contoh kalimat noun

Contoh kalimat noun – Artikel ini akan memudahkan Anda dalam memahami kata benda atau noun dengan baik. Mempelajari ilmu Bahasa Inggris merupakan hal yang mudah, sebab ada banyak hal yang harus di pelajari dan pahami dengan baik. Jadi, kemampuan berbahasa Inggris bisa lebih lancar dan benar. Mengingat, pentingnya kemampuan Bahasa Inggris di tengah persaingan global yang semakin ketat.

Sekarang ini, Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan utama, baik dalam belajar atau pun bekerja. Banyak referensi buku, jurnal, artikel berbahasa Inggris yang baik untuk menambah pengetahuan. Begitu juga dengan bekerja. Banyak produsen atau mitra kerja dari luar negeri yang bisa memberikan peluang bisnis lebih besar. Bagi Anda yang ingin mengembangkan sayap bisnis keluar negeri juga harus bisa berbahasa Inggris.

Tidak mudah bagi kita untuk belajar setelah dewasa, meskipun tidak ada kata terlambat untuk belajar. Selain itu, perbedaan bahasa membuat kita harus berusaha keras untuk menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan bagi kita untuk mempelajari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Termasuk ulasan yang akan kita simak bersama ini dimana noun menjadi materi dasar yang harus kita kuasai.

Belajar noun bukan saja masalah kosakata, tapi kita juga jenis – jenisnya. Beberapa noun mungkin memiliki fungsi yang berbeda. Jika kita tidak memahaminya dengan baik, bisa-bisa kita salah dalam menempatkan noun dalam sebuah kalimat. Tentu saja, ini bisa menjadi fatal jika mengubah makna yang dimaksudkan. Itulah mengapa penting sekali untuk mempelajari hal-hal mengenai noun.

Pengertian Kalimat Noun

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mempelajari noun, ada baiknya jika kita membahas tentang pengertian noun terlebih dahulu. Noun merupakan suatu kata yang menunjuk orang, hewan, benda, konsep abstrak atau tempat. Memahami noun tidak hanya membantu kita dalam menyusun kalimat dengan benar, tapi memudahkan kita untuk berbicara Bahasa Inggris dengan baik dan lancar.

Hal ini dikarenakan noun adalah salah satu dari delapan part of speech yang harus kita kuasai untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Noun juga memiliki beberapa fungsi dengan ciri yang berbeda-beda. Dengan memahami fungsi noun, kita akan lebih mudah memahami contoh kalimat yang nantinya akan diberikan.

Beberapa fungsi noun, antara lain subject of verb, subject atau object complement, direct atau indirect object, object of preposition. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan menggunakan noun, harus sesuai dengan fungsi yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya, simaklah contoh kalimat noun berdasarkan fungsinya berikut ini:

  • Sekar has run the bussiness since 2015 (subject of verb).
  • He is a football player (Subject complement).
  • They called me cute son (Object complement).
  • She can drive a bus (Direct object).
  • My mom gave me some advice (Indirect object).
  • She was eating on the reastaurant when she was hungry (Object of preposition).

Jenis-jenis Noun

Kali ini, akan membahas tentang macam atau jenis noun. Pertama, countable dan uncountable noun. Countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung, baik singular ataupun plural. Contohnya book, books, man, men, dan lain sebagainya. Sedangkan, uncountable noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung, seperti wind, sugar, water, cheese dan lainnya.

Rekomendasi :  Noun: Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Contoh

Jenis kedua adalah proper dan commond noun. Proper noun adalah kategorisasi kata benda secara spesifik dengan huruf kapital di awal kalimat, seperti Solo, Sunday, Gramedia, dan lainnya. Sementara, common noun merupakan kata benda yang bersifat umum, seperti shop, city, country dan lainnya.

Ketiga, abstract dan concrete noun. Abstract noun yaitu sebuah kata benda yang tidak bisa dilihat dengan panca indera, seperti romance, sad, love, happy dan lain sebagainya. Berbeda dengan concrete noun yang bisa diamati dengan panca indera, seperti pencil, bag, door, fluor, dan masih banyak lagi.

Jenis noun terakhir adalah collective noun yang merupakan suatu nama kumpulan atau kelompok. Contoh collective noun adalah deer, class, organization, student, children, dan masih banyak lagi. Keempat jenis noun tersebut juga memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda. Anda akan lebih paham jika melatih diri untuk membuat contoh kalimat noun untuk setiap jenisnya.

Noun Phrase dan Compound Noun

Membahas tentang noun, tidak bisa terlepas dari noun phrase dan compoun noun. Sebelumnya, kita telah mempelajari noun atau kata benda dalam bentuk sederhana, yaitu terdiri dari satu kata saja. Namun, tahukah Anda bahwa noun bisa terbentuk dari hasil kombinasi antara noun (sebagai head) dengan modifier? Hasil kombinasi ini disebut dengan noun phrase.

Modifier yang bisa digunakan antara lain adjective (cute, sweet, lovely, funny), adverb (so, very, too), dan determiner (a, an, this, that, the, my, her, his, every, each, such). Contoh kalimat noun phrase adalah:

  • This dress.
  • A pencil is short.
  • My ponsel is lost.
  • Such a cute daughter go to school.

Selain kalimat noun phrase, noun juga bisa dikombinasikan dengan noun atau part of speech lain. Diantaranya yaitu seperti adjective, verb, atau prepositional phrase untuk membentuk kata yang memiliki makna baru. Hasil kombinasi ini disebut dengan compound noun. Rumus yang bisa diaplikasikan, noun + noun, noun + verb, noun + prepositional phrase, dan adjective + noun.

Penulisannya pun memiliki perbedaan dibandingkan noun phrase sehingga Anda harus menyimaknya dengan hati-hati. Untuk lebih jelasnya, mari ulas contoh kalimat noun berdasarkan setiap rumus compound noun, yaitu:

  • I bought toothpaste yesterday afternoon in supermarket (noun +noun).
  • I saw a beautiful waterfall (noun + verb).
  • My mother-in-law is very beautiful with a red dress (noun + prepositional phrase).
  • The blackboard is worn out (adjective + noun).

Noun Substitute

Pembahasan terakhir noun substitute, sebuah kalimat yang merupakan suatu konstruksi yang berfungsi sebagai noun, diantaranya seperti noun clause, infinitive, dan gerund. Noun clause adalah dependent clause sebagai noun. Rumusnya, “That / if / whether / question word + S + V + …”. Contoh kalimat noun adalah I wonder if she was sad.

Gerund terbentuk dari kata verb (bare infinitive) yang ditambahkan -ing, sementara infinitive terbentuk dari particle “to” dan bentuk sederhana verb. Meskipun kedunya memiliki fungsi sebagai noun, tapi masih bisa digunakan seperti verb. Seperti halnya jika disertai adverb, direct object atau prepositional phrase. Simak contoh kalimatnya:

  • Hana likes eating (Gerund).
  • Dewa likes eating in the Chinese Restaurant (Gerund+prepositional phrase)
  • Sasti wants to shop (Intinitive).
  • Sasti just wants to shop with her husband (Intinitive + prepositional phrase).

Itulah tadi informasi mengenai pengertian noun, fungsi noun, dan berbagai macam noun yang perlu kita pelajari. Noun menjadi salah satu bagian dalam menyusun kalimat secara utuh dan sempurna. Itulah mengapa penting bagi kita untuk memahami bentuk-bentuk noun beserta fungsinya.

Rekomendasi :  Dasar-Dasar Academic Writing

Baca juga Noun dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Fungsi dan Macamnya. Memiliki kosakata yang banyak juga penting agar kemampuan Bahasa Inggris kita meningkat, terlebih dengan ulasan contoh kalimat noun di atas.

vote
Article Rating