immerse yourself in english

Saat Kamu ingin menjadi orang yang mahir dalam berbahasa Inggris, immerse yourself in English dengan memahami dan meresapi strategi yang tepat. Kamu tidak perlu pergi belajar keluar negeri hanya untuk menguasai bahasa Inggris dalam waktu singkat, cukup pegang 4 prinsip berikut selama belajar dan Kamu akan menemukan dirimu terbenam dalam pelajaran bahasa Inggris.

  • Belajarlah senyaman mungkin

Ketika ingin menguasai bahasa Inggris, jangan paksa diri untuk langsung mempelajari vocabulary atau kalimat bahasa Inggris yang sulit. Pelajari beragam kosakata bahasa Inggris yang mudah dan sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, Kamu akan mulai hafal banyak kosakata, bahkan yang tersulit sekalipun.

  • Jadilah individu yang aktif

Ketika Kamu sedang belajar bahasa Inggris, jangan hanya duduk dan mendengarkan pelajaran melalui media belajar yang tersedia, cobalah untuk aktif dengan bertanya pada instruktur atau teman yang lebih ahli dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, Kamu akan menguasai bahasa asing ini dan bisa memanfaatkannya secara tepat.

  • Jangan lupa untuk selalu praktik

Semua yang Kamu pelajari akan mudah dilupakan apabila Kamu tidak mencoba untuk praktik ilmu tersebut secara langsung. Agar Kamu tidak mudah lupa dengan beragam materi bahasa Inggris yang dipelajari, praktikkanlah dengan berbicara di depan kaca atau mengajak teman untuk bicara santai dalam bahasa Inggris.

  • Make a target

Tentukan target untuk diri sendiri selama belajar bahasa Inggris. Tanpa adanya target, Kamu tidak akan tahu seberapa jauh kamu sudah menguasai bahasa asing yang satu ini dan berapa tingkat kesalahan yang dilakukan selama mempelaharinya.

Untuk mendukung 4 prinsip diatas, lakukan beberapa metode ini untuk semakin menguasai bahasa Inggris dan menerapkannya dengan metode yang tepat.

  1. Mulailah dengan melengkapi perlengkapanmu dengan perangkat berbahasa Inggris

Immerse yourself in English with change all of your divices language in English. Apapun sosial media yang Kamu gunakan dan perangkat seperti komputer atau handphone, rubahlah bahasa pengantar yang ada pada setiap programnya ke dalam mode bahasa Inggris. Dengan cara ini, Kamu bisa mempercepat waktu untuk belajar Bahasa Inggris.

  1. Saat belajar gunakan English to English dictionary

Jika Kamu ingin menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang relatif singkat, gunakan kamus English to English untuk menguasai beragam kosakata dan bagaimana penggunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mencari juga persamaan kata dari setiap kata yang ada sehingga saat Kamu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, orang yang menjadi lawan bicaramu bisa memahami apa yang ingin diucapkan.

  1. Atur waktu English only

Rancanglah waktu yang dimiliki untuk mendapatkan waktu English only setidaknya 1-2 jam dalam sehari. Waktu itu bisa Kamu manfaatkan dengan membaca buku, menonton film, atau berbicara di depan kaca dengan bahasa Inggris. Agar terasa efeknya, tambahkan “hukuman” yang harus Kamu lakukan apabila lupa berbahasa Inggris di jam English only.

  1. Lengkapi perpustakaan pribadi dengan media berbahasa Inggris

Jika Kamu ingin memperluas pengetahuanmu tentang bahasa Inggris, baik dengan percakapan, kosakata dasar, maupun rangkaian kalimat, lengkapi perpustakaan atau tempat bacaanmu dengan buku atau media khusus berbahasa Inggris.

  1. Temukan teman yang mau belajar bahasa Inggris bersamamu

Saat Kamu merasa malu dan malas untuk belajar bahasa Inggris sendirian, ajaklah 1-2 orang teman pergi bersamamu ke suatu tempat dan buat perjanjian dengan mereka untuk selalu berbicara bahasa Inggris denganmu. Cara ini efektif untuk belajar bahasa Inggris dengan teknik yang tentunya lebih menyenangkan.

  1. Beri label semua barangmu dengan bahasa Inggris

Untuk menghafal nama-nama benda atau kosakata dalam bahasa Inggris lebih cepat, beri label nama pada benda-benda di sekitarmu.

  1. Mainkan musik berbahasa Inggris

Musik bisa menjadi salah satu sarana untuk belajar bahasa Inggris lebih cepat. Kamu bisa mendengar lagu berbahasa Inggris yang diputar di radio atau pemutar mp3 yang Kamu miliki. Tuliskan lirik yang Kamu dengar dan periksa apakah semua lirik yang dituliskan sudah benar.

  1. Buatlah karya tulis atau catatan berbahasa Inggris

You can immerse yourself in English quickly with writing something. Dalam hal ini, Kamu bisa berlatih menulis surat, puisi, atau pengalaman pribadi dalam bahasa Inggris sambil melihat beragam kosakata yang Kamu tuliskan di dalamnya.

Siap untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris melalui cara-cara diatas? Kamu harus memulainya dari sekarang ya LC’ers. Dengan melakukan immerse yourself in English untuk JAGO bahasa inggris sangat mungkin kamu wujudkan. Semoga bermanfaat !!!

Baca juga: Bagaimana Cara Memperkaya Vocabulary Menggunakan Suffix Dalam Waktu Singkat?