kesalahan dalam belajar bahasa inggris

Ada banyak cara belajar bahasa Inggris yang dapat kalian terapkan. Tidak harus sekaku atau seformal di sekolah, apalagi sekarang materi seputar pembelajaran bahasa Inggris bisa didapatkan dengan mudah di dunia maya. Bahkan kamu dapat mengikuti kursus online di mana dan kapan saja.

Sayangnya, tanpa kalian sadari, ada beberapa kesalahan dalam belajar bahasa inggris yang membuat penerapan metode belajar bahasa Inggris jadi kurang menyenangkan. Apa saja kekeliruan yang sebaiknya dihindari agar kalian bisa menguasai bahasa Inggris dengan tepat?

Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris

1. Terlalu fokus mempelajari grammar

Grammar atau tata bahasa memang penting untuk dikuasai, termasuk saat kalian mempelajari bahasa Inggris. Akan tetapi, salah satu bahasa internasional ini memiliki gramar yang cukup sulit, sehingga tidak sedikit orang yang memfokuskan diri mereka buat memahaminya sampai mengabaikan komponen lain. Kendati nantinya kalian sanggup menalar tata bahasa, tetapi akan muncul kecenderungan enggan saat hendak berbicara. Hal tersebut dikarenakan pikiran kalian sudah terlanjur menganggap gramar adalah segalanya, padahal speaking tidak terlalu memprioritaskan tata bahasa.

2. Tidak memedulikan pronunciation

Kesalahan berikutnya yang membuat bahasa Inggris jadi kurang seru buat dipelajari ialah mengabaikan pentingnya pengucapan atau pronunciation. Mengapa kalian harus memperhatikan aspek ini? Pasalnya, pelafalan bukan hanya berpengaruh pada cara kamu berbicara, tetapi juga menangkap kosakata bahasa Inggris. Dalam bahasa ini, ada banyak kata-kata yang pengucapannya serupa. Kalau kalian sampai salah mengenali, akibatnya kalimat yang didengar pun akan punya makna berbeda. Walau sulit, membiasakan telinga dan mulut kalian dalam pronunciation bakal menyenangkan kalau kalian tak terbebani.

3. Jarang mempraktikkannya dalam kehidupan

Menguasai bahasa Inggris termasuk jenis keterampilan yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Maka, selain menerapkan cara belajar bahasa Inggris, kalian juga harus sering mempraktikkannya dalam kehidupan sehar-hari. Jangan sampai hanya pintar di teori, tetapi begitu terjun ke lapangan malah tidak bisa apa-apa. Kalian tidak perlu takut salah, mengingat kamu bukan penutur asli bahasa Inggris. Supaya latihanmu makin menyenangkan, carilah teman-teman yang sedang belajar bahasa Inggris juga atau rekan yang lebih ahli buat meningkatkan kemampuanmu.

4. Malas membuka kamus atau tesaurus

Untuk apa kalian membeli kamus mahal-mahal kalau tidak digunakan? Ingatlah mempelajari kosakata atau vocabulary dalam bahasa Inggris sangat penting dan kamus merupakan gudang kata yang akan membantu kamu melancarkan keterampilan berbahasa. Dengan kamus, kalian bukan cuma mengetahui arti kata, tetapi juga pengucapan nya. Dan inilah salah satu alasan pentingnya kamus dalam proses pembelajaran bahasa inggris. Jika kalian ingin menguasai bahasa Inggris, tetapi terlalu malas membuka kamus, maka bisa dipastikan kalian tidak akan berhasil. Buatlah kegiatan menghafalkan dan mempelajari kosakata jadi kegiatan mengasyikkan buat kalian.

5. Tidak mempunyai lingkungan yang mendukung

Faktor lain yang membuat pembelajaran bahasa Inggris jadi terasa sulit adalah lingkungan yang kurang mendukung. Kalian yang semangat belajar pun akan malas, bukan, kalau tidak menemukan teman atau tempat yang sesuai? Di sisi lain, jangan jadikan batasan tersebut sebagai alasan kalian berhenti belajar bahasa Inggris. Gunakan media-media yang ada di sekitarmu. Misalnya, kalau di lingkunganmu tidak ada komunitas yang mendukung, maka bergabunglah dengan forum atau grup online di media sosial. Di sana, kemungkinan kalian berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris pun lebih besar.

Dengan menghindari lima kesalahan dalam belajar bahasa inggris ini, kalian dijamin akan lebih lancar mempelajari bahasa Inggris. Jangan lupa buat menerapkan cara belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan kalian!