Untuk menceritakan suatu rangkaian peristiwa Anda butuh susunan kalimat yang mampu menggambarkan kejadian tersebut. Disebut sebagai narrative text yang merupakan susunan text yang menceritakan rangkaian dari peristiwa yang saling berkaitan satu sama lain. Sebelum mempelajari apa itu narrative text dan bagaimana contohnya, yuk ingat sedikit tentang beragam jenis text dalam bahasa inggris.

contoh-narrative-text-fable

Biasanya dipergunakan untuk menggambarkan imajinasi dari penulis untuk pembacanya, misalnya contoh narrative text fable tentang kancil dan buaya. Jadi bisa menghibur siapa saja yang membaca cerita tersebut.

Jenis dari Narrative Text

Ada beberapa jenis narrative text yang ada dan harus Anda ketahui sebelum Anda membuatnya. Diantaranya adalah:

  • Personal experience berdasarkan pada pengalaman pribadi dari yang membuat.
  • Fairy story yang merupakan cerita fantastic atau khayalan.
  • Fables yang merupakan cerita hewan namun perilakunya digambarkan seperti manusia. Untuk fable sendiri, memiliki ciri yang diantaranya adalah:
    • Cerita singkat.
    • Bertemakan hubungan sosial.
    • Menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.
    • Mempunyai setting tempat untuk alam terbuka seperti habitat hewan.
    • Bersifat pendidik.
    • Mempunyai pesan moral atau amanat positif yang bisa diambil atau dipetik oleh pembacanya.
  • Legenda dan mitos.
  • Romance
  • Misteries
  • Science fiction.
  • Adventure stories.
  • Horror stories.
  • Historical narrative.
  • Slice of life.

Dari pembagian tersebut, bisa dikatakan jika narrative text sendiri merupakan suatu cerita dari pembuatnya. Cerita tersebut bisa dibuat menjadi cerpen, cerbung, bahkan novel.

Tahapan Penyusunan Narrative Text

Walaupun banyak contoh narrative text fable yang Anda temui, misalnya di toko buku, untuk membuat suatu narrative text tidaklah mudah. Ada tahapan yang harus Anda lalui untuk mendapatkan cerita yang runut dan mampu menghibur pembacanya. Tahapan tersebut yaitu:

Orientation

Bagian ini adalah bagian pengenalan. Mulai dari cerita tersebut mengenai apa, siapa saja yang terlibat, apa yang sedang terjadi dan juga waktu serta tempat terjadinya peristiwa tersebut.

Complication

Bagian ini merupakan bagian dimana permasalahan mulai muncul. Jadi, Anda akan memunculkan konflik yang bisa terjadi antara tokoh yang satu dengan yang lain. Atau bisa juga permasalahan antara tokoh utama dengan kondisi yang terjadi. Jadi, konflik yang timbul dalam narrative text bisa dibedakan menjadi:

  • Physical conflict: konflik yang timbul yang berkaitan denga fisik.
  • Natural conflict: permasalahan karena pelaku utama berhadapan atau memiliki masalah dengan alam.
  • Social conflict: masalah karena pelaku yang ada dalam cerita yang saling bersinggungan namun mempunyai kepentingan yang berbeda.
  • Pshyhological conflict: permasalahan pelaku atas diri dirinya sendiri.
Rekomendasi :  Bagaimana Menyapa dalam Bahasa Inggris?

Resolution

Ketika sudah ada konflik, maka selanjutnya adalah adalah resolusi atau penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah tersebut bisa saja sad ending atau happy ending.

Re-orientation

Bagian ini optional. Artinya bisa saja Anda buat ataupun tidak. Misalnya Anda bisa menuliskan kesimpulan atau pelajaran berharga yang bisa diambil dari cerita tersebut.

Untuk penulisan kalimatnya, Anda dapat menggunakan bahasa yang sederhana. Terutama jika narrative text yang dipergunakan tersebut adalah cerita anak-anak seperti fable. Pola kalimat yang bisa dipergunakan adalah simple past tense. Sehingga bagian awal atau permulaan bisa menggunakan kata keterangan waktu, seperti once upon a time atau long time ago.

Selain itu, dalam penulisan narrative text seperti fable, biasanya banyak menggunakan kata penghubung waktu. Tidak jarang pula disertakan dialog langsung antar tokoh agar nantinya pembaca lebih mudah memahami isi dari cerita tersebut.

Contoh Narrative Text Fable

Orientation

On the suburb of big city lived a cat named Lily and a dog named Lila. It was Rania who has petted them with much love and full of affection. Rania give them a delicious food on time and always pet them at the end of the day. There’s no fight between Lily and Lila because they are both get a same affection by their owner.

Complication

On a hot summer day, there’s a fox who came from nowhere and look like dying. Lily and Lila were sitting on the floor when they noticed that fox. That fox who come into Rania’s house is the fox that has a golden fur and sharp enough claws. “Who are you?” said Lily the cat because she’s never seen an animal like that fox. “Answer she, are you a dog? Or cat? Or what” Lila asked. The fox getting confused because that is the first time other animal don’t know who is he.

“I am just like you… But dog… Or maybe a cat??” the fox aswer with no sure. The fox that named Roro don’t know what is he. For all time, who only called by his name and no one told he who he was. “I think you are a dog, because you don’t have a beautiful fur like mine” said Lily. “No, if he was dog he must be not had a long ear, look at his ears!”.

That three animal just sitting there, Lily and Lila in the terrace and Roro the fox just lying on the garden. Lily and Lila still argue whether what is that animal, the animal that is a fox. But Roro just listening them and keep his mouth shout up. Actually Roro is just a lost fox who play too far from his home.

Resolution

And then, Rania who was the owner of Lily and Lila came in and look surprised. “How was a fox come in our house! Are you okay guys??” asked Rania to her pet. The cat just meowing softly and the dog bark not too hard. Rania understand her perts were safe. “Who are you? Did you get lost?” asked Rania bravely and try to pet Roro the fox.

At first Roro afraid of Rania. Rania watched out that fox and mind her decision what she going to do. Well, Rania decided to pet that fox and try give her three pet same affection so that they are not fight.

 

Rekomendasi :  Present Perfect Continuous Tense

Amanat dari Narrative Text Fable

Dari cerita tersebut bisa kita simpulkan bahwa bagian Orientation adalah saat penulis menceritakan ada kucing dan anjing yang bernama Lily dan Lila yang mana dirawat oleh orang bernama Rania. Bagian Complication bermula saat sebuah serigala datang, dan peliharaan Rania tidak ada yang mengenal ninatang apa itu. Sedangkan Resolution nya berupa kedatangan Rania yang mengatakan bahwa binatang tersebut adalah serigala.

Teks fabel tersebut diakhiri dengan bagian Re-orientation yang mana berupa keputusan Rania untuk meengadopso serigala tersebut, merawatnya, dan berusaha memberi kasih sayang yang sama dengan peliharaan lainnya supaya mereka tidak bertengkar.

Kampung Inggris Search :

    apa arti omg gambar, cara menggunakan kata would