idioms about number one

Lagi belajar bahasa Inggris tapi bingung ketika menjumpai idioms yang belum pernah kita dengan atau gunakan sebelumnya? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas tentang idioms yang sering digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris. Selain agar kamu bisa memahami ucapan orang lain, mempelajari dan menggunakan idioms juga sangat berguna untuk membuat bahasa Inggrismu terdengar lebih natural dan cantik.

Perlu kamu ketahui jika idioms itu ada banyak sekali jenisnya. Ada yang menggunakan angka, ada yang menggunakan nama binatang, dan lain sebagainya. Khusus untuk kali ini, kita akan mengupas tentang idioms about number one, atau idiom yang menggunakan angka satu (one) sebagai salah satu unsur pembentuknya. Yuk, langsung simak penjelasan dan contohnya.

Apa itu idioms?

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang “idioms about number one”, alangkah baiknya jika kamu paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan idiom. Idiom bisa dimaknai sebagai suatu kelompok kata yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk arti baru yang berbeda dengan arti dari tiap-tiap kata penyusunnya. Maksudnya, meskipun terdiri dari beberapa kata, idiom merupakan suatu kesatuan yang memiliki makan tertentu, dan makna tersebut tidak dapat ditebak hanya dengan mengartikan satu per satu kata penyusunnya secara terpisah-pisah.

Idioms about number one

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, idiom yang akan dibahas kali ini adalah idiom yang menggunakan angka satu sebagai salah satu kata penysunnya. Berikut ini beberapa contoh idiom dalam bahasa Inggris menggunakan angka satu yang dapat kalian pelajari.

  • One way or another

Idiom ini biasanya digunakan ketika seseorang merasa dia pasti akan melakukan sesuatu hal namun belum tahu persis bagaimana dia akan melakukannya. Contohnya ada pada kalimat berikut ini:

One way or another, we will increase the company’s income next month.

Kalimat tersebut bisa diartikan menjadi, “Entah bagaimanapun caranya, kita akan meningkatkan pendapatan perusahaan bulan depan.”

  • One of a kind

One of a kind itu bisa diartikan “lain dari yang lain”, “spesial”, atau “langka”. Misalnya, seorang bos yang memiliki asisten yang sangat hebat dan cekatan, serta memiliki banyak kelebihan, sehingga bos tersebut ingin memujinya, dia bisa berkata: My assistant, Henry, is really one of a kind.

  • One good turn deserves another

Idiom yang satu ini memiliki arti bahwa segala kebaikan tentunya akan mendapatkan timbal balik yang pantas (yang berupa kebaikan pula).

  • All in one breath

Mungkin kamu pernah mendengar seseorang berbicara terus menerus secara cepat tanpa ada jeda. Idiom ini sangat cocok untuk menggambarkannya. Idiom all in one breath menggambarkan bahwa seseorang, karena saking bersemangatnya atau saking gemarnya bercerita, seolah-olah seperti menceritakan segala sesuatunya dalam satu tarikan nafas saja tanpa berhenti. Misalnya: Suzy was very excited about her birthday surprise and told me all in one breath.

  • Rolled into one

Rolled into one berarti segala sesuatu (kualitas) yang dimiliki oleh seseorang. Mungkin kamu memiliki teman atau kenalan yang memiliki banyak talenta atau keahlian, misalnya dia pandai bernyanyi, atlet renang yang handal, pandai dalam pelajaran, maka kamu bisa mengatakan She is the brightest student in the class, a good singer, and a swimmer all rolled into one.

  • One of those days

Jika seseorang mengatakan idiom ini, maka biasanya dia sedang mengalami sesuatu yang tidak mengenakknan kemudian membuatnya mengingat sesuatu hal yang buruk yang pernah dia alami sebelumnyas, misalnya ketika mobil temanmu mogok di tengah hujan deras di malam hari, maka dia akan berkata Oh,again. It’s like one of those days!

Itu tadi guys 6 idioms about number one yang bisa kita bagikan untuk kamu semua. Masih banyak lagi idiom lain yang bisa juga kamu pelajari guys, salah satunya adalah 10 Idiom about clean. Yuk mari kita pelajari untuk terus menambah pengetahuan bahasa inggris kita semua.