idiom about heart

Ketika berbicara soal idiom, berarti bicara yang ada kaitannya erat dengan konotasi. Banyak sekali ungkapan dalam Bahasa Inggris atau sering disebut dengan idiom yang menggunakan kata “Heart”. Apa itu heart? Dalam Bahasa Indonesia sendiri, heart biasanya diartikan sebagai lambang cinta ataupun hati. Namun dalam bidang kedokteran sendiri, heart merupakan jantung di dalam tubuh manusia. Nah jika ditulis dalam bentuk idiom, kira-kira apa saja Idiom about heart yang bisa kalian pelajari? Yuk langsung saja simak informasi di bawah ini.

Heart Idioms:

a. After my own heart, artinya sebutan untuk orang yang mempunyai keasaman atau sama-sama memiliki ketertarikan akan sesuatu.

b. A heart of stone, artinya sebutan untuk orang yang tidak memiliki simpati terhadap orang lain

c. A big Heart, artinya sedang membicarakan tentang perhatian atau kebaikan seseorang.

d. All heart, artinya hampir sama dengan “a big heart”, namun terkadang bisa juga digunakan sebagai sindiran untuk menyebut seseorang yang mempunyai sifat sebaliknya.

e. A heart of gold, artinya juga hampir sama dengan a big heart, yaitu seseorang yang mempunyai kebaikan hati.

f. At heart, artinya pada dasarnya.

g. By heart, artinya mengambil pelajaran atau hikmah dengan menggunakan kenangan masa lalu.

h. Bare one’s heart artinya menceritakan sebuah rahasia seseorang kepada orang lain.

i. Bleeding heart artinya seseorang yang mempunyai kepribadian sangat baik dan selalu bersimpati kepada orang lain.

j. Break one’s heart, artinya membuat orang lain merasa sangat sedih atau sering diidentikan dengan istilah patah hati dalam hubungan percintaan.

k. Steal one’s heart, artinya membuat seseorang jatuh cinta kepadanya. Contoh: she has stolen my heart (dia telah membuat aku merasa jatuh cinta kepadanya).

l. Cross my heart, artinya perkataan atau janji dari seseorang yang terbukti kebenarannya.

m. Do one’s heart good, artinya sesuatu yang dilakukan bisa membawa manfaat kepada orang lain.

n. Did not have the heart, artinya sebutan untuk orang yang tidak memiliki perasaan, dapat dikatakan seseorang tersebut jahat dan tega melakukan hal buruk. Contoh: You do not have the heart anymore and blaming all your false to your mother (kamu sudah tidak mempunyai perasaan lagi dan menyalahkan semua kesalahanmu kepada ibumu).

o. Eat your heart out, artinya jika kalian mengatakan ungkapan “ eat your heart out (diikuti dengan nama orang)” berarti kalian sedang mengejek seseorang tersebut dan secara tidak langsung mengatakan bahwa kamu memang lebih baik dari dia.

p. From the heart, artinya melakukan segala sesuatu dari hati tanpa adanya paksaan. Contoh: I help you from the heart, so you just focus do your job (saya membantumu sepenuh hati, jadi kamu hanya perlu fokus dengan pekerjaanmu).

q. Find a way into one’s heart, artinya membuat seseorang jatuh cinta kepada orang lain.

r. Faint of heart, artinya seseorang yang sangat penakut dalam semua hal sehingga dia selalu membutuhkan usaha lebih keras dalam mendapatkan sesuatu.

s. Find it in one’s heart, artinya mempunyai kemauan ataupun keberanian dalam melakukan sesuatu hal yang menakutkan dan sulit ditaklukan.

t. Follow one’s heart, artinya melakukan apa yang orang lain lakukan atau inginkan, padahal hal tersebut bukanlah sesuatu yang kalian harapkan.

u. Gladden one’s heart, artinya menjadi seseorang yang tidak mempunyai hati dan bisa melakukan sesuatu yang buruk.

v. Heart goes out to, artinya menyatakan sebuah rasa simpati pada seseorang.

w. Have one’s best interest at heart, artinya melakukan sesuatu demi kebaikan atau keuntungan bagi orang lain.

Banyak banget kan ya guys heart idioms dalam bahas inggris yang bisa kita pelajari, bahkan sebenarnya masih banyak lagi loh. Yuk terus gali pengetahuan kita tentang bahas inggris biar bahasa inggris kita makin kece.

Kamu bisa juga mempelajari idiom lainnya guys, salah satunya adalah Kumpulan Idiom about Bird Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •