Contoh Kalimat Simple Past Tense

Contoh Kalimat Simple Past Tense – Simple Past Tense merupakan jenis tenses yang paling dasar dan wajib untuk Anda pelajari. Simple past tense memiliki rumus yang sederhana serta mudah untuk dipahami. Mempelajari simple past tense harus secara telaten dan aplikatif, agar Anda bisa menguasainya secara menyeluruh.

Ketika Anda berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dan ingin mengungkapkan suatu kejadian yang terjadi masa lalu atau masa datang maka tenses yang akan Anda gunakan juga berbeda. Hal ini perlu diperhatikan agar informasi yang Anda sampaikan bisa diterima oleh receiver serta tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Jika Anda sudah menguasai semua jenis-jenis tenses dalam Bahasa Inggris termasuk contoh kalimat Simple Past Tense, maka hal tersebut akan membantu Anda meningkatkan karir dalam pendidikan maupun bisnis. Selebihnya Anda bisa belajar untuk menambah kosakata atau vocabulary dengan media kamus agar semakin fasih.

Keuntungan lain jika Anda memahami tenses ialah Anda bisa tahu seluruh tata Bahasa Inggris, baik dari segi gramatikal maupun susunan kata. Tata bahasa atau grammar penting untuk dipelajari agar Anda bisa berbicara dengan Bahasa Inggris secara fasih. Jadi kemampuan berbicara Anda dalam Bahasa Inggris tidak akan terdengar lucu atau aneh.

Baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris memiliki kaidah tata bahasa yang perlu dipelajari dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tata bahasa tersebut perlu dipelajari agar Anda mampu membangun peta konseptual bahasa yang benar dan terstruktur. Salah satu caranya ialah dengan mempelajari tenses.

Pengertian dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Simple past tense adalah pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang terjadi pada masa lampau dan kejadian tersebut telah selesai masa lampau pula. Penggunaan tenses ini berbeda dengan past continuous tense yaitu menyatakan kejadian dimasa lampau namun masih berlangsung hingga sekarang.

Contoh kalimat Simple Past Tense bisa Anda pelajari dengan mudah karena tenses ini termasuk pada golongan tenses dasar dengan rumus atau formula singkat. Kunci untuk mempelajari simple past tense ialah mengetahui kata kerja bentuk ke dua atau verb 2

. Seperti yang diketahui bahwa kata kerja tersebut memiliki ciri khas berakhiran –ed untuk kata kerja regular verb.

Sebagai contoh stay-stayed, play-played, cook-cooked, dan lain sebagainya. Namun tidak semua kata kerja bentuk ke dua dalam Bahasa Inggris ditambah dengan akhiran –ed. Kata kerja seperti ini disebut dengan Irregular verb. Sebagai contoh go-went, begin-began, run-ran, eat-ate, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi :  Pengertian Adverb, Fungsi, dan Jenisnya

Untuk mengetahui bentuk-bentuk kata kerja secara lengkap maka Anda bisa menggunakan kamus kata kerja Bahasa Inggris. Didalam kamus Anda tidak hanya akan menemukan regular verb dan irregular verb saja, namun Anda juga bisa menemukan kata kerja bentuk ke tiga serta kata kerja dengan imbuhan –ing. Seluruh verb tersebut digunakan pada tenses termasuk contoh kalimat Simple Past.

Rumus dan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Simple Past Tense merupakan tenses yang mempunyai rumus paling sederhana. Jadi Anda mudah untuk menghafal sekaligus memahaminya. Rumus tenses tersebut adalah sebagai berikut:

(+) S + Verb 2 + O

I loved a pink flower

() S + did not + verb 1

I did not love a pink flower

(?) Did + S + verb 1

Did you love a pink flower?

Dari rumus di atas bisa disimpulkan bahwa untuk kalimat positif simple past tense menggunakan verb 2, sedangkan untuk kalimat negatif ada tambahan auxiliary verb “did” yang diikuti dengan verb 1. Untuk kalimat tanya atau interogative hampir sama dengan bentuk negatif hanya saja “did” dipindah ke depan dan masih tetap diikuti oleh verb 1.

Terdapat rumus lain dari kalimat Simple Past Tense selain menggunakan auxiliary did yaitu menggunakan to be (was/were). Rumusnya adalah sebagai berikut:

(+ ) S + To be (was/were) + Adjective

Aira was the smartest students in this class

() S + To be (was/were) + not + Adjective

Aira was not the smartest students in this class

(?) To be + (was/were) + S + Adjective

Was Aira the smartest students in this class?

Tobe was dipasangkan dengan subjek I, He, She, It serta kata ganti orang ketiga tunggal. Sedangkan to be were dipasangkan dengan subjek They, We dan You serta subjek plural atau jamak. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan to be pada simple past tense ialah ketika subjek diikuti dengan kata sifat atau adjective.

Kumpulan Contoh Kalimat Simple Past Tense

Untuk memahami simple past tense lebih mendalam maka Anda bisa memahami contoh-contoh berikut ini:

Contoh 1

(+) You saw my bag on the table

(-) You did not see my bag on the table

(?) Did you see my bag on the table?

Contoh 2

(+) My brother ate the bread

(-) My brother did not eat the bread

(?) Did my brother eat the bread?

Contoh 3

(+)Sakila was the tallest girls in this city

(-) Sakila was not the tallest girls in this city

(?) Was Sakila the tallest girls in this city?

Contoh 4

Rekomendasi :  Perbedaan Who dan Whom dalam Bahasa Inggris

(+) My family went to Jogja last week

(-) My family did not go to Jogja last week

(?) Did my family go to Jogja last week?

Contoh 5

(+) Rio came to class yesterday

(-) Rio did not come to class yesterday

(?) Did Rio come to class yesterday?

Setelah Anda memahami contoh kalimat Simple Past Tense di atas, selanjutnya Anda bisa berlatih sendiri membuat kalimat dengan menggunakan tenses ini. Perhatikan rumusnya serta penggunaan kata kerja ataupun auxiliary verb yang digunakan.

Keterangan Waktu dan Contoh Kalimat Simple Past

Keterangan waktu atau adverb of time menjadi ciri khas atau karakteristik sebuah tenses. Simple past tense juga memiliki keterangan waktu yang biasa digunakan sebagai pelengkap kalimat. Keterangan waktu tersebut adalah sebagai berikut:

  1. This morning    : pagi ini
  2. Yesterday          : Kemarin
  3. Four days ago    : empat hari yang lalu
  4. Last night         : tadi malam
  5. Last week         : minggu lalu
  6. Last Sunday     : hari Minggu yang lalu
  7. Last Month      : Bulan lalu
  8. Last Year         : Tahun lalu
  9. Last holiday      : Liburan yang lalu
  10. In (year)           : Pada (tahun)
  11. Yesterday          : Kemarin
  12. One week ago    : seminggu yang lalu

Contoh penggunaan keterangan waktu dalam kalimat ialah sebagai berikut:

  1. Lusi went to Bali last week
  2. Kirana swam in the lake yesterday
  3. The children cried two days ago
  4. In 2017, Marrie got a surprise party
  5. Last holiday my family went to Bromo

Penggunaan keterangan waktu tersebut bisa menjadi pertanda bahwa sebuah kalimat menggunakan simple past tense. Kesimpulan dari tense ini ialah simple past tense digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lampau yang sudah selesai. Rumusnya menggunakan verb 2 atau auxiliary did, to be (was,were). Baca juga Cara Mudah Belajar Simple Past Tense.