalam Bahasa Inggris