Penggunaan Compare with dan Compare to

Sekilas, penggunaan compare with dan compare to dalam sebuah kalimat tidak jauh berbeda. Namun faktanya, kedua preposisi ini memberikan makna atau arti berbeda dan sering kali dianggap sebagai confusing words. Buat kalian yang sudah terlanjur mengaplikasikan compare with dan compare to tanpa memperhatikan aturan atau malah belum memahaminya, berikut ini ada penjelasan lengkap yang akan membantu kalian agar tidak mengulangi kesalahan.

Sejarah singkat compare with dan compare to

Pertama, mari telaah lebih dalam kata dasar dari kedua preposisi di atas, yakni compare. Berdasarkan Cambridge Dictionaries Online, compare memiliki arti to examine or look for the difference between two or more things. Dengan kata lain, kalian dapat menggunakan compare untuk membandingkan maupun mencari perbedaan dari dua hal.

Secara umum, compare with dan compare to sah kalian aplikasikan untuk ‘menemani’ compare sebagai frasa. Hanya saja, ada beberapa perbedaan dari segi tata bahasa (grammar) dan makna yang tak boleh kalian abaikan. Dalam pemakaian, misalnya, compare to lebih sering ditemukan dalam American-English, sedangkan British-English memakai kedua preposisi tersebut. Selain itu, ada pula yang menyebutkan pemakaian with dan to jadi berbeda karena kebiasaan dari penutur asli (native speaker). Dalam hal ini, bentuk compare with kerap ditemukan di zaman dahulu, sementara compare to merupakan preposisi di zaman yang lebih modern.

Penggunaan compare with dan compare to

Bagaimana dengan penggunaannya? ‘compare with’ umumnya merujuk pada dua benda atau dua hal dengan klasifikasi sama. Misalnya, kucing dengan kucing; penyanyi dengan penyanyi; sekolah dengan sekolah. Hal ini yang membuat preposisi tersebut sering diaplikasikan untuk membandingkan dua objek. Contoh penggunaan compare with dan compare to dapat kalian simak berikut ini:

  • Since she doesn’t have many experiences, it’s hard for me to comparing her work in previous place with the current office (Karena dia tidak mengantungi banyak pengalaman, sulit bagi saya untuk membandingkan pekerjaannya di tempat terdahulu dengan kantornya sekarang);
  • Why some parents always compare their children with other childs? It makes me uncomfortable (Mengapa beberapa orangtua selalu membandingkan anak-anaknya dengan yang lain? Hal itu membuat saya tidak nyaman).

Sementara itu, compare to dipakai untuk membandingkan dua objek berbeda, misalnya kucing seperti anjing; manusia bak pohon apel; dan lain sebagainya. Dengan begitu, compared to digunakan sebagai penjelas bahwa satu objek memiliki kemiripan dengan objek lainnya, walaupun dari segi fisik tidak saling berkaitan atau berhubungan. Berikut ini contohnya:

  • My sister loves to compare her life to the drama in television. It makes her thinking delusional sometimes (Kakak perempuanku suka membandungkan kehidupannya dengan drama yang ada di televisi. Kebiasaan ini membuatnya sering berpikir delusional);
  • Don’t tell my mother that I compare my brother to a cat, because they both sleeps all day, especially in holiday (Jangan bilang ibuku kalau aku membandingkan adikku dengan kucing, karena mereka tidur seharian, terutama saat liburan).

(Yuk baca juga: Penggunaan So-So dalam Bahasa Inggris, Apa Artinya?)

Demikian penjelasan seputar compare with dan compare to beserta penerapannya dalam bahasa Inggris. Dari pemaparan di atas, kalian bisa menarik kesimpulan tentang perbedaan maupun kesamaan dari dua preposisi tersebut. Dengan begitu, kalian mampu mempelajari, memahami, dan menggunakannya dalam kalimat yang tepat.

Semoga informasi penggunaan compare with dan compare to ini memberikan manfaat!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •