perbedaan in time dan on time

Saat kalian diberi perintah dari sesorang untuk datang tepat waktu, kata mana yang akan kalian gunakan, in time ataukah on time? katanya, kedua kata tersebut mempunyai arti tepat waktu. Benarkah seperti itu? Ataukah kedua kata tersebut termasuk confusing word yang serupa tapi arti dan penggunanya sangat berbeda. Kali ini kalian akan belajar tentang perbedaan in time dan on time.  Ternyata in time dan on time adalah dua ekspresi yang bisa kalian gunakan secara bergantian karena hampir sama. Tetapi keduanya mempunyai sedikit perbedaan yang harus kalian ketahui:

– In time: not late, early enough (tidak telat, datang sebelum waktunya)

– On time: according to the schedule, punctually (datang tepat waktu, datang sesuai dengan waktunya)

Lalu, bagaimana kedua kosakata tersebut bisa digunakan bergantian? Tentu saja bisa dalam beberapa kondisi tertentu. Contoh:

– I’ve an appointment with my lecturer, but the road was closed now. So, I won’t be came in time or on time (saya mempunyai janji dengan dosen saya, tapi jalannya ditutup sekarang. Saya tidak akan bisa datang tepat waktu ataupun sebelum waktunya).

Penggunaan In Time

In artinya di dalam dan time artinya waktu. Jika diartikan berarti di dalam waktu, bagaimana tepatnya? Jika dipikirkan kembali, penjelasan di atas menjadi logis karena in time sendiri mempunyai arti: before the time limit or within an indefinite time. In time juga biasa dipakai sebelum waktu habis. Jadi In time bisa kalian pakai untuk menunjukkan sesuatu yang terjadi sebelum batas waktu habis. Bisa juga dikatakan seperti tenggat waktu. Misal, kamu akan menghadiri seminar dengan teman pukul 08.00-11.00, namun kenyataannya kamu bisa menghadirinya pukul 09.00 juga bisa menggunakan kata in time karena meskipun kamu telat hadir, tetapi masih ada tenggat waktu hingga seminar tersebut selesai. Sehingga, makna penggunaan in time sendiri bisa diartikan tidak terlalu telat.

Contoh:

– The victim in that accident was seriously injure, fortunately they got her to the hospital just in time (If they do not arrive at the hospital, she might have died)/ Korban dalam kecelakaan tersebut mengalami luka sangat serius, untungnya mereka membawanya ke rumah sakit sebelum terjadi hal buruk.

– She is standing in very long line, I wish she could come in time to watch the elephant attraction/ dia sedang mengantre sangat panjang, semoga masih ada waktu untuknya menonton atraksi gajah.

– He left house early and arrived in plenty of time to catch his flight/ dia meninggalkan rumahnya lebih cepat dan tiba di sisa waktu terakhir untuk jadwal penerbangannya.

Penggunaan On Time

On artinya di atas dan time artinya waktu. Lalu apakah artinya di atas waktu? Arti on time adalah tepat pada waktunya atau according to the schedule or punctually. Jadi kalian bisa menggunakan kata on time jika kalian sangat tepat waktu menghadiri sesuatu. Jika native speaker berbicara tentang on time, maka artinya mereka akan sangat disiplin dengan masalah waktu.

Contoh:

– The course is scheduled at 3.00 pm, please be on time/ kursus dijadwalkan jam 3 siang, tolong hadir tepat waktu

– The meeting is supposed to start at 10.000, it’s starting on time/ rapat seharusnya dimulai pukul 10.00, rapat dimulai tepat waktu

– I will try to come on time once my teacher said to me like that/ saya akan berusaha datang tepat waktu jika guru saya berkata begitu

Menggunakan ekspresi lain

Terdapat beberapa ekspresi lain yang bisa kalian gunakan ketika kalian tiba-tiba melaksanakan sesuatu di detik-detik terakhir deadline, yaitu in the nick of time dan just in time.

– The lecturer said we had to turn our task in by 03.00 pm, then I sent my e-mail at 02:58, in the nick of time/ dosen saya bilang harus mengumpulkan tugas jam 3 siang, saya mengirim email ke beliau jam 2:58 siang, hampir saja terlambat.

Seperti itu guys penjabaran mengenai perbedaan penggunaan in time dan on time. Mulai sekarang kamu harus sudah memahami dan tidak keliru lagi dalam menggunakannya ya.

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Apa itu Kalimat Double Negative.