common mistakes in english pronunciation

Kalian pasti sudah tahu dengan yang namanya pronunciation. Pronunciation adalah aspek di dalam bahasa Inggris yang harus kamu kuasai. Ada beberapa common mistakes in English pronunciation yang harus kamu pahami agar kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dengan baik. (Baca: 5 Cara Agar English Pronunciation Makin Oke). Kamu bisa memperhatikan cara bicara native dan non native speaker. Kamu pastinya akan mudah membedakan keduanya. Inilah beberapa kesalahan umum di dalam pronunciation.

Commmon Mistakes in English Pronunciation

a. Halloween

Ini menjadi kata pertama yang seringkali salah diucapkan di dalam pronunciation. Kata ini adalah salah satu perayaan hari libur di Amerika Serikat yang biasanya jatuh pada tanggal 31 Oktober tiap tahunnya. Halloween berasal dari kata “Hallowes Evening” yang berarti Sore hari yang dibuat menjadi sore yang sangat suci. Kata hallow berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu halig yang artinya suci. Kamu perlu memperhatikan kata halloween ini saat pengucapannya. Suku pertama dari kata ini biasanya kalian mengucapkannya dengan /HAL-O-WEEN/ dan bukan diucapkan  /hol-lo-ween/.

b. Library

Kata selanjutnya adalah library. Kata ini seringkali menjadi common mistakes in English pronunciation dalam proses pembelajaran pronunciation ini. Kata library ini berarti perpustakaan yang berarti adalah sebuah tempat untuk meminjam buku atau membaca buku. Untuk mengucapkan kata ini, kamu harus memperhatikan cara pengucapan yang tepat. Pengucapan library yang tepat adalah /LI-BRAR-Y/. Sementara itu banyak orang salah mengucapkannya dengan /li-ber-ry/.

c. Hierarchy

Kata selanjutnya adalah hierarchy. Kata ini sering muncul dalam tata cara dan urutan di dalam kerajaan atau pemerintahan. Kata ini berarti hirarki, urutan, atau tingkatan. Ada kesalahan umum yang dilakukan saat mengucapkan kata ini. Seharusnya ada empat suku kata yang diucapkan /HI -ER-AR-KY/. Tetapi, banyak orang cenderung lebih memilih mengucapkannya dengan tiga suku kata saja yaitu /hi-ar-ky/.

d. Ask

Kata lainnya adalah Ask. Kata ini berarti bertanya atau meminta sesuatu. Banyak orang sering melakukan kesalahan pengucapan di kata ini. Kesalahan sering terjadi saat pengucapan yaitu menjadi /aks/. Padahal sudah jelas bahwa S berada di depan K sehingga pengucapan yang tepat adalah /ASK/. Terasa sangat mudah tetapi terkadang beberapa orang salah dalam pengucapannya.

e. Medieval

Kata ini menjadi kata yang sering salah ucap. Kata ini berarti abad pertengahan. Kamu harus memperhatikan bahwa kata ini memiliki empat suku kata untuk diucapkan yaitu /MED-EE-EEVAL/ atau /MEE-DEE-EEVAL/. Huruf E pertama di dalam kata ini jauh lebih pendek /med/ ataupun lebih panjang /meed/ dari huruf E kedua. Kamu harus memperhatikannya. Kesalahan yang cukup sering terjadi /meed-eval/ saat pengucapannya.

f. Candidate

Kata lainnya adalah kandidat atau calon ini. Kata ini sering kali salah ucap. Ada satu huruf yang sering terlewatkan sehingga pengucapannya minus D menjadi /kan-i-date/. Padahal dari katanya sudah tepat dan jelas bahwa huruf D dibunyikan yaitu /KAN-DI-DATE/.

g. Cache

Kata cache ini seringkali ditemukan di dalam bahasa Inggris yang merupakan kata serapan dari bahasa Perancis. Cache ini adalah suatu tempat atau benda yang tersembunyi yang mungkin bisa dipakai suatu hari nanti. Kata ini seringkali salah ucap dalam pronunciation. Banyak orang mengucapkan /ka-shay/. Padahal pengucapannya yang benar adalah /KASH/.

h. Chaos

Di dalam bahasa Inggris, ejaan “ch” ini ada 3 cara pengucapan yaitu ;

  • /TCH/ seperti saat mengucapkan kata church
  • /K/ seperti dalam mengucapkan kata Christmas
  • /SH/ seperti mengucapkan dalam kata chef.

Bunyi ejaan ch yang pertama adalah yang paling umum berasal dari bahasa Inggris asli. Sedangkan ejaan ch yang kedua adalah berasal dari bahasa Yunani. Sementara itu, ejaan ketiga menjadi yang paling jarang dipakai dan digunakan karena diadaptasi dari bahasa Perancis modern. CHAOS adalah kata yang berasal dari bahasa yunani, sehingga kalian akan menyebutnya dengan /KAY-OS/. Banyak orang yang menyebutnya /tchay-os/.

i. Clothes

Kata ini berarti baju atau pakaian. Tak banyak yang melakukan kesalahan. Tetapi, kamu harus memperhatikan ejaan TH mempunyai bunyi bukan merupakan silent word. Kamu harus mengucapkannya menjadi /KLOTHZ/ bukan diucapkan sebagai /kloz/.

Nah itulah common mistakes in English pronunciation yang harus kamu pahami LC’ers dan jangan sampai kalian salah mengucapkannya lagi. Kamu harus sering-sering latihan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama ya. Semoga bermanfaat !!!