belajar bahasa inggris dari lirik lagu

Belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu menjadi salah satu metode yang bisa kalian terapkan untuk menguasai bahasa tersebut. Selain menyenangkan, cara ini cocok buat kamu yang selama ini kesulitan menguasai bahasa Inggris. Jika kalian ingin menggunakan lagu sebagai media untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, jangan lupa untuk menerapkan tips and trick berikut ini!

  1. Pilih karakter lagu yang tepat

Karakter lagu yang akan kalian dengarkan mempengaruhi pemahaman terhadap bahasa Inggris. Selain itu, ada sejumlah tembang yang kurang cocok dipakai untuk media belajar, misalnya yang menggunakan bahasa Inggris level tinggi, tempo terlalu cepat, atau kosakatanya kompleks. Kalian dapat memilih lagu yang disukai sebagai langkah awal. Tembang-tembang populer biasanya sangat mudah dipahami karena musisi yang bersangkutan memakai diksi yang familier di telinga kalian.

  1. Dapatkan dan dengarkan lagunya

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mendengarkan lagi berbahasa Inggris. Misalnya, lewat rilisan fisik seperti kaset, CD, atau vinyl kalau kalian memilih metode offline. Sementara itu di jalur digital atau online, ada MP3, streaming website, hingga aplikasi yang memudahkan kalian mengakses tembang yang ingin didengarkan. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Jangan lupa cari lirik lagunya

Elemen terpenting dalam belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu adalah kosakata yang terdapat di dalam lirik. Kalian dapat mencarinya dengan mengakses website-website yang menyediakan kumpulan lirik dari berbagai tembang atau membacanya langsung dari booklet album (kalau dicantumkan). Aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik seperti Spotify biasanya menyertakan lirik buat dibaca. Bahkan di Youtube, sejumlah users mendedikasikan kanal nya untuk mengunggah video lyrics.

  1. Membuat resume kosakata

Setelah mendapatkan tembang dan menyimak lirik, buatlah resume berupa daftar kosakata yang kalian dapatkan. Kamu dapat memulainya dari kata-kata yang belum pernah didengar sebelumnya, cari artinya, dan tuliskan. Selanjutnya, gunakan senarai lema tersebut untuk latihan merangkai kalimat dalam bahasa Inggris. Semakin banyak kata yang kalian kumpulkan, maka secara tak langsung kalian memperkaya diri dengan vocabulary bahasa Inggris.

  1. Ikut menyanyikan lagu tersebut

Kalian tidak perlu repot-repot datang ke tempat karaoke atau konser untuk mempraktikan langkah ini. Jangan terlalu memikirkan kualitas suara juga, karena sesi latihan ini dilakukan untuk memahami dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan melantunkan tembang-tembang dalam bahasa asing tersebut, kalian dapat mengetahui teknik pelafalan sekaligus melatih indra pendengaran supaya cepat terbiasa saat menangkap kata-kata yang kalian ucapkan.

  1. Menghafal kan lagu secara penuh

Langkah terakhir yang dapat membantu kalian saat belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu adalah dengan menghafalkannya secara penuh. Cara ini tidak akan terlalu sulit kalau kamu memang menyukai tembang tersebut. Kalian pasti bakal mampu menyanyikannya tanpa harus melihat lirik lagi. Selain itu, dengan mengingat dan memaknainya, kamu akan mengetahui konteks dari lagu tersebut. Dari sini, kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris pun mengalami perkembangan yang baik.

(Materi lainnya: Writing Bahasa Inggris yang Baik dan Benar)

Mengapa belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu?

Ternyata, ada alasan-alasan lain yang membuat belajar bahasa Inggris lewat lagu membantu kemampuan berbahasa kalian, antara lain:

  • Musik mengenalkan pada kebudayaan. Melalui lagu-lagu berbahasa Inggris, kalian akan mendapatkan informasi seputar kebudayaan musisi yang membawakannya. Dari cara berpikir, way of life, hingga hal-hal yang sedang tren di negara asalnya. Kamu juga bisa menggunakan informasi tersebut saat chatting dengan warga negara asing.
  • Mampu menyentuh sisi emosinal seseorang. Berbeda dari metode lain, mempelajari bahasa Inggris lewat bahasa Inggris bisa menyentuh sisi emosional kalian. Ada banyak perasaan yang disampaikan lewat musik: senang, sedih, kecewa, marah, dan lain-lain. Kamu juga jadi tahu kata-kata apa saja yang digunakan dalam suasana dan kondisi tertentu.
  • Membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Terakhir, mendengarkan tembang-tembang dalam bahasa Inggris membantu kalian dalam membiasakan diri dengan bahasa tersebut. Apalagi bila kamu belajar bahasa Inggris lewat lirik lagu setiap hari, dijamin kalian tidak akan membutuhkan waktu lama buat mencerna kosakata nya.

Seperti itu tadi guys tips belajar bahasa inggris dari lirik lagu yang harus banget kamu coba guys. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!!